Manfaat Sayuran Terung yang Perlu Diketahui

Manfaat Sayuran Terung yang Perlu Diketahui – Siapa yang tak kenal dengan jenis sayuran yang satu ini, sayuran terung adalah jenis sayuran yang sebenarnya tumbuh dan berkembang secara liar di negara india. Akan tetapi sayuran ini dapat dengan mudah kita jumpai dimana saja bahkan diseluruh dunia. Sayuran terung biasanya disajikan dengan cara ditumis, dimasak balado, disantan, digoreng dengan tepung, dan terkadang juga bisa digunakan untuk lalapan. Sayuran terung ini tadinya banyak diabaikan karena dinilai tidak memiliki kandungan gizi, dan dianggap sebagai makanan yang biasa saja tanpa banyak keistimewaannya. Namun seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan akhirnya bisa mengungkapkan banyaknya kebaikan dari sayuran terung ini.

Manfaat Sayuran Terung

Manfaat Sayuran Terung

Apa saja manfaat yang dapat kita ambil dari sayuran terung ini, mari kita simak bersama beberapa manfaat dari terung yang jarang diketahui oleh kebayakan orang.

8 Manfaat sayuran terung yang wajib kita ketahui.

  1. Melindungi saluran pencernaan.

Manfaat baik yang ada didalam terung bagi tubuh kita salah satunya adalah karena terung dapat melindungi saluran pencernaan yang ada didalam tubuh kita. Terung banyak mengandung serat sehat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan juga bisa melindungi kita dari penyakit kanker usus besar.

  1. Sumber nutrisi penting.

Sekarang kita harus mengetahui bahwa sayuran terung ini merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh kita. Didalam terung terdapat kandungan kalsium, zat besi, dan mineral lainya yang baik untuk kesehatan kita. Terung ini dapat mencukupi kebutuhan gizi kita, maka bisa kita coba untuk mengkonsumsinya dengan menjadikan terung ini sebagai menu makan kita.

  1. Menyehatkan otak.

Manfaat selanjutnya yang dapat kita peroleh dari sayuran terung ini adalah sebagai sayuran yang mampu menyehatkan otak kita. Kandungan nutrisi nabati yang ada didalam terung dapat meningkatkan sirkulasi darah dan bisa menyehatkan otak kita. Nutrisi nabati tersebut dapat kita peroleh dari terung terutama pada bagian kulitnya, maka dari itu jika kita hendak memasaknya jangan pernah membuang bagian kulitnya ya.

  1. Mengontrol diabetes.

Perlu kita tahu bahwa terung juga bisa membantu kita dalam mengontrol diabetes. Terung memiliki peran aktif dalam menjaga diabetes karena terung dikenal banyak menyimpan kandungan serat dan rendah kandungan karbohidrat yang larut. Untuk kita yang memiliki masalah dengan diabetes cobalah sajikan terung ini dalam makanan kita.

  1. Membantu mengurangi berat badan.

Saat kita menginginkan makanan sehat yang mengenyangkan dan juga bisa mewujudkan keinginan kita untuk mendapatkan  berat badan yang ideal, maka jangan ragu untuk memilih sayuran terung ini sebagai menu harian kita. Terung dengan warna ungu gelap ini sangat rendah kalori, kandungan kalorinya hanya 35 gram per cangkir, sehingga aman jika kita konsumsi. Dan baiknya lagi terung juga tidak memiliki kandungan lemak dan tinggi serat sehingga sangat membantu kita jika ingin melaksanakan diet sehat untuk mengurangi berat badan. Namun dengan catatan janganlah menggoreng terung ini, karena terung goreng banyak menyerap lemak yang justru akan menambah berat badan kita. Cobalah sajikan terung dengan cara dipanggang untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

  1. Menurunkan kadar kolesterol.

Sayuran terung juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga jika kita rajin mengkonsumsinya kesehatan jantung kita bisa terjaga karena kolesterol dalam tubuh semakin menurun. Tetapi ingat untuk mendapatkan manfaat dari terung, hindarilah memasaknya dengan cara menggorengnya.

  1. Mencegah pembekuan darah.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari terung yang mampu mencegah pembekuan darah maka konsumsilah secara teratur. Kandungan vitamin K dan bioflavonoid juga bisa memperkuat kapiler.

  1. Menjaga tekanan darah.

Sayuran terung tinggi akan bioflavonoid yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol, dan juga bisa meredakan stres yang kita derita. Karena kebaikan dari zat ini, penting bagi kita untuk mengkonsumsi terung ini saat tekanan darah kita sedang tinggi, kadar kolesterol meningkat, dan saat stres yang tak teratasi.

Setelah kita mengetahui banyaknya manfaat terung yang dapat kita ambil maka jangan ragu untuk mengkonsumsinya dengan teratur. Cobalah untuk memasak terung ini dengan memanggangnya sehingga manfaat terung ini dapat kita peroleh dengan maksimal. Meskipun terung ini sangat lezat jika kita mengolahnya dengan cara digoreng, namun tubuh kita membutuhkan manfaatnya, dari pada rasanya bukan?

Baca juga Manfaat Makan Keju bagi Kesehatan

Manfaat Sayuran Terung yang Perlu Diketahui | admin | 4.5