Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Bermanfaat

Wivrit.com – Botol bekas merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan kerajinan tangan. Benda yang kerap kita temui di rumah ini termasuk ke dalam limbah plastik yang sulit terurai, selain itu banyak sekali produk minuman yang menggunakan botol plastik sebagai wadah. Jadi tidak heran jika ada begitu banyak botol bekas di tempat pembuangan sampah. Agar botol-botol tersebut tidak lagi mengotori lingkungan, maka kita harus menjadikan botol-botol ini sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya yakni dengan menjadikan botol-botol bekas tersebut menjadi berbagai kerajinan tangan yang bermanfaat. Ada banyak kerajinan tangan dari botol bekas, selain itu kerajinan ini juga memiliki harga yang tinggi.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Berbagai Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Bisa Dibuat

Banyak sekali ide yang dapat Anda ciptakan dari kreasi kerajinan tangan dari botol bekas ini. Yang paling menarik adalah membuat kotak pensil dari botol plastik bekas minuman. Masih banyak sekali kreasi dari botol bekas yang mungkin menginspirasi Anda.

  1. Pot Tanaman Dari Botol Bekas

Jangan buang botol plastik minuman Anda ! ikuti cara berikut untuk membuat barang-barang yang berguna dari botol bekas.

Bahan :

  • Botol minuman dari plastik dengan ukuran besar
  • Pemotong (cutter,gunting,atau pisau)
  • Lem
  • CD
  • Cat dengan warna yang Anda inginkan

Cara membuat :

  1. Potong bagian tengah botol minuman yang besar. Kemudian ambil kepala botol untuk dibuat pot tanaman. Lepaskan tutup dari botol.
  2. Kemudian tempelkan CD (compact disk) pada mulut botol. Tempelkan dengan lem.
  3. Cat botol dengan pilihan warna sesuai selera.
  4. Isi botol dengan tanah serta tanaman.

Jangan buang sisa potongan botol, karena masih bisa kita manfaatkan untuk dibuat menjadi pot kecil. Anda dapat hias langsung sesuai keinginan.

  1. Boneka dari Botol Plastik

Botol bekas yang berbahan elastis misalnya seperti botol bekas oli kendaraan, botol bekas pewangi pakaian, botol bekas pembersih lantai, dan lainnya dapat Anda jadikan karya seni. Anda bisa mengubah botol tersebut menjadi kerajinan tangan dari botol bekas berupa boneka yang menarik dan lucu dengan model karakter kartun atau karakter hewan lucu.

  1. Lukisan Cantik Dari Botol Plastik

Anda bisa sediakan kertas atau kain untuk melukis, cat warna, dan bagian bawah dari botol plastik. Mulailah menggambar batang pohon sakura, lalu celupkan bagian bawah botol plastik pada cat warna. Tempelkan bagian botol yang sudah terkena cat ke atas kertas atau kain. Jadilah lukisan bunga sakura yang cantik.

  1. Tempat Aksesoris Dari Botol Bekas

Kerajinan tangan dari botol bekas memang tidak pernah ada habisnya. Anda dapat mengkreasikan botol bekas menjadi sesuatu yang memiliki banyak manfaat dan tentu saja unik. Salah satu karya yang cukup menarik adalah tempat aksesoris. Dengan kreativitas dan ketekunan, Anda bisa membuat kreasi dari botol bekas. Contohnya yaitu kerajinan yang memanfaatkan bagian bawah botol bekas untuk digunakan sebagai wadah aksesoris yang berkelas, unik, lucu dan elegan.

Itulah beberapa kreasi kerajinan tangan dengan menggunakan botol bekas yang bisa Anda coba di rumah. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam memanfaatkan limbah botol bekas di rumah Anda. Selain dapat menambah penghasilan, kerajinan tangan dari botol bekas ini juga membantu kelestarian lingkungan hidup karena sampah botol merupakan salah satu yang sulit diurai dan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa mengurai.

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas yang Bermanfaat | admin | 4.5