10 Tips Kepemimpinan Jitu Bagi Seorang Manajer Baru

Tips Kepemimpinan Jitu Bagi Seorang Manajer Baru – Usia muda bkan menjadi penghalang seseorang untuk menjadi seorang pemimpin yang berkualitas. Pemimpin muda juga dapat menjadi seorang manajer yang baik dengan bimbingan dan pembelajaran. Bagi Anda yang akan menjadi seorang manajer, simak tips kepemimpinan bagi manajer baru yang dikutip dari US News (07/09) berikut ini.
Tips Kepemimpinan Jitu Bagi Seorang Manajer Baru

1.    Mencari mentor

Bagi manajer baru, Anda dapat belajar kepemimpinan dari mentor atau seseorang yang jiwa kepemimpinnya dapat Anda ikuti. Jika Anda telah menemukan orang tersebut, maka minta lah nasihat darinya terkait masalah kepemimpinan.

2.    Perbedaan generasi
Manajer baru dengan usia muda sering sekali dianggap sepele oleh karyawan yang usianya lebih tua. Agar perbedaan generasi ini dapat Anda atasi, maka berikan lah pengertian bahwa Anda membutuhkan orang yang tanggap, empati, cerdas, dan juga saling menghormati. Anda juga dapat menunjukkan bahwa Anda bisa memimpin dengan baik meski usia Anda terlampau jauh di bawah para karyawan tersebut.

3.    Pegawai lama
Manajer baru seringkali dianggap remeh tidak hanya oleh karyawan yang usianya lebih tau saja, tetapi terkadang juga sering diremehkan oleh karyawan yang bekerja lebih lama. Oleh karena itu, tetap lah bersikap rendah hati namun tetap tegas terhadap mereka.

4.    Bergaul di luar jam kerja
Agar dapat mengenal karyawan Anda dengan lebih baik, sesekali ajak lah mereka untuk makan bersama di luar jam kerja. Karena waktu yang Anda habiskan di tempat kerja pastinya tidak akan cukup untuk membuat Anda bergaul dengan karyawan.

5.    Mengatur waktu
Saat diangkat menjadi seorang manajer baru, hal utama yang tetap harus Anda lakukan adalah manajemen waktu dan komunikasi. Dalam waktu yang singkat, Anda bisa jadi akan menjadi sangat sibuk. Sehingga, tentukan lah prioritas sebelum jadwal membuat Anda bingung.

6.    Menghargai perbedaan
Gender, agama, ras, usia, ataupun perbedaan yang lainnya seharusnya tidak mempengaruhi Anda saat memimpin sebuah perusahaan. Anda sebaiknya menghargai adanya perbedaan tersebut dan tunjukkan bahwa ide dari tim multikultural sangat Anda junjung tinggi.

7.    Melebarkan jaringan
Untuk melebarkan jaringan, Anda dapat memperkenalkan diri Anda kepada para petinggi di departemen lain. Dengan demikian, secara perlahan Anda dapat mengambil pelajaran dari mereka dan dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produktivitas tim yang dibawahi.

8.    Berpikiran terbuka
Biarkan karyawan mengetahui pola pikir Anda dalam menghadapi sebuah permasalahan. Namun, jangan lah membantah karyawan jika terdapat perbedaan pendapat dari apa yang Anda miliki.

9.    Meraih kredibilitas
Salah satu penyebab Anda dapat diangkat menjadi seorang manajer adalah keahlian tertentu yang Anda miliki. Namun, Anda dapat terus meraih kredibilitas yang lebih baik lagi dengan tidak berhenti belajar.

10.    Percaya diri
Tips yang terakhir adalah percaya pada kemampuan diri sendiri serta tim yang Anda miliki. Untuk dapat mencapai kesuksesan pada perusahaan dan divisi yang Anda pimpin, maka janganlah lelah untuk terus memberikan motivasi.

Demikian tips kepemimpinan bagi manajer baru. Semoga berhasil!
10 Tips Kepemimpinan Jitu Bagi Seorang Manajer Baru | Fahri Wijaya | 4.5