Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anak

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anak – Menurut Judith A. Owens, M.D., MPH seorang anak balita usia antara 5-12 tahun memerlukan waktu tidur atau istirahat sekitar 12-14 jam. Itu sebabnya anak usia 5-12 diharuskan untuk tidur siang untuk mencukupi kebutuhan istirahatnya. Karena ternyata tidur siang memberikan manfaat bagi kesehatan anak.

manfaat-tidur-siang-bagi-kesehatan

manfaat tidur siang bagi kesehatan

Waktu istirahat balita atau anak-anak pada malam hari tidak selalu tercukupi, karena berbagai alasan seperti terbangun di malam hari atau bahkan tidur terlalu malam.Untuk mencukupi waktu istirahat tersebut, orang tua selalu menyuruh dan berusaha untuk membuat anaknya tidur di siang hari.Tidur di siang hari tidak hanya untuk mencukupi waktu istirahat si kecil saja. Masih banyak segudang manfat tidur siang bagi kesehatan anak yang belum banyak diketahui para orang tua.

Membiasakan anak untuk tidur di siang hari gampang-gampang susah. Karena anak cenderung lebih memilih untuk bermain, menonton tv serta melakukan aktivias lain, karena pada usia 5-12 tahun anak sedang aktif-aktifnya. Banyak cara yang bisa orang tua lakukan agar anak terbiasa untuk tidur siang, seperti menjadwalkan waktu tidur siang sehingga anak terbiasa tidur siang di jam-jam yang telah ditentukan.

Buat suasana senyaman mungkin agar anak mudah tidur dengan sendirinya, hindari gadget atau barang elektronik lainnya yang mengalihkan perhatian anak, matikan tv dan masih banyak lagi. Lalu, apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan anak?

Berikut ini beberapa manfaat dari tidur siang untuk kesehatan si kecil :

     1.Menjaga Kesehatan

Selain asupan makanan, istirahat yang cukup sangat mempengaruhi kesehatan anak. Dengan tidur siang, waktu istirahat anak menjadi tercukupi. Dengan istirahat yang cukup akan mengembalikan energi dan stamina pada tubuh si kecil yang kelelahan dengan segala aktifitas yang dilakukan. Karena energi tidak hanya di dapat dari asupan makanan melainkan dari istirahat yang cukup, salah satunya dengan tidur siang.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Anak yang kelelahan dan kurang istirahat staminanya serta daya tahan tubuhnya lemah sehingga mudah terserang bakteri dan virus yang akan menyebabkan si kecil jatuh sakit. Dengan tidur siang akan memberikan manfaat yang baik bagi daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah sakit.

  1. Menyembuhkan sakit

Saat anak jatuh sakit seperti batuk, pilek, flu atau demam dengan istirahat yang cukup yaitu menambah waktu tidur di siang hari akan mempercepat proses penyembuhan dari sakit tersebut. Sayangnya saat anak sedang sakit justru susah untuk diajak tidur, anak cenderung rewel dan sering nangis saat sakit.

  1. Membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Anak yang terbiasa tidur siang dan mencukupi waktu istirahatnya, pertumbuhan tubuhnya akan lebih optimal jika dibandingkan anak yang susah tidur atau waktu istirahatnya kurang. Hal tersebut dilansir dari Harvard University.

  1. Mengatasi Insomnia

Biasakan si kecil untuk tidur di siang hari, karena salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi insomnia. Dengan waktu tidur yang cukup di siang hari, si kecil tidak akan mengalami insomnia. Sehingga waktu tidur anak lebih stabil. Karena Insomnia atau susah tidur di malam hari sangat tidak baik bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan kreativitas dan Aktifitas Anak

Anak yang kurang istirahat akan mudah lelah bahkan sistem imunnya lemah sehingga jatuh sakit. Dengan istirahat yang cukup serta tidur siang, kesehatan anak tetap terjaga. Tidur siang membantu meningkatkan persepsi sensorik sehingga anak akan aktif dan semakin kreatif di masa tumbuh kembangnya.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Selain mampu meningkatkan kreativitas, tidur siang memiliki manfaat penting lainnya untuk tumbuh kembang si  kecil yaitu mampu  eningkatkan daya ingat otak. Dengan tidur siang, akan membantu meningkatkan daya ingat anak mengenai sesuatu, termasuk dalam hal belajar ataupun menghafal pelajaran.

  1. Mudah Memproses Informasi

Anak yang tercukupi waktu istirahatnya akan mudah memproses informasi serta pengetahuannya. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona, istirahat yang cukup termasuk di dalamnya yaitu tidur siang dapat meningkatkan kemampuan memproses informasi.

  1. Mengurangi Stres

Tahukah bunda, kalau anak kecil pun mengalami stres? Stres merupakan salah satu hal yang dapat mengakibatkan terganggunya fungsi jantung serta sistem syaraf. Kegiatan atau aktivitas yang dilakukan si kecil selain mengakibatkan kelelahan juga dapat mengakibatkan stres. Untuk itu usahakan untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi si kecil salah satunya dengan tidur siang agar anak tidak mudah stres.

    10.Meningkatkan Konsentrasi Anak

Selain memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tidur siang memberikan efek yang baik untuk kinerja otak anak. Dengan istirahat yang cukup, anak akan lebih mudah untuk berkonsentrasi seperti dalam berfikir saat belajar karena istirahat yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi anak.

Itu dia beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan anak. Meskipun tidur siang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, orang tua harus tetap tahu dan menjaga porsi tidur si kecil. Karena waktu tidur siang yang berlebih juga kurang baik bagi kesehatan. Serta jangan terlalu memaksa anak, saat anak tidak mau disuruh untuk tidur siang. Baca juga Diet Sehat dan Aman dengan Langkah Mudah

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anak | admin | 4.5