Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik

Wivrit.com – Antibiotik sejatinya berasal dari bahasa Yunani dan berasal dari dua kata yakni anti dan bios. Anti dalam bahasa Yunani berarti melawan sementara bios dalam bahasa Yunani berarti hidup. Jadi antibiotik merupakan suatu zat yang digunakan untuk melawan bakteri atau jamur hidup yang menyebabkan infeksi dan penyakit dalam tubuh manusia.

Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik

Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik

Antibiotik sendiri di Indonesia lebih identik dengan obat. Obat antibiotik ini ada banyak jenisnya. Obat antibiotik yang diracik dengan bahan dan cara yang berbeda – beda ini juga memiliki manfaat serta efek samping yang berbeda – beda pula. Dan kini obat antibiotik sangatlah banyak ragamnya. Lantas, apa saja manfaat dan efek samping dari aneka ragam obat antibiotik yang beredar di sekeliling kita?

Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik

Dari 100 zat antibiotik yang berhasil diproduksi, sangat sedikit yang terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping. Dalam mengklasifikasikan obat antibiotik ada beberapa cara yang dilakukan. Salah satunya adalah mengklasifikasikan antibiotik berdasarkan efek pada bakteri. Dan ada pula yang diklasifikasikan berdasar unsur kimia yang membentuknya. Dan kali ini akan kita klasifikasikan manfaat serta efek samping obat antibiotik berdasarkan unsur kimia yang membentuknya. Yuk kita simak uraiannya!.

Penisilin

Obat ini merupakan antiseptik yang merusak dinding sel bakteri ketika bakteri sedang berada pada proses reproduksi.  Antibiotik ini biasanya dijadikan obat mengatasi penyakit gigi, mata, kulit, telinga, saluran pernapasan dan masih banyak lagi. Efek samping penggunaan penisilin bagi yang tidak cocok adalah ruam, dan bisa juga demam.

Sefalosporin

Cara kerja sefalosporin sama halnya dengan penisilin yang merusak dinding bakteri ketika bereproduksi. Namun obat ini dapat mengobati aneka ragam infeksi yang tidak dapat diobati dengan penisilin. Seperti meningitis atau gonorhea juga dapat diobati dengan sefalosporin. Bagi mereka yang alergi sefalosporin dapat mengalami efek samping berupa diare, kejang perut dan ruam.

Makrolida

Makrolida merupakan antibiotik yang mengganggu pembentukan protein bakteri. Makrolida memiliki spektrum yang lebih luas jika dibandingkan dengan penisilin. Makrolida dapat digunakan mengobati infeksi saluran pernapasan, saluran lambung dan lainnya. Efek samping penggunaan makrolida diantaranya mual, diare dan gangguan pencernaan.

Sebenarnya selain beberapa antibiotik diatas, masih banyak antibiotik lainnya. Semoga informasi kali ini yang kami berikan tentang Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik bermanfaat.

Manfaat dan Efek Samping Obat Antibiotik | admin | 4.5