Manfaat Bunga Lidah Mertua

Manfaat Bunga Lidah Mertua – Nama tanaman yang satu ini sangat ngentrik, lidah mertua. Di beberapa daerah namanya lebih unik, yaitu pedang-pedangan, mungkin karena bentuk daunnya yang memanjang berbentuk seperti pedang. Saat ini sudah banyak sekali variannya, tidak hanya berbentuk daun seperti pedang, namun juga dengan bentuk dan model yang lebih kecil. Nama ilmiahnya adalah sansevieria.

manfaat bunga lidah mertua

Manfaat Bunga Lidah Mertua

Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan umum dijumpai. Cara merawatnya juga cukup mudah. Bahkan saat musim kemarau ataupun berhari-hari tidak disiram lidah mertua ini mampu bertahan hidup. Cocok untuk pengemar tanaman hias yang malas merawat tanamannya. Lalu apa saja manfaat tanaman bunga lidah mertua tersebut? berikut adalah ulasannya.

Manfaat Bunga Lidah Mertua :

  1. Menetralisir Udara

Tanaman ini mampu menyerap 107 jenis polutan udara pada daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh dengan asap rokok. Pada setiap helai daun lidah mertua memiliki pregnane glycoside, yaitu zat yang dapat mengkonversi zat beracun menjadi senyawa organik, asam amino, serta gula. Zat beracun yang bisa diurai diantaranya benzen, karbondioksida, xilen, triklorotilen formaldehid dan koloroform.

Jika ditanam dalam ruangan, tanaman lidah mertua mampu mengatasi sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang sangat tidak sehat karena memiliki konsentrasi gas korbondioksida, nikotin rokok yang tinggi, ataupun disebabkan pemakaian AC sepanjang hari.

Satu tanaman lidah mertua yang berjenis trifasciata lorentii besar dengan daun 5/6 helai mampu menyegarkan udara dalam ruangan seluas 25M persegi. Termasuk pada lingkungan industri yang banyak terdapat limbah udara. Selain itu, lidah mertua mampu membunuh bakteri penyebab bau tak sedap pada lemari es. Serta mampu mengurangi radiasi gelombang elektromaghnetik yang dihasilkan komputer, ponsel pintar dan televisi.

  1. Mengobati Berbagai Penyakit Berbahaya

Sansevieria bisa berperan sebagai antibiotika. Mengobati radang, flu, kencing manis, tekanan darah tinggi sampai gigitan ular berbisa.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Sansiviera juga bermanfaat untuk mengatasi degenerative parah sepeti diabetes. Gangguan kesehatan ini menyebabkan pasien tidak bisa menikmati makanan manis karena memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi.

Untuk membantu menetralisir darah dengan memanfaatkan ramuan daun lidah mertua, cukup rebus beberapa helai daun yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai dingin lalu ambil sarinya dan di minum, rasanya sedikit pahit namun sangat ampuh.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Lidah mertua mampu menyembuhkan sakit kepala. Lidah mertua yang dibakar dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif sakit kepala. Gangguan kesehatan ini sendiri memang perlu segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski demikian, penyebab sakit kepala juga perlu diketahui karena bisa jadi disebabkan penyakit lainnya. Untuk mengantisipasi sedini mungkin, konsultasikan kepada dokter.

  1. Sebagai Antiseptik Alami

Lidah mertua memiliki kemampuan sebagai anti racun. Kandungan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik untuk membasmi kuman. Antiseptik tersebut bisa digunakan untuk membersihkan luka agar stelir dari kuman yang dapat menginfeksi luka yang terbuka. Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai sabun antibakteri alami.

  1. Obat Wasir

Penyakit wasir merupakan penyakit yang cukup mengganggu karena menimbulkan rasa nyeri dan menyiksa saat buang air besar. Tanaman bunga lidah mertua ternyata dapat digunakan untuk mengatasi penyakit wasir. Tanaman lidah mertua banyak mengandung banyak serat sehingga dapat membantu memperlancar buang air besar.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Lidah mertua diyakini sebagai salah satu obat luar yang efektif. Banyak penyakit kulit yang dapat diatasi oleh lidah mertua seperti eksim, bengkak dan luka. Untuk memanfaatkanya menjadi obat kulit, pertama ambil 2-3 helai daun lidah mertua lalu cuci sampai bersih. Setelah itu tumbuk hingga benar-benar halus. Selanjutnya bubuhkan pada bagian kulit tertentu. Baca juga Cara Mengatasi Keputihan

Manfaat Bunga Lidah Mertua | admin | 4.5