Waspada Penyakit Jantung Koroner Menyerang Wanita

Wivrit.com –¬†Banyak orang yang berpendapat bahwa wanita kebal dari penyakit jantung. Siapa bilang? Wanita tidaklah kebal dari penyakit jantung. Terbukti dari 4 penyebab kematian wanita, 1 diantaranya dikarenakan penyakit jantung yang diderita wanita.

Penyakit Jantung Koroner Menyerang Wanita

Penyakit Jantung Koroner Menyerang Wanita

Resiko penyakit jantung wanita jika dibandingkan pria memang sangat kecil, perbandingannya adalah 4 : 1, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa wanita juga memiliki resiko terserang penyakit jantung. Bahkan angka kematian wanita akibat penyakit jantung berbanding tipis dengan angka kematian wanita karena kanker serviks.

Oleh karenanya sebagai wanita, kita harus selalu teratur dalam pola hidup yang dijalankan supaya tidak rentan terserang penyakit jantung. Penyakit jantung yang menyerang wanita lebih besar potensi kematiannya daripada penyakit jantung yang menyerang pria. Hal ini dikarenakan sulitnya wanita teridentifikasi penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung pada wanita diketahui pada umur yang lebih tua dari pria. Hal ini dapat disebabkan karena terjadinya penurunan hormon estrogen dan progesteron, penyumbatan pembuluh darah kecil atau mikrovaskular, kurangnya pengetahuan wanita akan bahaya penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Gejala Penyakit Jantung dan Faktor Risiko Utama Penyakit Jantung Wanita

Gejala Penyakit Jantung Wanita

Mengenai gejala penyakit jantung wanita, berbeda dengan gejala penyakit jantung yang dialami oleh pria. Gejala penyakit jantung pada wanita biasanya meliputi nyeri ulu hati, nyeri pada leher dan punggung, gangguan irama jantung, mudah lelah dan capek dalam beraktivitas, sesak napas, serta sulit bergerak.

Beberapa gejala ini seringkali tidak dapat teridentifikasi di awal dan tidak disadari wanita sehingga kebanyakan wanita yang menderita penyakit jantung terlambat dalam mencari pertolongan. Dan akhirnya berujung pada kematian. Karena itu bagi para wanita, waspadai gejala ini.

Faktor Risiko Utama Penyakit Jantung

  • Perempuan yang mengalami masalah penyakit diabetes melitus memiliki kecenderungan mengidap penyakit jantung 2 kali lebih besar. Komplikasinya bahkan lebih berat jika dibandingkan dengan pria.
  • Perempuan yang merokok juga memiliki risiko terserang penyakit jantung.
  • Perempuan yang mengalami obesitas.
  • Perempuan yang riwayat keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes melitus.
  • Perempuan menopause.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Waspada Penyakit Jantung Koroner Menyerang Wanita. Semoga informasi kali ini dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Waspada Penyakit Jantung Koroner Menyerang Wanita | admin | 4.5