Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami – Anemia adalah gangguan sistem peredaran darah yaitu kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Kekurang hemoglobin bisa berakibat fatal bagi tubuh. Kekurangan hemoglobin ini bisa dikarenakan oleh rusaknya sel darah merah ataupun karena terluka sehingga banyak mengeluarkan darah.

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Pada umumnya penderita anemia adalah wanita. Hal ini dikarenakan setiap bulannya akan mengeluarkan darah haid. Cara mengatasi anemia tidak harus meminum obat kimia ada cara yang lebih aman yaitu menggunakan bahan-bahan organik. Gejala anemia bisa dikenali dengan mudah yaitu dengan beberapa gejala, seperti mudah lelah, ngantuk, semutan dll. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut munkin Anda mengalami anemia.

Berikut adalah beberapa makan untuk mengatasi anemia.

  1. Telur

Kandungan protein dalam telur sangat baik untuk membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda dapat memakan telur rebus sebagai aternatif meningkatkan jumlah sel darah merah. Campur air rebusan dan kulit bawang merah selama 30 menit, kemudian angkat dan tiriskan. Selain menambah rasa, kulit bawang merah juga bisa menambah kadar protein yang ada dalam telur.

  1. Sayuran hijau

Cukup mengkonsumsi sayuran hijau bisa menjadi alternatif pencegahan anemia. Sayuran hijau sudah teruji sangat baik untuk kesehatan secara umum, terutama untuk mengatasi anemia. Jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk penderita anemia adalah kentang, kangkung, seledri, kembang kol dan bayam. Selain mampu mengatasi anemia, sayuran hijau juga memiliki banyak manfaat, salah satunya menghindari berat badan berlebih.

  1. Hati ayam

Cara lain mengatasi anemia dengan cepat juga bisa memanfaatkan hati ayam. Hati ayam baik dikonsumsi untuk mengatasi anemia dan menambah stamina. Hati ayam dapat dikonsumsi sehari-hari dengan nasi atau dengan sayur-mayur.

  1. Daging

Mengkonsumsi daging segar juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi anemia yang sangat efektif. Daging yang segar tinggi akan kandungan protein yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Selain itu, daging juga bisa membantu memperbaiki sel darah merah yang rusak. Jenis daging yang dianjurkan adalah daging kambing. Dibandingkan daging sapi daging kambing lebih banyak mengandung protein.

  1. Kacang Almond

Tumbuhan kacang-kacangan memang sangat direkomendasikan untuk mengatasi gejala anemia. Salah satunya adalah kacang almond. Kacang almond ini banyak mengandung zat besi dalam jumlah cukup yang sangat baik untuk meningkatkan aliran darah. Dengan mengkonsumsi kacang almond  aliran pada darah bisa normal dan anemia yang diderita bisa teratasi dengan efektif.

  1. Istirahat Cukup

Anemia bisa disebabkan karena terlalu lelah beraktifitas, sedangkan asupan gizi yang diperoleh penderita sama. Oleh karena itu, pastikan istirahat cukup dan selalu menjaga kondisi fisik. Rutin olah raga ringan seperti joging dan bersepeda, akan sangat banyak membantu pemulihan. Jangan paksakan pekerjaan jika kondisi badan tindak memunginkan untuk melakukannya.

Konsumsi makanan yang disebutkan diatas secara rutin dan konsisten untuk mengaja kesehatan secara umum. Baca juga Daftar Nutrisi Ibu Hamil yang Diperlukan

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami | admin | 4.5