Jenis-Jenis Gangguan Phobia yang Berakibat Fatal

Wivrit.com – Ada banyak sekali jenis gangguan phobia, mulai dari phobia ringan hingga fatal yang berpotensi merusak kehidupannya. Phobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap suatu kejadian, benda, ataupun situasi. Pada artikel ini akan dibahas jenis-jenis phobia yang berakibat fatal, dan berpotensi merusak kualitas hidup bagi si penderita. Phobia-phobia tersebut memang terdengar aneh, tetapi perlu diketahui bahwa diluar sana memang ada yang mengalami phobia tersebut.

Jenis-Jenis Gangguan Phobia

Jenis-Jenis Gangguan Phobia

Macam-Macam Phobia yang Berakibat Fatal

  1. Cibophobia

Cibophobia adalah rasa takut terhadap makanan. Phobia ini termasuk phobia yang sangat fatal. Cibophobia sering disalahartikan dengan anorexia yang disebut dengan gangguan kebiasaan makan. Padahal keduanya sangat berbeda. Perbedaannya adalah pada anorexia si penderita mempunyai rasa takut dan kecemasan terhadap akibat dari makanan yang dimakan olehnya. Sedangkan pada cibophobia yaitu rasa takut terhadap makanan itu sendiri.  Cibophobia termasuk jenis-jenis phobia yang berakibat fatal karena si penderita bisa tidak makan karena takut terhadap makanan itu sendiri. Penyebab cibophobia belum bisa diketahui secara pasti, tetapi para ilmuwan memperkirakan karena adanya trauma di masa lalu sehingga menyebabkan cibophobia.

  1. Pantophobia

Pantophobia adalah rasa takut terhadap segala hal. Dari maknanya saja sudah bisa dibayangkan bagaimana fatalnya bagi penderita phobia ini. Ada yang menyebutkan bahwa pantophobia merupakan rasa takut yang semu terhadap sesuatu yang tidak diketahui yang terjadi secara terus-menerus. Penderita pantophobia ini dalam keadaan ekstrim bisa menjadi gila.

  1. Epistemophobia atau Gnosiophobia

Jenis-jenis phobia yang berakibat fatal selanjutnya adalah epistemophobia atau gnosiophobia yang merupakan rasa takut terhadap belajar dan ilmu pengetahuan. Penderita phobia ini akan mengalami hal yang fatal dan tak bisa mempelajari hal-hal baru dalam hidupnya. Namun, apabila penderita memaksakan diri dan melawan phobia tersebut maka rasa takut itu akan bisa diatasi.

  1. Somniphobia

Somniphobia atau yang sering disebut dengan nama hypnophobia merupakan rasa takut untuk tidur. Phobia ini termasuk jenis phobia berakibat fatal karena si penderita bisa mengalami kelelahan fisik dan juga mental. Orang yang menderita jenis phobia ini akan mengalami kepanikan ketika akan tidur, ia berpikir bahwa jika ia tidur tidak akan bisa bangun lagi atau mati.

  1. Ambulophobia

Ambulophobia adalah rasa takut untuk berjalan atau berdiri. Hal ini tentu saja termasuk jenis-jenis phobia yang berakibat fatal, bayangkan saja ia hidup tidak normal, untuk berdiri saja takut apalagi berjalan. Walau bisa menggunakan kursi roda, tetapi tetap saja tidak efisien sama sekali. Gejala dari ambulophobia sangat bermacam-macam, biasanya berkeringat, rentang nafas pendek, pusing, rasa mual,gemetar, hingga panik. Penyebab ambulophobia biasanya karena pengalaman luka ataupun cidera pada kaki, radang sendi, ataupun masalah medis lainnya.

  1. Phobophobia

Phobophobia diartikan rasa takut terhadap rasa takut itu sendiri, lebih spesifik yaitu sensasi rasa takut dalam diri penderita mengenai sesuatu yang membuatnya gelisah dan takut. Sumber masalah phobophobia berasal dari dalam si penderita itu sendiri, ia seringkali terlihat bersifat semu dan tidak beralasan. Penderita phobia ini akan merasa takut jika dirinya menderita phobia. Penderita ini seringkali tidak sadar bahwa ia menderita phobia. Apabila phobhophobia ini tidak ditangani sama sekali, akan berdampak negatif bagi si penderita karena rasa takut ini akan terus berkembang sehingga menjadi phobia permanen, maka dari itu phobhophobia merupakan jenis-jenis phobia yang berakibat fatal dan sulit untuk disembuhkan jika penanganannya tidak dari awal timbulnya phobhophobia tersebut.

Jenis-Jenis Gangguan Phobia yang Berakibat Fatal | admin | 4.5