Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sakit

6 Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sakit – Terkadang tidak terfikirkan oleh kita apa yang sebenarnya membuat tubuh kita terserang oleh berbagai macam penyakit. Apakah anda menyadari bahwa penyakit yang menyerang tubuh adalah karena adanya gaya hidup tidak sehat dan tentunya karena pola makan yang buruk. Saat kita sakit memang kita diharuskan untuk banyak mengkonsumsi makanan, demi untuk mendukung masa penyembuhan anda. Pada saat sakit terkadang nafsu makan hilang dengan sendirinya, namun bagaimanapun juga anda harus tetap mengisi perut anda agar tidak kosong dan tentunya ada asupan gizi yang masuk kedalam tubuh anda. Namun tidak semua  makanan bisa anda makan saat sakit, pasalnya ada beberapa makanan yang justru akan membuat penyakit anda bertambah parah dan terkadang ada makanan yang dapat mempengaruhi fungsi dari obat yang anda minum. Dan inilah beberapa daftar makanan yang sebaiknya anda hindari saat anda sedang sakit supaya anda bisa lebih cepat sembuh dan bisa kembali beraktifitas.

Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sakit

Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sakit

6 makanan yang sebaiknya anda jauhi saat sakit.

  1. Goreng- gorengan.

Cemilan atau makanan yang diolah dengan cara digoreng memang lezat dan gurih. Namun perlu untuk menghindarinya saat anda sedang sakit tenggorokan atau batuk. Jenis makanan goreng-gorengan umumnya memilliki tekstur yang kasar, yang jika tetap dikonsumsi saat tenggorokan meradang akan membuat tenggorokan semakin teriritasi dan ini akan menghambat proses penyembuhan. Maka dari itu jika tidak ingin berlama-lama merasakan sakit batuk atau tenggorokan hendaklah jauhi makanan yang disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu.

  1. Makanan pedas.

Makanan yang berasa pedas memang sangat menggugah selera makan kita, Namun jika kita sedang pilek dan saat ingus yang keluar adalah ingus cair sebaiknya jangan menikamati makanan yang pedas terlebih dahulu. Mengapa? karena senyawa capsaicin yang ada didalam cabai atau paprika bisa menyebabkan iritasi pada saluran hidung yang akan membuat lendir didalam hidung semakin keluar dengan intensitas yang lebih tinggi. Dan tentunya jika sampai hal itu terjadi akan membuat kita tidak nyaman untuk menikmati hari-hari dan melakukan berbagai aktifitas yang memerlukan tubuh untuk selalu bergerak.

  1. Kopi.

Kopi memang dikenal sebagai salah satu pantangan saat anda sakit, terutama saat anda menderita sakit perut, mengapa demikian? karena kandungan kafein dalam kopi bersifat diuretik yang akan membuat anda sering mengalami buang air kecil dan bisa menyebabkan dehidarsi. Dehidarasi akan menjadi lebih buruk lagi ketika anda sedang berusaha melawan virus dan infeksi lainnya. Agar daya tahan tubuh lebih terjaga dengan baik dan bisa melawan penyakit dengan maksimal maka tubuh memerlukan hidrasi yang cukup. Kopi yang tetap dikonsumsi saat anda sedang sakit maka akan semakin membuat diare anda bertambah parah.

  1. Susu.

Sangat penting bagi kita untuk bisa meminum susu setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun disaat kita menderita pilek dan hidung tersumbat maka lebih baik untuk menunda beberapa hari meminum susu sampai pilek yang kita derita sembuh. Susu dikenal dapat membuat dahak serta ingus menjadi lebih kental dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan. Hal tersebut akan membuat kita semakin menderita karena ingus dan dahak yang tidak dikeluarkan akan membuat kita sangat tidak nyaman dibuatnya.

  1. Gula.

Makanan yang serba manis memang sangat sulit dihindari, karena rasanya yang memang membuat siapa saja terlena dan terbuai untuk selalu menikmatinya. Namun saat kita mengalami sakit perut yang diakibatkan karena adanya infeksi bakteri, kita harus berusaha tak menjamah makanan yang banyak mengandung gula. Gula yang kita konsumsi dapat menekan kinerja sel darah putih yang sedang melawan bakteri jahat yang ada didalam tubuh kita. Maka dari itu jika saat sakit tetap tak mau meninggalkan makanan yang manis seperti kue, sereal bergula dan permen, sistem kekebalan tubuh kita akan melemah dan akan bekerja tidak optimal yang bisa membuat kita menderita sakit lebih lama.

  1. Jus jeruk.

Terkadang kita sering salah kaprah untuk menikmati segarnya jus jeruk. Sering kita berfikir bahwa jus jeruk banyak mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun didalam tubuh kita, sehingga bisa membuat kita lebih cepat sembuh dikala kita sakit. Akan tetapi jika kita sedang menderita sakit tenggorokan ataupun flu, sebaiknya hindarilah untuk mengkonsumsi jus jeruk. Jus jeruk memang sangat segar untuk dinikmati namun zat asam yang terkandung didalam jeruk dapat dengan cepat melukai tenggorokan. Buah jeruk banyak mengandung asam sitrat yang mampu membuat tenggorokan kita teriritasi dan meradang.

Itulah beberapa jenis makanan yang seharusnya bisa kita hindari saat sakit mendera, agar proses penyembuhan dapat bekerja lebih baik, lebih cepat dan tentunya lebih optimal lagi. Baca juga Bahaya dan Manfaat Minum Air Putih

Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Sakit | admin | 4.5