Apa Itu Fisiognomi ?

Pengertian Fisiognami – Anda pernah mendengar istilah ilmu fisiognomi? Jika anda belum mengetahui apa itu fisiognomi maka di kesempatan kali ini kami akan menjelaskannnya.

Fisiognomi adalah ilmu yang mempelajari untuk mengetahui bagaimana karakter atau kepribadian seseorang dari wajahnya. Jadi, kita dapat melihat apakah lawan bicara kita berbohong atau tidak nyaman saat berhadapan dengan kita. Walaupun banyak orang yang mampu berusaha menampilkan wajah sebaik mungkin namun dengan ilmu ini semuanya dapat dianalisis melalui berbagai macam aspek.

Apa Itu Fisiognomi

Seni ini telah ada dan berkembang sejak zaman dahulu yaitu pada zaman Tiongkok, Yunani Kuno dan Romawi Kuno. Contoh sederhana dari ilmu ini misalnya kita dapat melihat wajah seseorang untuk mengetahui dari mana dirinya berasal.

Agar biar lebih faham kami akan memberikan bagaimana sejarah fisiognomi.

Apa Itu Fisiognomi Dan Bagaimana Sejarahnya?

Mungkin untuk sebagian orang yang belum belajar atau mengetahui apa itu fisiognomi akan kesulitan dalam memahami ilmu ini secara cepat. Dibutuhkan keahlian dan ketajaman analisis agar hasil ramalan akurat. Sistem analisis ini disusun dengan baik oleh Ariestoteles, dirinya sengaja mempelajari dan menganalisis bagaimana karakter manusia.

Ilmu ini berkembang pada abad klasik (Yunani) kemudian di abad pertengahan banyak juga ilmu-ilmu yang mengembangkan ilmu ini. salah satu bukti dari perkembangan ilmu ini ditemukan pada karya klasik yaitu Homer dan Hipokrates. Hal ini membuktikan bahwa fisiognomi adalah salah satu bagian dari filsafat kuno.

Penulis-penulis Arab banyak juga yang memberikan kontribusi mengenai ilmu fisiognomi dan bahkan fisiognomi banyak digunakan oleh Ibnu Sina. Mereka menganggap bahwa hal ini adalah semacam ramalan yang kerap juga dikaitkan dengan ilmu astrologi. Mereka lebih mencari bagaimana jejak-jejak ramalan dalam kehidupan manusia.  Selain itu, fisiognomi mencoba menyelaraskan hubungan antara wajah dengan karakter psikologis si pemilik wajah dan sering menemukan hubungan.

Semakin berkembang zaman, fisiognomi juga menjadi berkembang. Banyak praktisi di abad ke 17 dan ke 19 menggunakan ilmu ini demi mendeteksi kejahatan. Orang-orang fanatik dan rasialis banyak sekali menggunakan fisiognomi demi menilai dan mengetahui kepribadian seseorang. Bahkan di abad 20 ilmu membaca wajah telah dikembangkan menjadi hal yang modern.

Tepatnya pada tahun 1930 sejarah fisiognomi semakin berkembang dengan luas. Hal ini dikaitkan juga dengan kondisi sosial seseorang, tempat tinggal mereka dan tekanan budaya yang dihubungkan dengan ciri khas kepribadian. Ilmu ini percaya lingkungan alam dan bagaimana mereka bersosialisasi mampu membentuk ciri khas sendiri terhadap bentuk fisik dan karakter.

Wajah merupakan instrumen yang sangat tepat dalam berkomunikasi serta setidaknya ada rumus yang dapat mengatur proses interpretasi terhadap bentuk wajah seseorang. Selain itu, ekpresi wajah merupakan produk menyeluruh yaitu menyangkung kepribadian dan apa yang sedang dipikirkan.

Terjawabkah pertanyaan anda mengenai apa itu fisiognomi dan bagaimana sejarahnya? Semoga dapat menambah wawasan anda.

Apa Itu Fisiognomi ? | admin | 4.5