Dampak Pemanasan Global atau Global Warming

Wivrit.com –¬†Pemanasan global atau yang biasa dikenal dengan istilah global warming memang bukanlah isu yang asing lagi bagi manusia. Isu ini sudah dikenal beberapa dekade terakhir. Pemanasan global bisa dibilang bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele. Hal ini dikarenakan dampak pemanasan global sangatlah merugikan tidak hanya untuk manusia melainkan juga berdampak pada kehidupan hewan serta tumbuhan. Memang apa saja dampak yang ditimbulkan oleh masalah yang mengancam kehidupan dunia ini? Berikut akan dijelaskan berbagai masalah yang bisa timbul karena pemanasan global atau global warming.

Dampak Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global

 5 Dampak Pemanasan Global

  1. Perubahan Iklim dan Cuaca

Global warming telah menyebabkan suhu bumi meningkat selama satu abad terakhir ini. Perubahan suhu ini sangatlah bisa dirasakan dampaknya pada perubahan iklim serta cuaca bumi terutama pada bagian kutub utara. Akibatnya yang paling mencolok yaitu gunung-gunung es yang ada di kutub akan sangat mudah mencair sehingga akan sangat sulit untuk menemukan es-es yang terapung di laut. Dampak pemanasan global pada masalah iklim ini juga bisa menyebabkan peningkatan curah hujan dan badai yang akan sering terjadi. Tidak hanya itu saja pola cuaca juga akan sulit untuk diprediksi serta bertambah ekstrim.

  1. Pengaruh pada Kesehatan Manusia

Dampak pemanasan global pada bagian ini bisa dilihat dari penyebaran penyakit yang semakin meluas. Misalnya yaitu penyakit Malaria serta DBD yang telah menyebar ke wilayah subtropis akibat dari perubahan suhu yang menyebabkan patogen bisa dengan mudah berkembang biak di wilayah ini. Selain itu, masalah lain yang dalam kesehatan manusia yaitu adanya peningkatan orang meninggal yang disebabkan oleh cuaca panas. Contohnya yaitu seperti penyakit stroke, dehidrasi, jantung, stress serta ginjal.

  1. Pengaruh pada Hewan dan Tumbuhan

Tidak hanya kehidupan manusia saja yang terancam akibat dari dampak pemanasan global. Namun, tumbuhan serta hewan yang tidak bisa bertahan serta tidak bisa beradaptasi akibat global warming akan dengan mudah menjadi punah. Contoh dari gejala-gejala kepunahan ini yaitu seperti penurunan jumlah populasi penguin sampai 30 % selama 25 tahun terakhir di wilayah antartika. Selain itu, lahan untuk hutan mangrove juga mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh gelombang serta banjir yang sering melanda.

  1. Kenaikan dari Permukaan Laut

Dampak dari global warming selanjutnya yaitu dapat dilihat dari munculnya masalah permukaan laut yang semakin hari semakin naik saja. Akibatnya banyak pulau-pulau yang akan tenggelam. Di Indonesia sendiri, akan ada sekitar 405.000 hektar dari daratan Indonesia yang akan tenggelam jika air laut naik sampai 100 cm. Selain itu, akan terjadi banjir akibat dari air pasang laut yang mencapai daratan.

  1. Penurunan Hasil Pertanian

Banyak sekali negara berkembang termasuk Indonesia yang menggantungkan hasil produk pertaniannya hanya pada iklim dan musim. Akibatnya jika terjadi perubahan iklim akan sangat dirasakan pada hasil pertanian yang semakin menurun tiap tahunnya. Dampaknya yang bisa dilihat yaitu seperti adanya kekeringan yang mengakibatkan tanaman dari pertanian menjadi rusak. Selain itu, banjir yang sering melanda lahan pertanian juga menjadi penyebab dari gagalnya produk pertanian. Selanjutnya yaitu serangan hama serta penyakit yang semakin meningkat terhadap hutan serta tanaman pangan.

Itulah beberapa dari masalah yang ditimbulkan akibat dampak pemanasan global. Jika global warming ini tidak ditangani dengan serius maka dampaknya akan sangat merugikan berbagai pihak.

Dampak Pemanasan Global atau Global Warming | admin | 4.5