Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Tepat Untuk Dapat Pekerjaan

Bagi anda yang baru saja lulus kuliah atau sedang membutuhkan pekerjaan tentunya anda harus bisa membuat surat lamaran kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Saat ada di bangku sekolah mungkin anda sudah mempelajari untuk membuatnya. Namun anda tetap membutuhkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk bisa memberikan informasi yang tepat mengenai diri anda.
contoh Surat Lamaran Kerja
Dengan mempelajari cara menulis surat lamaran kerja yang baik ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Untuk beberapa perusahaan yang profesional dan berpengalaman, tentunya dapat menilai dari bagaimana anda membuat sebuah surat lamaran kerja. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan setiap aspek untuk menulis surat tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik

Seperti yang anda tahu, untuk jenis surat yang formal seperti surat lamaran kerja tentunya memiliki aturan dan format yang harus anda penuhi dan perhatikan. Anda harus bisa memberikan informasi yang tepat mengenai diri anda terutama yang menyangkut kualifikasi pekerja yang diinginkan oleh perusahaan tersebut. Selain itu, kesopanan kepada atasan juga bisa dilihat dari surat yang anda buat.
Berikut adalah aspek yang harus ada dalam surat lamaran kerja yang anda buat.

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Nama perusahaan yang dituju, bisa dilengkapi dengan nama pemimpinnya jika anda tahu
  • Kata pengantar
  • Biodata singkat dari anda
  • Pengalaman kerja dan kemampuan yang bisa anda lakukan
  • Harapan untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut
  • Penutup
 
Cirebon, 12 Januari 2015
Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Paradiso
Jl. Mundu 25, Kelurahan Mundu
Cirebon
 
Hal : Lamaran Pekerjaan
 
Dengan hormat,
 
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                  : Anto Wijaya
Tempat, Tanggal Lahir       : Cirebon, 16-April-1990
Usia                                    : 21 tahun
Pendidikan Terakhir           : SMU 1 CIREEBON 
                                            : Mahasiswa S1 – Sastra Inggris (AKTIF) 
Alamat Asal                        : Kelurahan Gede Bage, Kota Cirebon
Domisili                              : Jl.Perjuangan, No. 1 Sunyaragi Cirebon
Telepon                               : 08522703xxxxx
 
Berdasarkan Info Kerja yang dimuat di Website dan Informasi di Koran Mingguan, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai karyawan. Dengan bekal kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer,Teknisi Komputer, Troubleshooting Hardware,Instalasi Hardware dan Software, Microsoft Word,Exel dan lain-lain. Saya dapat bekerja keras, rajin dan jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
1.         Foto Copy Ijazah terakhir
2.         Daftar Riwayat Hidup
3.         Foto Copy KTP
4.         Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar
5.         Sertifikat Ketrampilan Khusus
 
Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
 
Cirebon, 25 Feb 2015
 
Hormat Saya,
 

Berdasarkan contoh tersebut terlihat bahwa berbagai aspek dan format utama yang harus ada dalam sebuah surat lamaran kerja. Hal yang perlu anda perhatikan adalah harus ada bagian pengantar yaitu berisikan darimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tersebut. Begitu juga dengan bagian isi dimana anda harus bisa memberikan keunggulan anda sebagai calon pegawai yang akan bekerja.
Berikut juga beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja.

  • Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama kata bakunya
  • Format surat dilengkapi, singkat dan padat
  • Buatlah sendiri surat lamaran anda
  • Pastikan bahwa anda melengkapinya dengan lampiran berkas yang diinginkan atau diminta oleh perusahaan tersebut
  • Jangan melakukan kecurangan dengan menulis surat lamaran yang tidak benar

Anda harus bisa menjaga kepercayaan para pimpinan mulai dari penulisan surat lamaran kerja, karena hal tersebut merupakan hal yang dibutuhkan oleh seorang karyawan. Biasanya setelah lolos anda harus menjalani sesi wawancara. Sehingga jika sampai surat yang anda buat ada yang tidak benar, maka akan segera diketahui oleh pihak HRD perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan surat lamaran kerja yang terstruktur dan rapi akan menentukan apakah anda layak untuk diterima di perusahaan tempat anda melamar atau tidak. Tentunya dengan begitu anda harus membuat surat lamaran kerja dengan sebaik-baiknya karena surat itulah yang akan menjadi penentu dari keberhasilan anda menjadi karyawan perusahaan tersebut.

Anda boleh mempromosikan diri sendiri dengan cara melengkapi surat tersebut mulai dari pengalaman kerja yang anda miliki, jenjang pendidikan yang pernah anda tempuh dan berbagai sertifikat penting. Kelengkapan tersebut akan mendukung dan meyakinkan para pemimpin perusahaan mengenai kemampuan yang anda miliki terutama di bidang yang diinginkan. Tidak perlu ragu untuk memberikan mereka keyakinan bahwa anda akan menjalankan pekerjaan dengan baik dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Tepat Untuk Dapat Pekerjaan | Fahri Wijaya | 4.5