Ciri-Ciri Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Wivrit.com – Kecerdasan emosional tiap individu memang berbeda-beda. Kecerdasan emosional inilah yang menjadi tumpuan seseorang untuk bisa hidup sukses dan bahagia entah itu di lingkungan keluarga, masyarakat maupun tempat kerja. Individu yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan bisa dengan mudah membaca situasi keadaan, lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik. Untuk itu, pada artikel ini akan membahas tentang ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Mungkin saja dari poin-poin yang dijelaskan nanti ada beberapa ciri yang ada di diri Anda. Beruntunglah bagi Anda yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, pasalnya orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi lebih berpeluang besar sukses dalam kehidupannya.

Ciri-Ciri Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Ciri-Ciri Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

5 Tanda Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

  1. Melupakan Kegagalan di Masa Lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu entah itu berisi kenangan pahit ataupun manis. Masa lalu boleh saja diingat hanya untuk sebagai pengalaman dan cambuk untuk bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. Ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi salah satunya adalah mampu melupakan kegagalan di masa lalu. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi tidak akan terus larut meratapi kegagalan di masa lalu. Mereka lebih fokus menata masa depan sehingga tidak ada waktu memikirkan masa lalu.

  1. Bisa Membaca Situasi

Ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi lainnya adalah bisa membaca situasi. Maksudnya adalah Anda tahu situasi apa yang sedang terjadi saat itu dan apa yang harus dilakukan. Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu mengendalikan emosinya sehingga segala tindakannya harus melalui pertimbangan yang cukup matang agar tidak melakukan kesalahan.

  1. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Bagi yang merasa dirinya tidak pernah bisa berhenti untuk belajar maka bisa dipastikan Anda termasuk dalam ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Bagi mereka apa yang dipelajari saat ini belum sepenuhnya diketahui sehingga selalu muncul rasa ingin tahu dan berusaha untuk terus belajar. Belajar tidak terpaku selama 12 tahun dan 4 tahun untuk kuliah tetapi belajar harus dilakukan seumur hidup.

  1. Memiliki Pendirian

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi tentunya memiliki pendirian yang kuat. Tidak ada satupun yang bisa merobohkan pendiriannya. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa orang-orang yang memiliki EQ tinggi keras kepala karena mereka memiliki prinsip yang teguh. Ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi inilah yang bisa membuat Anda mantap dalam memutuskan dan melakukan suatu hal.

  1. Mengetahui Kelemahan dan Kelebihan Dirinya

Orang yang kecerdasan emosionalnya tinggi tentu akan tahu dimana letak kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya. Jika sudah mengetahuinya, akan sangat mudah untuk melakukan suatu tindakan dengan cara menutupi kelemahan dengan kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan yang ada pada diri bisa menjadi potensi Anda untuk terus mengasah kemampuan.

Diantara 5 ciri tersebut apakah ada sesuai dengan diri Anda? jika iya maka pertahankanlah siapa tahu kecerdasan EQ tersebut bisa membawa Anda menuju gerbang kesuksesan. Bila banyak orang yang lebih percaya Anda untuk menerima curhatannya janganlah bosan. Siapa tahu termasuk dalam ciri-ciri bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Dari situ sudah terlihat bahwa Anda mampu memahami kondisi emosi seseorang yang Anda terima curhatannya dan Anda tentunya dipercaya menyimpan rahasia miliknya dan memberikan solusi terbaik.

Ciri-Ciri Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi | admin | 4.5