Jenis Tes Psikologi Kepribadian yang Sering Dipakai Tes Kerja

Jenis Tes Psikologi Kepribadian yang Sering Dipakai Tes Kerja – Tes psikologi kepribadian menjadi salah satu standar yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk menyaring calon karyawan baru. Mengetahui kepribadian orang yang ingin dipekerjakan memang sangat penting karena bisa digunakan untuk menemukan orang yang mendekati kualifikasi. Selain itu, cara ini untuk mengetahui tipe orang seperti apa yang nantinya akan bekerja untuk perusahaan. Ada banyak jenis tes psikologi yang sering dipakai untuk mengetahui kepribadian dalam tes kerja. Setiap jenisnya memiliki kegunaan masing-masing untuk mengungkapkan jenis kepribadian yang berbeda.

jenis tes psikologi kepribadian

7 Jenis Tes Psikologi Kepribadian

Kalau Anda termasuk pencari kerja sangat disarankan untuk mulai mempelajari berbagai jenis tes psikologi kepribadian. Hal ini untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Agar Anda semakin memahami apa saja jenis dan fungsi masing-masing tes simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  1. Tes BAUM

Jenis tes pertama yang sangat umum adalah BAUM Test atau juga dikenal dengan sebutan The Tree Test. Seperti namanya, tes ini mengharuskan Anda menggambar sebuah pohon pada selembar kertas. Setiap bagian dari pohon yang Anda gambang merepresentasikan beberapa kepribadian yang berbeda. Secara umum tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi sifat Id, Ego dan Super Ego dalam diri.

  1. Tes House Tree Person/HTP

Anda bisa jadi diminta untuk melakukan tes yang diberi nama House Tree Person. Tes psikologi kepribadian ini mirip dengan jenis tes yang pertama, perbedaannya Anda harus menambahkan beberapa unsur lain dalam gambar itu yaitu seperti orang, bunga, hewan dan lainnya. HTP ini untuk mengetahui bagaimana seorang individu menilai orang-orang terdekat seperti keluarga dalam kehidupan dan mengetahui pandangan terhadap penerimaan lingkungan sosial terhadap dirinya.

  1. Tes Wartegg

Orang-orang yang pernah mendaftar kerja pasti pernah melalui tas yang satu ini yaitu Tes Wartegg. Bisa dibilang tes jenis ini memang selalu digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang. Nantinya saat melewati tes ini Anda akan disediakan selembar kertas yang memiliki 8 kotakan yang berjajar. Masing-masing kotak tersebut terdapat tanda-tanda kecil dengan pola yang berbeda. Tugas Anda adalah melanjutkan tanda tersebut menjadi sebuah gambar atau bentuk yang sesuai dengan apa yang dipikirkan. Nantinya dari Tes Wartegg dapat diketahui cara seorang individu beradaptasi dan memecahkan masalah.

  1. Tes Sack’s Sentence Completion/ SSCT

Bila menghadapi tes yang disebut dengan Sack’s Sentence Completion maka Anda diminta untuk melengkapi sebuah kalimat tidak lengkap. Tes psikologi kepribadian ini terdiri dari 60 kalimat bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang masing-masing harus disempurnakan dengan jawaban yang terlintas dalam pikiran. Hasilnya akan mengungkapkan persoalan yang cukup personal seperti kondisi permasalahan dengan orang tua, rasa bersalah, masa lalu, masa depan dan hubungan sosial.

Baca juga : Cara Membangun Kepribadian untuk Karir yang Lebih Maju

  1. Tes DISC

Tes jenis lain untuk mengetahui kepribadian seorang individu yaitu DISC Test. Anda diminta untuk memilih 2 jawaban dari 4 pilihan jawaban yang disediakan. Masing-masing pilihan menyediakan jawaban dengan kecenderungan yang paling mendekati dengan diri Anda dan jawaban yang paling tidak mendekati diri Anda. Jumlah total pertanyaan yang harus dijawab ada 24. Tes DISC dimanfaatkan untuk memahami kepribadian seseorang yang dilihat dari 3 kondisi yaitu bagaimana dirinya yang sesungguhnya (true self), kepribadian yang diperlihatkan saat sedang menghadapi tekanan atau masalah dan kepribadian yang diperlihatkan di hadapan orang lain.

  1. Tes Rorschah

Tes psikologi kepribadian yang diberi nama Rorschah tidak jarang digunakan untuk tes masuk sebuah instansi. Anda bisa saja menghadapi tes jenis ini nantinya. Kalau dihadapkan pada Tes Rorschah maka Anda akan mendapatkan 10 kartu yang masing-masing berisikan gambar yang terbentuk dari bercak-bercak tinta. Hal yang harus dilakukan yaitu menyebutkan bentuk apa saja yang ada dalam kartu sesuai dengan perkiraan. Hasilnya bisa memberikan jawaban yang cukup komprehensif tentang kondisi psikologis seperti tingkat kecemasan, emosi, trauma dan lainnya.

  1. Tes Pauli dan Kraeplin

Menghadapi Pauli dan Kraeplin Test cukup menegangkan bila Anda tidak mempersiapkan diri dengan baik. Hal ini disebabkan karena Pauli dan Kraeplin masuk dalam jenis tes battery yaitu tes yang menggunakan batasan waktu dalam mengerjakannya. Di dalam tes ini Anda akan menghadapi barisan angka yang harus dihitung atau dijumlahkan sebanyak mungkin dalam waktu yang telah ditentukan. Tes jenis ini sangat sering dimanfaatkan karena bisa mengukur kepribadian individu yang berkaitan dengan kinerja di tempat kerja seperti mengukur semangat dalam bekerja, inisiatif dan kemampuan penalaran, serta pertahanan diri menghadapi stress atau tekanan kerja.

Memahami sejak dini jenis-jenis tes psikologi kepribadian yang kerap dipakai untuk tes masuk kerja tentu sangat membantu. Anda juga harus sering-sering berlatih dan mempelajarinya. Kunci dari keberhasilan adalah praktek sebanyak mungkin dan mengetahui strateginya. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga Teori Kepribadian dari B.F. Skinner dan Cara Membaca Kepribadian Melalui Tanda Tangan

Jenis Tes Psikologi Kepribadian yang Sering Dipakai Tes Kerja | admin | 4.5