Kerajinan Tangan dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya

Wivrit.com – Sebagian orang pasti pernah membuat kerajinan tangan sebelumnya, entah itu tugas sekolah, hobi kalian, atau mungkin pekerjaan kantor. Namun, pernahkah Anda mendengar Kerajinan tangan dari kain flanel? Dari namanya saja tentu Anda sudah mengetahui bahan baku dari kerajinan tersebut. Kain flanel ini adalah kain yang dibuat dari serat Wol yang tidak ditenun. Kain flannel ini memiliki banyak tekstur dan jenis. Kain tersebut mudah sekali ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki kelebihan mudah dibentuk. Tidak seperti kain lainnya, kain flanel tidak perlu dilipat pada saat proses penjahitan.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

Kain flannel ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan karena sangat mudah untuk dijahit dan dibentuk. Banyak wanita yang biasanya membuat kerajinan tangan menggunakan flanel ini untuk mengisi waktu luang mereka. Kerajinan tangan dari kain flanel ini bisa juga dijual kepada orang orang yang suka menambahkan aksesoris pada barang-barang mereka. Pada umumnya, para wanita menggunakan hasil kerajinan tangan dari kain flanel tersebut sebagai gantungan kunci, gantungan tas, maupun aksesoris Hp.

Kerajinan tangan dari kain flanel ini dapat dibentuk sesuai dengan yang kalian inginkan. Anda dapat membuat bentuk huruf, angka, hewan, dan lain lain. Bentuk bentuk yang dapat kalian buat hanya terbatas oleh imajinasi yang Anda miliki, dan juga terbatas oleh kemampuan Anda dalam menggambar bentuk dan menjahit. Jika Anda tidak bisa menjahit atau menggambar, Anda dapat belajar melalui orang orang terdekat Anda yang bisa menjahit maupun menggambar.

Bagaimana Cara membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel?

Jika Anda ingin membuat kerajinan tangan menggunakan Kain flanel, maka Anda harus memiliki utamanya, yaitu kain flanel, dracon, dan juga gantungan kunci. Anda dapat mengganti gantungan kunci tadi dengan yang lain, seperti magnet, peniti bros, maupun karet. Alat-alat yang kalian butuhkan untuk membuat kerajinan tangan tersebut adalah Lem tembak/Lem serbaguna, gunting, jarum dan benang, dan juga kertas. Untuk keamanan, mohon mintalah bimbingan kepada orang tua atau guru pendamping agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan ada beberapa alat yang sangat berbahaya untuk anak-anak.

Jika Anda sudah memiliki Alat dan bahan terebut, Anda siap untuk membuat Kerajinan tangan dari kain flanel. Pertama, gunakan kertas untuk membuat gambar bentuk yang kalian inginkan. Gunting kertas yang telah Anda gambar tadi dan buat kembali pola yang telah digambar tadi ke kain flanel, masing-masing 2 lembar. Pasang gantungan kunci ke kain flanel dengan menyambungkan pita/tali beludru untuk pengaitnya jadi yang dijahit adalah bagian tali beludru/pita. Jika Anda menggunakan magnet, maka tempelkan magnet pada flanel menggunakan lem tembak/lem serbaguna. Kemudian, gabungkan gabungkan ke-2 kain flanel tersebut dengan cara dijahit tusuk dengan feston dan di sisakan lubang kecil. Pada lubang kecil tersebut, masukan dracon sedikit demi sedikit. Kemudian, jahit kembali hingga tertutup rapat.

Sangatlah mudah bukan? Anda dapat menjual hasil karya kalian kepada teman-teman Anda atau secara online. Anda juga dapat menggunakan sendiri hasil karya Anda atau memberikan hasil karya kepada teman-teman yang sedang berulang tahun atau sebagai tanda persahabatan. Kerajinan tangan dari kain flanel ini sangatlah mudah dibuat, dan Anda juga dapat mengajarkannya kepada saudara atau teman yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan mereka sendiri.

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel dan Cara Membuatnya | admin | 4.5