Penyebab Pemanasan Global yang Harus Anda Ketahui

Wivrit.com –¬†Apakah Anda merasa bila sekarang kita hidup di jaman dimana sedang terjadi pemanasan global? Berbicara tentang pemanasan global sebenarnya apa arti dari pemanasan global? Istilah yang biasa disebut dengan global warming ini merupakan suatu fenomena dimana meningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi. Bila pemanasan global merupakan suatu akibat berarti pasti ada penyebab pemanasan global. Mungkin sebagian menganggap bahwa global warming disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna kendaraan tetapi sebenarnya ada penyebab lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Maka dari itu, artikel ini akan membahas lebih banyak lagi dari penyebab timbulnya pemanasan global yang cukup membuat masyarakat resah.

Penyebab Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global

5 Penyebab Timbulnya Pemanasan Global

  1. Polusi Kendaraan

Bisa Anda cermati, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Jumlah kendaraan pribadi semakin hari semakin banyak tidak akan mengalami pengurangan. Kendaraan baik motor maupun mobil tentu menggunakan bahan bakar mesin. Tanpa adanya bahan bakar, kendaraan tidak akan bisa berjalan. Bahan bakar mesin inilah yang menjadi penyebab pemanasan global. Polusi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran kendaraan akan mencemari udara dan menyebabkan global warning. Tidak hanya itu saja, polusi yang berasal dari kendaraan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan bagi siapa saja yang menghirupnya. Maka sekarang banyak yang menjual masker tujuannya adalah untuk menghindari terhirupnya polusi dari kendaraan.

  1. Belum Maksimalnya Ruang Terbuka Hijau

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan pasti sudah susah menemukan sebuah ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau yang dimaksud adalah sebuah taman yang diletakkan di tengah-tengah perkotaan. Terciptanya ruang terbuka hijau sebenarnya tergantung dari upaya pemerintah untuk merealisasikannya. Dalam kenyataannya, masih banyak beberapa kota besar yang masih minim ruang terbuka hijaunya hal ini juga yang menjadi penyebab pemanasan global. Cobalah kita menengok ke kota Bandung dan Surabaya. Kedua kota besar tersebut sudah berusaha memaksimalkan ruang terbuka hijau di kotanya.

  1. Penebangan dan Pembakaran Hutan Liar

Masih teringat dengan kasus kabut asap yang terjadi di Riau? kejadian tersebut disebabkan karena pembakaran hutan secara liar. Pembakaran maupun pembalakan hutan secara liar menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Luas hutan pun semakin menurun karena banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab menebangi pohon di hutan secara liar. Padahal kita ketahui bahwa hutan memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia yaitu sebagai paru-paru dunia. Dampak dari penebangan dan pembakaran hutan secara liar adalah cuaca menjadi tidak menentu dan udara menjadi tercemar.

  1. Rumah Kaca

Rumah dengan desain modern mengusung konsep rumah kaca. Hal inilah yang membuat terjadinya pemanasan global karena cahaya matahari yang terkena rumah kaca akan memantul kembali dan membuat lapisan ozon semakin menipis.

  1. Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Banyak rumah tangga yang berlebihan menggunakan listrik. Penggunaan listrik yang berlebihan inilah penyebab pemanasan global. Tidak heran bila kini banyak gerakan yang mengharuskan menghemat penggunaan listrik.

Pemanasan global kini masih menjadi isu hangat yang diperbincangkan di seluruh dunia. Berbagai cara berusaha dilakukan untuk mengurangi pemanasan global yang semakin hari semakin buruk. Semua manusia di belahan bumi sudah merasakan dampak dari pemanasan global. Untuk menanggulangi penyebab pemanasan global kita tidak boleh sepenuhnya mengandalkan pemerintah, setidaknya mulailah dari diri sendiri dan keluarga dengan melakukan tindakan-tindakan kecil seperti menghemat listrik. Hal kecil inilah yang mungkin bisa membawa perubahan besar bagi kelestarian bumi.

Penyebab Pemanasan Global yang Harus Anda Ketahui | admin | 4.5