Merawat dan Menjaga Kesehatan Reproduksi

Wivrit.com – Setiap wanita pasti memiliki sistem reproduksi di dalam tubuhnya. Sistem ini membuat anda bisa memiliki keturunan, dan juga memiliki kehidupan seks. Kesehatan Reproduksi merupakan bagian penting di dalam hidup anda. Kehidupan seorang wanita erat kaitannya dengan sistem reproduksi yang dimiliki. Jika sistem tersebut berjalan dengan baik, dipastikan wanita tersebut bisa memiliki keturunan nantinya. Itu merupakan sebuah kelebihan yang diberikan kepada seorang wanita, yaitu memiliki keturunan. Karena wanita memiliki rahim yang memungkinkan janin tersebut tumbuh di dalamnya.
Sebelum membicarakan masalah keturunan, anda harus mulai menjaga Kesehatan Reproduksi sejak dini. Masa remaja menjadi waktu waktu yang penting dan juga rawan dalam proses reproduksi. Ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi sistem tersebut. Gaya hidup remaja saat ini yang cenderung bebas dan tidak memiliki batas menjadi faktor yang mempengaruhi keadaan reproduksi. Jika anda seorang remaja, jangan remehkan kebersihan dan juga cara yang benar dalam merawat sistem reproduksi yang dimiliki. Karena sistem ini sangat penting dalam kehidupan anda.

Langkah Merawat Kesehatan Reproduksi

Ada hal hal penting yang mesti diperhatikan ketika anda merawat tubuh anda. Apalagi di area sensitif seperti bagian reproduksi. Kesalahan kecil saja bisa memberikan efek yang fatal. Bagi remaja wanita, pengetahuan mengenai kesehatan sistem reproduksi menjadi hal wajib untuk diketahui. Karena masa ini menjadi masa yang paling rentan di dalam sistem reproduksi. Berikut ini merupakan hal yang harus dihindari untuk menjaga Kesehatan Reproduksi;
1.     Tidak Melakukan Hubungan Seks Sembarangan
Semakin berkembangnya zaman membuat para remaja kerap melakukan hubungan seks pra nikah. Hubungan seks ini diperparah dengan ketidak tahuan akan hubungan seks yang aman. Pemakaian kondom memang kerap digunakan sebagai tameng. Namun hal tersebut tidaklah cukup. Di tengah munculnya berbagai macam penyakit yang ada, penyakit menular seksual bisa timbul dari seks bebas. Ada beberapa penyakit mengerikan yang biasa diidap oleh para pelaku seks bebas, seperti HIV atau AIDS.
2.     Kebersihan Sistem Reproduksi
Selanjutnya adalah kebersihan yang menyangkut sistem reproduksi. Kebersihan nya menyangkut pemakaian pakaian dalam yang bersih. Gunakan pakaian dalam yang bersih dan diganti secara rutin. Karena bagian vital pada wanita memiliki suhu yang lembab, kuman bisa dengan mudah tumbuh disana. Dan memberikan pengaruh gatal gatal atau merah pada anda. Hindari efek ini dengan memiliki pakaian yang bersih. Selain itu, air yang digunakan ketika membersihkan bagian sensitif harus merupakan air bersih dan terbebas dari kuman.
3.     Berkonsultasi dengan Dokter
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan rutin memiliki jadwal konsultasi. Ketika anda memiliki masalah pada bagian tersebut, dokter pasti akan memberikan solusi. Baik menggunakan obat, atau perawatan lebih lanjut. Jika gejala yang dirasakan sudah bertambah parah, pasti anda akan diharuskan menjalani perawatan tambahan.
Langkah langkah diatas merupakan cara yang mudah untuk dilakukan oleh para remaja wanita dalam menjaga sistem reproduksinya. Menjaga Kesehatan Reproduksi sejak dini, bisa mengurangi resiko terkena penyakit reproduksi nantinya. Lakukan gaya hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anda tidak memiliki problem pada sistem reproduksi.
Mengenal Kesehatan Reproduksi Lebih Dalam
Ada beberapa makanan dan nutrisi yang harus dihindari dalam menjaga Kesehatan Reproduksi. Seperti contohnya alkohol atau kafein. Konsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menimbulkan efek yang negatif. Kenali tubuh anda lebih dalam dengan menjaga sistem reproduksi yang dimiliki. Karena sistem reproduksi menjadi bagian penting dari seorang wanita.
Merawat dan Menjaga Kesehatan Reproduksi | admin | 4.5