Cara Belajar Efektif, Berkualitas dan Efisien

Wivrit.com – Apakah sudah belajar hari ini? Jika sudah belajar, apakah belajar sudah efektif, berkualitas dan efisien? Belajar merupakan hal yang sangat penting terutama bagi setiap siswa. Kata belajar akan sangat melekat dengan yang namanya siswa atau pelajar. Seperti halnya pelajar sama dengan belajar. Pelajar yang baik tentu saja harus belajar dengan baik pula. Pelajar yang baik dan rajin biasanya selalu belajar dengan efektif dan efisien, namun tidak semua para pelajar senang melakukan kegiatan ini. Maka dari itu, artikel ini akan dibahas mengenai cara belajar efektif yang bisa dipraktikan supaya belajar mereka akan berkualitas dan efisien.

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

Seperti Apa dan Bagaimanakah Cara Belajar Yang Efektif?

  1. Berdoa

Salah satu trik jitu cara belajar efektif pertama adalah berdoa sebelum dan sesudah belajar. Berdoa merupakan senjata bagi setiap orang yang beragama. Doa dapat menguatkan jiwa serta memberi keberkahan serta kelancaran dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk berdoa, baik sebelum atau sesudahnya belajar.

  1. Tentukanlah Tujuan Anda Belajar

Dalam belajar, tentu saja Anda mempunyai tujuan bukan? Tentukanlah tujuan Anda belajar sebelum memulainya. Belajar untuk apa, menguasai apa, dan untuk mencapai apa? Dengan menentukan tujuan, Anda akan belajar dengan serius, lurus, tanpa adanya rasa malas atau halangan apapun dalam belajar.

  1. Tentukan Target yang Ingin Dicapai dari Hasil Belajar

Biasanya memang cukup banyak target yang hendak dicapai dari hasil belajar. Misalnya nilai ujian tinggi, nilai raport yang bagus dan memuaskan ataupun lulus dengan prestasi gemilang. Menentukan target hidup akan membuat mudah semangat dan merupakan motivasi bagi seseorang. Jika perlu, tuliskan target yang hendak dicapai dan tempelkan di dinding kamar ataupun di tempat lainnya yang mudah terlihat oleh Anda sendiri, sehingga jika membacanya, Anda akan merasa termotivasi dan lebih bersemangat dalam belajar.

  1. Buat Jadwal Belajar

Cara belajar efektif yang wajib dilakukan yaitu membuat jadwal belajar dan taatilah jadwal tersebut. Buatlah jadwal yang memuat kapan harus belajar, berapa jam belajar dalam sehari, dan tentukan pula jadwal untuk beristirahat. Jadwal belajar tersebut akan menjadi pedoman harian untuk Anda agar belajarnya tetap kontinyu sehingga belajar yang dilakukan berkualitas dan efisien.. Belajar yang baik harus tetap kontinyu dan terjadwal jangan menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam). Karena jika SKS otak tidak akan mampu menyerap semua materi yang dipelajari hanya dalam waktu semalam. Pasti saja ada materi yang lupa dan tidak diingat.

  1. Tandai Hal Penting dalam Materi yang Dipelajari

Cara belajar efisien yang ini tak kalah pentingnya dari cara belajar yang lain. Dengan menandai atau menuliskan materi penting yang telah dipelajari akan memudahkan untuk mengingat materi tersebut dan memudahkan Anda untuk membaca ulang materi penting tersebut karena sudah diberi tanda dimana letak atau terdapat di halaman berapa materi tersebut dimuat. Selain itu, jika perlu buatlah ringkasan atau rangkuman dari materi yang Anda pelajari bahkan jika perlu juga buatlah beberapa tanda yang terbuat dari hiasan-hiasan gambar atau hiasan tertentu yang bisa memudahkan Anda untuk mengingat materi

  1. Kenali Tipe Belajar Anda

Cara belajar efektif terakhir yaitu kenali tipe belajar Anda, apakah suka belajar dengan mendengarkan musik, tanpa mendengarkan musik, ataupun suka dengan membaca dan melihat gambar serta simbol yang tercantum di buku materi? Jika Anda merupakan seseorang yang mampu belajar dengan hanya membaca, memperhatikan gambar dan penjelasan dari buku sumber, maka Anda perlu menggunakan ilustrasi gambar serta variasi warna yang selaras.

Cara Belajar Efektif, Berkualitas dan Efisien | admin | 4.5