Bahaya Terlalu Sering Mengalami Stres Bagi Kesehatan

Bahaya Terlalu Sering Mengalami Stres Bagi Kesehatan – Setiap orang pasti pernah mengalami stres, bahkan mungkin bisa sering mengalaminya. Berbagai masalah sehari-hari terkadang membuat kita jenuh dan seringkali terbawa pada tingkat yang lebih tinggi dan lama-kelamaan berubah menjadi stres. Bagi sebagian orang yang mengalami stres, mungkin bisa dengan segera mencari solusinya karena ketersediaan fasilitas yang mendukung orang tersebut untuk melupakan masalah yang terjadi dan dengan sendirinya stres berangsur hilang. Akan tetapi bagaimana dengan orang yang serba terbatas,dan tidak mendapat faktor pendukung untuk mengatasi masalah yang sedang dia hadapi? akibatnya orang tersebut akan semakin larut pada masalahnya dan tentunya membuatnya semakin stres.

Bahaya Terlalu Sering Mengalami Stres Bagi Kesehatan

Bahaya Stres Bagi Kesehatan

Stres bisa sangat berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa sampai mengancam keselamatan jiwa. Saat stres otak akan melepaskan hormon adrenalin yang akan meningkatkan denyut jantung, serta hormon kortisol yang dengan cepat bisa menaikan kadar gula darah dalam tubuh. Disaat denyut jantung dan gula darah sama-sama mengalami peningkatan akibat stres, saat itulah kondisi ini dapat sangat membahayakan bagi penderitanya. Jika stres ini terjadi secara terus-menerus dan tidak teratasi dengan segera, maka bahaya akan stres akan semakin mengintai dan hal tersebut akan memberikan efek negatif pada kesehatan.

Beberapa dampak yang dapat dirasakan akibat adanya stres, adalah seperti berikut ini.

Efek jika sering mengalami stres bagi kesehatan.

  1. Penyakit Jantung.

Dampak negatif yang bisa didapatkan akibat hadirnya stres yang sering sekali terjadi pada seseorang maka bisa membuat orang itu cenderung terancam penyakit mematikan seperti jantung. Hormon adrenalin yang dilepaskan oleh tubuh saat stres dapat meningkatkan denyut jantung yang tentunya jika ini sering terjadi dapat merusak kesehatan organ jantung. Bisa dikatakan bahwa penyebab penyakit jantung yang utama karena adanya stres yang tidak bisa diatasi. Saat stres pikiran seseorang akan terganggu, selalu merasakan kecemasan, dan tidak menutup kemungkinan pola hidupnya menjadi berantakan dan inilah yang menyebabkan orang tersebut mengalami penyakit jantung.

  1. Mempengaruhi berat badan.

Jangan heran jika orang yang sering mengalami depresi, frustasi dan stres malah justru bisa gemuk. Kenaikan berat badan sangat bisa terjadi pada orang yang sedang dilanda stres, karena ketika stres orang tersebut bisa melampiaskan rasa gelisah yang dialami dengan banyak makan. Tetapi ada juga orang yang sedang merasakan bimbang karena stres dan kemudian kehilangan nafsu makannya. Hal ini akan membuat orang tersebut mengalami penurunan berat badan secara drastis dan akhirnya bisa sangat kurus karena kehilangan berat badan.

  1. Penyakit kanker.

Akibat stres yang dapat berdampak sangat buruk pada masalah kesehatan adalah terjadinya resiko penyakit kanker. Jika penderita mengalami stres yang berkepanjangan dan tak juga mendapat perhatian maka hal ini dapat menyebabkan penderita tersebut memiliki kesempatan terkena kanker cukup tinggi. Hal lain yang bisa dirasakan akibat pengaruh dari stres adalah mampu menghambat sistem kekebalan tubuh yang akhirnya mempermudah bakteri atau virus untuk masuk dalam tubuh dan merusak organ-organ penting didalam tubuh.

  1. Kerontokan pada rambut.

Masalah kerontokan rambut memang sering dialami oleh kebanyakan orang, apalagi ditambah jika seseorang tersebut sering merasa depresi dan akhirnya stres. Kita harus mengetahui bahwa saat stres sel darah putih didalam tubuh akan menyerang folikel rambut, otak akan mengalami peningkatan susu menjadi lebih panas, penderita akan merasa cemas, bimbang, dan gelisah. Hal ini akan membuat kondisi rambut mudah sekali patah, tidak bisa tumbuh dengan baik, kusam, kering dan mengalami kerontokan yang parah.

  1. Kerusakan pada sistem pencernaan.

Adanya stres kronis ataupun depresi mampu membuat seseorang  mengalami masalah pada sistem pencernaan mereka. Banyak sekali penderita stres yang mempunyai gangguan pada sistem pencernaan misalnya penyakit maag, infeksi saluran pencernaan sampai usus buntu.

Banyak sekali dampak buruk dari stres yang bisa mengganggu kesehatan seseorang. 5 Bahaya terlalu sering mengalami stres bagi kesehatan yang tadi kami uraikan diatas itu hanya beberapa dari banyaknya bahaya stres yang lainnya. Maka dari itu hendaklah atasi stres dengan mencari jalan keluarnya sebelum stres bertambah parah dan bisa mengancam keselamatan jiwa. Baca juga 10 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Bahaya Terlalu Sering Mengalami Stres Bagi Kesehatan | admin | 4.5