Kondisi Bibir yang Bisa Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan

5 Kondisi Bibir yang Bisa Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan – Masalah kesehatan seringkali membuat kita was-was dan penuh kehati-hatian dalam menanganinya. Kesehatan itu bisa dibilang adalah sesuatu yang sangat berharga maka dari itu kita harus selalu melindunginya. Ternyata kondisi dari bibir kita bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan didalam tubuh kita. Bibir kita akan memberikan informasi atau sinyal yang seharusnya kita mendengarnya dan mencoba mencari tahu sebenarnya masalah apa yang membuat bibir kita mengalami berbagai perubahan. Mulai sekarang kita bisa mencoba mendeteksi berbagai masalah yang terjadi pada tubuh kita dengan memperhatikan hal-hal yang terjadi pada kondisi bibir kita, dibawah ini ada beberapa informasi yang akan mengulas tentang keadaan bibir kita yang bisa dijadikan tanda mengenai kesehatan tubuh kita.

Kondisi Bibir yang Bisa Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan

Kondisi Bibir yang Bisa Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan

 5 Kondisi bibir yang bisa dijadikan tanda kesehatan tubuh.

  1. Bibir pecah-pecah.

Tentunya kita sering mengalami bibir yang satu ini yaitu bibir pecah-pecah. Hal ini diakibatkan karena kita kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita berpikir bahwa telah melaksanakan pola hidup sehat setiap harinya dan dapat dipastikan tubuh telah diberi asupan nutrisi untuk kelangsungan hidup kita sehari-hari, akan tetapi harus kita tahu bahwa kita sangat mudah kehilangan nutrisi tersebut. Jika kita mendapati bibir kita kering dan terdapat luka retakan disetiap sudut mulut itu merupakan tanda bahwa kita kekurangan zat besi, seng, vitamin B6, dan vitamin B3. Untuk mengatasinya kita bisa menambahkan potongan-potongan kecil daging merah dalam menu makan kita. Daging merah merupakan sumber zat besi serta seng. Selain daging merah yang bisa kita jadikan solusi ada makanan lain seperti telur, sayuran hijau dan ikan salmon yang juga banyak mengandung zat besi dan vitamin B.

  1. Bibir membengkak.

Saat bibir kita membengkak itu merupakan tanda bahwa kita mengalami alergi. Gejala yang timbul biasanya ukuran bibir akan terlihat lebih besar dari pada biasanya, setelah itu munculah rasa gatal pada bibir kita. Dari banyak kasus yang ditemukan ketika kita mengalami alergi dan menyebabkan bibir kita benar-benar membengkak dan ukurannya semakin besar, maka bergegaslah untuk memeriksakan keadaan bibir kita ke dokter, agar cepat mendapatkan obat yang bisa mengurangi pembengkakan pada bibir. Tidak hanya itu saja, gejala alergi yang menyerang tubuh kita juga bisa menimbulkan kulit kita terasa gatal-gatal  yang disertai dengan mata berair.

  1. Jumlah air liur berlebihan.

Salah satu tanda adanya masalah pada kesehatan kita bisa kita kenali dengan tanda adanya jumlah air liur yang berlebih pada mulut kita. Air liur yang berlebihan bisa keluar disaat terdapat luka disudut mulut kita, atau sering disebut dengan cheilitis angular. Air liur yang keluar secara berlebihan di mulut kita akan menyebabkan infeksi jamur, jamur yang berkembang akan membuat kulit halus disudut bibir atas dan bibir bawah menjadi retak dan menyebabkan luka yang dalam. Cobalah atasi masalah tersebut dengan tidur bersandar pada bantal, hal ini sedikit memberikan manfaat bagi kita jika kita mengalami hal ini.

  1. Bibir mengering.

Terjadinya masalah bibir mengering memang sudah sering kita rasakan dan sebenarnya apa yang memicunya? perlu kita tahu bahwa bibir kering bisa dikarenakan oleh cuaca yang panas atau dikarenakan tubuh kekurangan cairan atau dehidarasi. Cara mengatasinya sangatlah mudah untuk kita lakukan karena hanya dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap harinya,minumlah air putih sesering mungkin jangan menunggu sampai kita benar-benar merasa haus apalagi saat cuaca sangat panas dan tubuh kita selalu mengeluarkan keringat.

  1. Terjadi lepuhan kecil di bibir.

Terjadinya lepuhan kecil yang berisikan air didaerah sekitar bibir ini bisa dikarenakan stres yang melanda. Rasa depresi, tidak nyaman, kelelahan dan karena terlalu banyak bekerja masalah ini muncul pada kita. Gangguan lain yang bisa menyebakan adanya lepuhan bibir ini juga karena sistem kekebaan tubuh terganggu. Lakukanlah yoga atau meditasi untuk meredakan rasa stres yang kita rasakan. Dan untuk memperbaiki daya imun kita cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah dan sayur.

Penuhilah kebutuhan tubuh kita mulai dari nutrisi penting dan cairan tubuh, agar kita bisa terhindar dari gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan masalah di bibir kita. Jangan menyepelekan hal-hal sekecil apapun karena akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, jika kita tidak menanggapinya. Baca juga Bagaimana Mengatasi Insomania Dengan Dzikir??

Kondisi Bibir yang Bisa Menjadi Indikasi Masalah Kesehatan | admin | 4.5