Kiat Sukses Dalam Mengerjakan Tes Psikologi Online

Kiat Sukses Dalam Mengerjakan Tes Psikologi Online – Kini hampir semua perusahaan melakukan tes psikologi sebagai bagian dari tahapan penerimaan karyawan baru. Keunikan dari tes psikologi adalah tes yang penuh dengan ketidakpastian. Jadi faktor ini memutar balikkan dari potensi logis yang dimiliki oleh seseorang. Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak calon pegawai yang gagal pada tes satu ini. Saat ini juga terdapat tes psikologi online sehingga mereka melakukan tesnya tidak perlu datang ke kantor hanya perlu lewat internet saja. Hal ini tentunya lebih menghemat waktu dan tenaga. Namun, sekalipun dilakukan secara online, Anda juga harus mengetahui beragam soal tes psikologi yang biasa digunakan pada saat melamar pekerjaan. Apa saja tes tersebut? mari kita bahas secara lengkap dibawah ini.

Tes Psikologi Online

Macam-Macam Tes Psikologi Online

  1. Tes Logika Penalaran

Tes psikologi online ini terdiri dari deret gambar dengan bentuk dua atau tiga dimensi. Tes yang satu ini mengukur kemampuan Anda dalam memahami suatu pola (berupa gambar) yang kemudian dilakukan prediksi sesuai dengan pola tersebut. Kunci utama dalam melakukan tes logika penalaran adalah teliti, hati-hati dan tentunya harus konsentrasi. Pola yang terdapat pada tes tersebut hampir serupa sekalipun tidak sama. Maka dari itu Anda harus benar-benar teliti dan konsentrasi dan perhatikan juga waktu yang diberikan untuk menjawab soal tersebut.

  1. Tes Logika Aritmatika

Tes psikologi online yang satu ini terdiri dari deretan angka yang mengukur kemampuan Anda untuk menganalisa dan memahami suatu pola (berupa angka) yang kemudian diprediksi dengan sesuai dengan pola tersebut. Kunci dalam menyelesaikan tes ini adalah Anda harus cermat dalam mengamati semua angka-angkanya. Jadi jangan terpaku pada 3-4 yang ada di depan deret karena bisa saja berupa pngelompokkan lompat atau urutan. Kerjakan dahulu soal yang mudah karena waktu yang diberikan juga terbatas.

  1. Tes Pauli

Tes psikologi online ini merupakan gugusan angka yang tersusun membujur dan dibentuk menjadi lajur. Pada tes ini Anda akan diminta untuk menjumlahkan 2 angka yang berdekatan dengan waku yang telah ditentukan. Tes Pauli mengukur kemampuan Anda dalam hal konsistensi, kemampuan penyesuaian diri, kecepatan, ketahanan dan ketelitian pada saat melakukannya. Kunci keberhasilan dalam mengerjakan soal ini adalah sebaiknya gunakan pensil biasa saja tidak usah yang mekanik karena akan cepat habis. Usahakan untuk stabil dalam menjumlahkan angka jadi tidak perlu tergesa-gesa diawal karena justru akan membuat hitungan Anda menjadi tidak stabil dan hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah tetap konsentrasi.

  1. Tes Verbal Analog

Tes verbal analog ini memiliki 40 soal yang terdiri dari antonim, sinonim dan analog kata. Tes psikologi online ini mencoba untuk mengukur kemampuan Anda dalam berfikir logika terhadap suatu kondisi. Sehingga bisa melihat sejauh mana kemampuan Anda dalam menghadapi suatu permasalahan.

Baca juga : Inilah Cara Melihat Kepribadian Pria Lewat Profil Facebook

  1. Draw A Man Test

Tes ini mengharuskan Anda untuk menggambar seseorang. Terkesan sepele memang namun Draw A Man Test ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar tanggung jawab, kestabilan, kepercayaan diri dan ketahanan diri Anda. Kunci dalam mengerjakan tes ini adalah Anda harus menggambar secara detail orang tersebut mulai dari kepala hingga ujung kaki dan juga gambarlah orang yang sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Wartegg Test

Tes psikologi yang satu ini terdiri dari 8 kotak yang berisi dengan berbagai bentuk seperti curva, titik, kotak dan garis melengkung. Wartegg test mengharuskan Anda untuk menggambar sesuat yang terbuat dari bentuk-bentuk tersebut. Setelah itu urutkan gambar dan menuliskan nomor gambar sesuai kesukaan atau yang tidak disukai. Test ini mengukur kemampuan Anda untuk melihat intelektual, imajinasi dan emosi. Kuncinya adalah Anda membuat kombinasi dari angka sesuai urutan dan acak. Seperti misalnya 8,7,6,5 dan 1,2,3,4. Jika Anda menulis secara urut maka HRD akan menganggap Anda sebagai orang yang kaku sedangkan bila menulis secara acak maka HRD akan mengira Anda seorang yang terlalu kreatif dan cenderung menjadi pemberontak.

  1. Army Alpha Intelegence Test

Tes psikologi online yang terakhir adalah Army Alpha Intelegence Test. Test psikologi yang satu ini terdiri dari deretan bentuk dan angka. Tes ini mengukur kemampuan Anda dalam menangkap dan melakukan instruksi secara cepat dan tepat. Tipsnya adalah Anda harus konsentrasi terhadap apa yang diucapkan oleh narator karena biasanya tidak akan ada pengulangan.

Jangan mudah putus asa bila Anda belum lolos tes psikologi online. Anda bisa belajar dari setiap kesalahan dan mulai untuk terus berlatih. Ada banyak latihan soal tes psikologi yang bisa Anda coba. Lama-kelamaan Anda sudah terbiasa dengan soal-soal di tes tersebut. Demikianlah kiat sukses dalam mengerjakan tes psikologi, semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga Anda bisa diterima di perusahaan yang diinginkan. Baca juga Sudah Baguskah IQ,EQ,RQ dan SQ kita??? dan Tes Psikologi Cinta dan Tipe Percintaan

Kiat Sukses Dalam Mengerjakan Tes Psikologi Online | admin | 4.5