Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa – Pohon kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat, baik buahnya, batangnya hingga daunnya semuanya bermanfaat. Berbicara mengenai kelapa, buah yang satu ini tidak hanya bisa dijadikan minuman segar. Bahkan buah kelapa bisa digunakan sebagai bahan makanan atau pelengkap bumbu dapur. Tidak hanya itu, buah kelapa pun bisa diolah menjadi minyak. Minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaat dari minyak kelapa? Berikut ini beberapa manfaatnya.

Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan Maupun Kecantikan

  1. Menumbuhkan Rambut

Salah satu manfaat dari minyak kelapa yaitu untuk menumbuhkan rambut. Selain minyak kemiri atau orang aring, minyak kelapa ternyata memiliki manfaat untuk mempercepat tumbuhnya rambut. Anda yang memiliki rambut rontok, bisa menggunakan minyak kelapa ini untuk menyuburkan rambut agar rambut Anda tetap tebal dan subur. Caranya cukup mudah, tinggal oleskan minyak kelapa pada rambut serta kulit kepala Anda. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

  1. Membantu Menyehatkan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk menyuburkan rambut, minyak kelapa memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit. Buat Anda yang menginginkan kulit yang halus, lembut dan sehat tentunya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini.

  1. Membantu Mempercepat Proses Metabolisme Tubuh

Manfaat dari minyak kelapa tidak hanya baik untuk kecantikan kulit dan rambut, tapi minyak kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Beberapa kandungan dalam minyak kelapa seperti lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang bersifat anti jamur, bakteri dan antivirus dapat menjaga kekebalan tubuh. Secara alami, tubuh akan mengubah asam laurat menjadi monolaurin. Dari berbagai penelitian laboratorium zat yang dihasilkan tersebut sangat penting untuk membunuh virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab utama berbagai penyakit seperti  herpes, influenza atau bahkan HIV

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Anda mengalami luka bakar, tentu akan menimbulkan luka menganga dan rasanya sakit sekali. Bekas luka bakar tersebut juga akan membuat kulit menjadi belang. Untuk menghilangkan bekas luka tersebut, Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Caranya mudah sekali, cukup oleskan minyak kelapa pada kulit yang terdapat luka.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat minyak kelapa murni memiliki kemampuan mengontrol tekanan kadar gula darah. Karena bahan ini bisa meningkatkan kinerja insulin secara lebih teratur serta efesien.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Pada sebuah penelitian laboratorium telah membuktikan bahwa minyak VCO (virgin coconut oil) atau minyak kelapa murni ini mampu menurunkan risiko serangan penyakit kardiovaskular. Kardiovaskular adalah gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular ini sangat vital, maka penyakit kardiovaskular tergolong penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

  1. Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Mengkonsumsi minyak kelapa murni secara rutin, sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita , sehingga tubuh mendapat nutrisi dari sumber makanan yang dikonsumsi secara efisien.

  1. Menebalkan Rambut

Apabila kondisi rambut kurang subur,  Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa murni sebagai alternatif dalam proses penumbuhan rambut baru.  Caranya sangat mudah, cukup mengoleskan minyak ini keseluruh rambut secara merata seperti keramas. Lakukan sampai mendapat hasil yang diharapkan.

  1. Mengurangi Dampak Alergi dan Infeksi

Jika Anda memiliki penyakit kulit kambuhan yang juga menyerang sebagian wajah seperti kaligata, dermatitis dan eksim. Anda memanfaatkan bahan ajaib yang satu ini, karena minyak kelapa terbukti dapat mengobatinya secara efektif. Termasuk gangguan di bagian kulit lain.Oleskan minyak kelapa murni ke seluruh bagian kulit yang terdampak lalu diamkan selama beberapa menit. Catatan: Jangan menggaruk atau menyentuh bagian kulit tersebut agar tak menyebar kebagian lain selama pengobatan. Baca juga Mitos yang keliru tentang Kopi

Manfaat Minyak Kelapa | admin | 4.5