Tips Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari

Tips Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari – Apakah anda termasuk dari salah satu orang yang sering mengalami gangguan tidur dimalam hari atau sering disebut insomnia. Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia misalnya karena masalah kejiwaan atau stres, mengalami nyeri, dan karena adanya penyakit kronis. Saat tubuh terasa lelah seharusnya mampu membuat anda cepat terlelap namun jika anda tetap tidak bisa memejamkan mata berarti ada kemungkinan besar anda terkena insomnia. Ketika anda tidak bisa mendapatkan kualitas yang baik dalam tidur maka banyak hal buruk yang bisa terjadi nantinya, mulai dari badan yang mudah merasa lemah, tidak bergairah atau tidak bersemangat dan yang lebih parah anda bisa ketiduran ditempat anda bekerja. Maka dari itu perlu bagi anda untuk bisa mengatasi masalah insomnia tersebut, agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan siap menjalani aktifitas di keesokan harinya.

Untuk menyembuhkan insomnia bisa anda berkonsultasi dengan dokter atau menjalankan berbagai terapi, namun jika anda kesulitan dan menginginkan langkah yang mudah dan sederhana, maka bisa anda mencoba beberapa tips untuk mengatasi gangguan tidur dimalam hari dibawah ini.

 6 Tips mengatasi insomnia.

  1. Jangan melakukan banyak hal ditempat tidur.

Cara mengatasi insomnia adalah janganlah melakukan banyak hal ditempat tidur misalnya menonton tv, mengerjakan tugas yang belum selesai, melamun dan segala hal yang dapat membuat pikiran anda gelisah dan mengembangkan kebiasaan insomnia. Ketika anda terbangun ditengah malam dan tidak bisa kembali menikmati tidur anda jangan memaksakan tidur lagi dengan berbolak balik mencari posisi yang nyaman karena hanya akan membuat anda gelisah. Maka cobalah untuk keluar dari kamar sejenak, dan masuklah kembali, redupkan pencahayaan karena dapat membuat mata anda tenang dan cepat merasakan kantuk.

  1. Atur waktu tidur.

Bagi penderita insomnia kronis penting untuk mengatur waktu tidur dan waktu bangun. Biasakan untuk beranjak tidur pada jam yang telah anda tentukan untuk beristirahat, dan bangunlah sesuai waktu yang anda telah tentukan pula. Patuhilah peraturan anda sendiri dan jangan mencoba untuk mengulur waktu yang biasa anda tanamkan. Karena jika sekali anda tidak disiplin maka anda akan mengalami kesulitan lagi untuk kembali pada kebiasaan yang sudah anda lakukan.

  1. Pergilah tidur saat anda lelah.

Ketika mata anda masih terasa segar maka janganlah mengajaknya untuk terpejam, karena anda justru akan mengalami kesulitan. Cobalah beranjak ketempat tidur saat anda merasa sangat lelah dan mata sudah mulai sayu dan tidak tahan lagi untuk melakukan aktifitas. Saat anda merasa benar-benar lelah maka akan membuat anda semakin cepat mengantuk dan tertidur. Jika sudah larut malam namun mata enggan terpejam cobalah lakukan aktifitas yang menenangkan agar bisa membuat mata tenang dan kita merasa lelah.

  1. Jangan memaksakan diri.

Terkadang memang merasa kesal sendiri jika ingin sekali tidur namun mata tak juga mau terlelap. Apalagi jika anda berpikir besok harus berangkat kerja dan takut tidak optimal dalam melakukan aktifitas karena mengantuk. Namun janganlah memaksakan diri untuk cepat bisa tidur karena akan membuat anda semakin kesusahan untuk tertidur. Cobalah bermeditasi dan tenangkan pikiran anda.

  1. Hindari melihat jam.

Ketika anda terbangun saat tidur maka janganlah melihat jam hal ini perlu dilakukan karena jika kita terbangun dan melihat jam, otak kita akan berfikir dan berhitung seperti memikirkan soal matematika, sudah jam berapakah ini, berapa jam lagi harus tidur,  berapa jamkah anda tidur dan berapa jam pula kehilangan waktu tidur karena terbangun. Saat otak mulai berpikir maka akan membuat anda kehilangan rasa untuk tertidur kembali dan otak menjadi tegang karena digunakan untuk berhitung. Maka dari itu hindarilah melihat jam apalagi jam pada ponsel anda dikarenakan cahaya dari layar ponsel akan mengganggu kerja dari hormon melatonin.

  1. Lakukan meditasi.

Bila anda sering sekali mengalami kesulitan saat tidur maka meditasi bisa dilakukan. Anda bisa melakukan terapi yang dapat mengatasi gangguan tidur misalnya dengan latihan kesadaran, dan pernapasan dalam, hal ini bisa membantu anda untuk lebih fokus dalam menenangkan diri dan bisa membantu anda untuk memejamkan mata.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi gangguan tidur yang bisa anda alami kapan saja, yang akan membuat anda kehilangan waktu untuk beristirahat. Cobalah beberapa tips tadi jika anda memang mempunyai masalah dengan tidur anda. Baca juga Menangis Bisa Membuat Sehat

Tips Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari | admin | 4.5