6 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Cara meningkatkan percaya diri – Rasa percaya diri yang tinggi dapat menjadi sebuah indikator kuat terhadap kesehatan dan umur panjang. Hal tersebut sesuai dengan hasil dari sebuah penelitian besar yang telah dilakukan oleh Yayasan MacArthur. Permasalah muncul karena kepercayaan diri yang tinggi tersebut tidak lah dimiliki oleh setiap orang. Namun, Anda tetap dapat meningkatkan kepercayaan diri tersebut dengan melakukan tips ampuh berikut ini, seperti yang dikutip dari Thirdage.com.

cara meningkatkan percaya diri


1. Bersyukur atas apa yang Anda miliki
Sesuatu yang tidak dimiliki terkadang lebih fokus dipikirkan dibandingkan dengan apa yang telah dimiliki.  Jika hal tersebut juga terjadi pada Anda, maka sisihkan lah sebentar waktu Anda untuk membuat sebuah catatan berisi daftar segala hal yang telah Anda miliki, kemudian Anda dapat membaca catatan tersebut berulang kali. Dengan demikian, Anda akan tahu bahwa cara terbaik untuk maju adalah dengan bersyukur atas apa yang telah dimiliki.


2. Speak up!
Berbicara di depan umum terkadang memang membuat grogi. Setiap orang tentunya pernah mengalami hal tersebut saat mengikuti rapat atau diskusi. Namun, cobalah untuk membiasakannya agar Anda semakin percaya diri saat berbicara di depan umum. Karena dengan hal tersebut, Anda dapat menunjukkan jati diri Anda dan berbagi ide dengan kepada orang lain pun lebih bebas Anda lakukan.


3. Buat lah daftar aset yang dimiliki
Buat lah daftar aset yang Anda miliki dalam sebuah catatan antara lain dalam hal pengalaman, sumber daya fisik dan sosial, keterampilan, dan juga bakat. Dengan membuat daftar tersebut, maka Anda akan dapat berpikir lebih positif terhadap potensi yang ada pada diri Anda. 


4. Olahraga
Kondisi fisik yang bugar juga akan mempengaruhi sikap aktif dan energik yang Anda tunjukkan. Dengan tubuh yang sehat, maka Anda akan terlihat semakin garang dan tangguh. Melakukan olahraga secara rutin tentunya tidak hanya membuat tubuh Anda semakin sehat, tetapi juga dapat memberi berbagai dampak positif bagi rohani seseorang.

 

5. Memuji orang lain
Saat Anda berpikir negatif terhadap diri sendiri, maka seringkali hal tersebut akan Anda proyeksikan dengan memberi cemoohan terhadap orang lain. Agar sikap negatif tersebut dapat Anda hilangkan, maka biasakan lah memuji orang lain. Gosip atau perkataan yang dapat membuat orang lain merasa tersinggung sebaiknya Anda hindari. Dengan demikian, Anda akan lebih dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan dan disenangi oleh banyak orang. Sehingga secara tidak langsung, rasa percaya diri Anda akan semakin meningkat karena hal tersebut.


6. Postur tubuh
Kepercayan diri yang besar dapat Anda tunjukkan melalui postur tubuh yang baik. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan berdiri tegak, mengangkat kepala, dan melakukan kontak mata. Kesan positif terhadap orang lain dapat Anda tunjukkan dengan sikap tersebut dan juga dapat menambah rasa kepercayaan diri Anda. Dengan demikian, Anda akan berpikir semakin maju dan berani. 


Demikian tips ampuh cara meningkatkan kepercayaan diri. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga:
6 Tips Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri | Fahri Wijaya | 4.5