Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih – Daun sirih adalah salah satu tanaman yang cukup sering digunakan dalam pengobatan alternatif hampir diseluruh belahan dunia. Oleh sebab itu, berbagai macam penelitian yang berkaitan dengan daun sirih telah dilakukan sejak lama oleh berbagai lembaga riset.

Tanaman yang berwarna hijau segar ini mengandung berbagai zat aktif seperti kavikol, fenil, tannin, sineol, propana dan berbagai minyak esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

Anda dapat memanfaatkan daun sirih sebagai obat luar dengan menempelkan daun sirih yang sudah dimemarkan ke bagian tubuh tertentu atau juga dapat mengkonsumsinya langsung. Dibawah ini adalah beberapa manfaat daun sirih yang sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu kesehatan Anda, yaitu:

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Daun sirih akan merangsang air liur yang mengandung enzim lipase untuk membantu mendaur makanan pada lambung.

Hal ini akan membantu proses pencernaan, karena semua makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan menjadi mudah untuk dicerna, sehingga mengurangi gejala-gejala seperti perut terasa penuh, kembung, dan peningkatan produksi asam lambung dapat kurangi resikonya.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Tumbuhan ini memiliki senyawa antiseptik yang mampu membersihkan bakteri dan kuman yang berada di dalam rongga mulut. Selain itu dapat juga mencegah bau mulut dan  karang pada gigi akibat kuman yang berada dalam mulut.

3 Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun sirih memiliki zat aktif yang diyakini mampu mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi peradangan dan menghentikan perdarahan dengan cepat pada area yang terluka.

Caranya:

  1. Cuci area luka hingga bersih dan steril
  2. Sediakan 2-4 helai daun sirih kemudian cuci bersih (wajib steril)
  3. Hancurkan hingga halus atau bisa juga hanya dimemarkan
  4. Letakan pada area yang terluka
  5. Tutup dengan kain perban
  6. Ganti daun sirih dan perban tersebut dua kali sehari hingga luka sembuh total

Peringatan:

  1. Sangat tidak disarankan untuk memasukkan daun sirih ke dalam hidung pada pasien mimisan karena sangat berisiko masuk ke bagian dalam hidung dan menimbulkan infeksi.
  1. Membantu Pengobatan Diabetes

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun ini dapat membantu pengobatan diabetes. Pada suatu penelitian di mana ekstrak daun sirih dapat menurunkan kadar gula pada sample darah penderita diabetes.

Anda dapat memanfaatkannya dengan merebus tiga helai daun sirih yang telah dicuci ke dalam 300ml air. Minum air rebusan tersebut 1x sehari secara rutin.

Peringatan:
Perlu diperhatikan apabila pasien sedang mengkonsumsi obat diabetes secara rutin, sebaiknya  harus mengkonsultasikan kepada dokter.

  1. Membantu mengeluarkan dahak

Daun sirih memiliki sifat sebagai agen ekspektoran yang dapat membantu dalam mengencerkan dahak yang membandel di dalam saluran pernapasan saat batuk.

Selain itu, sifat antiseptik dari daun ini dapat membersihkan saluran pernafasan dari bakteri yang bersarang di sana.

Caranya

  1. Rebus tiga helai daun sirih yang sudah dicuci dalam 500ml air hingga medidih
  2. Diamkan hingga uap tidak begitu panas
  3. Hirup secara berlahan uap air rebusan daun sirih
  4. Lakukan 2x sehari hingga dahak dapat keluar
  1. Menjaga Kesehatan Jantung Dan Menjaga Tekanan Darah

Manfaat penting lainnya yaitu, Dapat menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan daun sirih bersifat kardiotonik yang dapat menstimulasi denyut jantung.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, daun sirih dapat mengontrol denyut jantung yang sebelumnya tidak teratur sehingga tekanan darah yang dihasilkan kembali normal.

Dengan adanya kendali yang bagus pada jantung, risiko serangan jantung pun dapat dihindari. Anda dapat mengunyah dua lembar daun sirih 1x sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Membantu Mengobati Maag Dan Peradangan Lambung

Jika Anda memiliki maag yang kambuh-kambuhan, Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat alternatif untuk membantu pengobatan penyakit lambung yang sangat mengganggu ini.

Ekstrak daun sirih memiliki senyawa aktif yang dapat memproteksi lapisan lambung sehingga luka yang disebabkan asam lambung yang terlalu tinggi dapat dikurangi.

Caranya:

  1. Ambil 6 helai daun yang telah dicuci dan rebus dalam 500cc air hingga matang
  2. Minum ketika masih hangat sebanyak 2x sehari secara rutin

Baca juga Menjaga Kesehatan Anak agar Selalu Aktif

Manfaat Daun Sirih | admin | 4.5