Cara Mengatasi Asma Kambuhan

Cara Mengatasi Asma Kambuhan – Asma adalah salah satu gangguan kesehatan dalam sistem pernafasan yang ditandai dengan sesak nafas bahkan sampai gagal nafas. Asma bisa kambuh disaat kecapekan, stres, panik ataupun alergi. Asma sering kali berhubungan dengan kondisi lingkungan yang memiliki kualitas udara yang kurang baik. Asma memang bukan penyakit genetik, namun asma bisa menyerang sejak kecil. Jika Anda penderita asma, maka harus segera mencari cara mengatasi asma yang kambuhan sewaktu-waktu. Gejala asma seringkali tidak mengenal waktu, bahkan disaat-saat terpenting Anda bisa saja gangguan tersebut menyerang. Oleh karena itu, pencegahan serta pengobatan asma sangat penting dilakukan secara konsisten.

Cara mengatasi asma kambuhan

Cara mengatasi asma kambuhan

Penyebab asma

Penyakit asma ini banyak disebabkan oleh alergi sehingga Ada harus mengetahui alergen Anda dan menghindarinya. Tidak bersentuhan dengan alergen adalahcara mengatasi gejala asma yang paling rasional. Alergen yang terlihat ringan seperti bulu binatang, minuman dingin, serbuk sari bunga, ice cream, asap rokok, debu, kotoran, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran dan lain sebagainya. Usahakan lingkungan tetap dalam keadaan higienis dan sejuk untuk menjaga pernafasan yang lebih longgar.

Menjaga suasana hati

Faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit ini kambuh adalah suasana hati pasien seperti stres, gelisah, panik, ketakutan, khawatir dan terlalu lelah. Bagi  penderita asma, sangat membutuhkan kontrol emosi yang stabil. Ketika sedang menghadapi banyak masalah, selalu bersikap tenang dan motivatif. Selesaikan masalah sedikit demi sedikit tanpa menegangkan emosi. Manajemen stres yang tepat juga akan membantu mengatasi asma yang sering kambuh. Semaksimal mungkin hindari pekerjaan yang berat, dan pada area yang tidak higienis. Rutin olahraga ringan seperti lari pagi setiap minggu atau bersepeda keliling koplek setiap sore. Hal tersebut akan membantu menjaga kondisi fisik penderita asma.

Pertolongan Pertama Saat Asma Kambuh

Saat tiba-tiba asma kambuh pada tempat dan waktu yang sangat tidak tepat, yang harus dilakukan pertama kali adalah jangan panik.Jika sedang dalam posisi berdiri segera ambil sikap duduk yang benar untuk menenangkan organ-organ pernafasan. Usahakan berada dalam lingkungan yang sejuk, tidak dingin dan tidak pengap. Kontrol pernafasan dengan menarik nafas secukupr mungkin dari hidun, ambil alih kendali pernafasan Anda. Fokuskan diri untuk bernafas normal dan tenangkan pikiran. Jika Anda biasa menggunakan inhaler, jangan sampai jauh dari inhaler. Dan pastikan dalam kondisi siap pakai.

Mengatasi Asma dengan Menjaga Asupan Makanan

Untuk terapi asma jangka panjang, penderita sangat direkomendasikan untuk lebih banyak konsumsi asupan kalsium, magnesium serta vitamin C, B kompleks. Pastikan tubuh cukup terkena sinar matahari di pagi hari untuk memperoleh vitamin D alami. Perbanyak konsumsi olahan kacang, biji jintan, ikan salmon dan bahan makanan yang mengandung banyak asam lemak omega 3.

Minuman yang baik untuk penderita asma kambuhan adalah ekstrak kulit manggis atau jusnya, teh chamomile dan jus buah mengkudu. Bisa juga jus yang mengandung banyak vitamin diatas.

Ada pula beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asma atau setidaknya mengurangi konsumsi makanan seperti garam, udang, telur, daging ayam, makanan cepat saji, makanan berpengawet, makanan instan, susu, gandum, minuman bersoda dan kedelai.

Fakta Tentang Asma

Belum diketahui dengan pasti hal apa saja yang menjadi pemicu penyakit asma, namun dapat dipastikan faktor lingkungan dan genetik dianggap sebagai faktor utama asma.

Menurut hasil penelitian Badan Kesehatan Nasional dan Survei Pemeriksaan Gizi, yang dipublikasi dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2007 menyebutkan bahwa 56% kasus gangguan asma di Amerika Serikat disebabkan karena alergi yang bisa ditimbulkan dari:

  • Tungau
  • Debu
  • Kucing dan Kecoa
  • Asap rokok dan asap dari pembakaran kayu
  • Wewangian
  • Produk pembersih
  • Polusi udara
  • Bahkan pereda rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen dan acetaminophen
  • Suasana hati seperti stress, geilsah, khawatir, gugup.
  • Konsumsi makanan berpengawet
  • Penyakit Gastroesophageal reflux

Hasil dari analisis penelitian yang sebutkan dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine pada tahun 2007 mengemukakan bahwa gejala asma meningkat hingga 50% pada orang yang mengalami kelebihan berat badan. Hal ini di perkuat oleh para peneliti di Emory University Atlanta bahwa pasien obesitas dengan asmamenyentuh angka 66%. Diet, olahraga dan menjaga asupan gula adalah langkah terbaik untuk menghindari penyakit ini kambuh kembali. Walaupun asma tergolong penyakit yang berbahaya, tapi dengan langkah pencegahan yang baik akan mampu mengurangi resiko asma kambuh. Baca juga Bahaya Meminum Air dalam Kemasan

Cara Mengatasi Asma Kambuhan | admin | 4.5