Cara Menanam Tanaman Hidroponik Khususnya Cabai di dalam Polybag

Wivrit.com – Siapa yang pernah makan cabai? Sudah dipastikan bahwa setiap orang pernah memakan cabai dan tak sedikit diantaranya pasti menyukai makanan yang serba pedas. Persoalan yang sering dihadapi oleh para konsumen yaitu harga cabai yang biasanya tinggi di pasaran mengakibatkan sulit untuk mendapatkan stok atau persediaan cabai. Maka dari itu, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menanam cabai hidroponik yang dapat dilakukan di halaman rumah, samping rumah, belakang rumah atau di dalam ruangan yang cukup terkena sinar matahari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menanam hidroponik khususnya tanaman cabai di dalam polybag yang bisa Anda tiru di rumah.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Cabai

Cara Menanam Cabai Hidroponik di Dalam Polybag

Untuk menanam cabai hidroponik, ada beberapa cara menanam hidroponik yang harus dilakukan agar hasilnya optimal, diantaranya yaitu:

  1. Pembenihan

Pilihlah buah cabai yang masak serta berbentuk sempurna, kemudian diiris buah cabai tersebut secara memanjang dan keluarkan bijinya untuk dijadikan benih. Lalu dikumpulkan dan dicuci bersih, direndam dalam air, apabila biji cabai mengapung dalam air maka biji tersebut tidak bagus untuk dijadikan benih.

  1. Persemaian

Setelah selesai proses seleksi biji, lakukan proses persemaian. Sebelum dilakukan persemaian, biji harus direndam kembali untuk memicu pertumbuhan kecambah. Untuk wadah semai bisa digunakan plastik bekas yang masih bagus. Cara menanam hidroponik cabai dapat dilakukan dengan menggunakan coco peat dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1. Kemudian taburkan biji yang telah direndam ke dalam wadah semai tersebut dengan merata dan tutuplah dengan plastik tipis agar terhindar dari berbagai gangguan. Letakanlah wadah tersebut di tempat yang tak terkena sinar matahari dan lembab.

  1. Pemindahan Bibit ke Polybag

Setelah biji cabai disemai selama 1 minggu, siap dipaparkan dengan sinar matahari kerena pada umumnya sudah berkecambah. Tujuan langsung dipaparkan dengan sinar matahari adalah untuk menguatkan pertumbuhan bibit tersebut. Agar tanaman cabai bisa berbuah secara cepat, dianjurkan untuk¬† memotong ujung cabang daun apabila daun sejati telah tumbuh. Gunakan polybag ukuran 40×40 cm dan isi polybag tersebut dengan sekam bakar dan coco peat perbandingan 1:1. Dalam pemindahan bibit, pilihlah bibit terbaik yang mempunyai daun sejati berjumlah 4 sampai 5 helai dan bentuknya bagus. Lalu pindahkan bibit ke dalam polybag secara hati-hati.

  1. Siram Dengan Air Secukupnya

Setelah cabai dipindahkan ke dalam polybag berjumlah satu bibit, langkah selanjutnya yaitu siram bibit tersebut dengan air secukupnya untuk memulai proses pertumbuhan bibit yang semakin hari semakin bagus. Apabila Anda menyiram bibit secara berlebihan maka pertumbuhan akan jelek dan bibit bisa membusuk, sedangkan apabila kekurangan air, maka bibit tidak akan tumbuh dengan sempurna. Cara budidaya cabai dengan cara menanam hidroponik ini membutuhkan perawatan yang benar-benar tepat, seperti penyiraman secara rutin dan teratur dalam menjaga pertumbuhan dan kesegaran tanaman. Selain itu, harus diperhatikan pula dalam menjaga tanaman dari gangguan-gangguan hama dan penyakit yang dapat menyebabkan buruknya pertumbuhan tanaman.

Sebenarnya, selain tanaman cabai, banyak juga tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Namun, pada umumnya bertanam cabai adalah hal paling sederhana dan mudah dibandingkan dengan tanaman yang lain. Selain itu, karena permintaan konsumen terhadap cabai selalu tinggi, hal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menyukai cabai untuk menyediakan stok di rumah tanpa harus pergi ke pasar maupun supermarket. Dengan cara menanam hidroponik, Anda bisa mendapatkan tanaman cabai dengan kualitas bagus di sekitar rumah.

Cara Menanam Tanaman Hidroponik Khususnya Cabai di dalam Polybag | admin | 4.5