Memahami Batu Akik Asli Untuk Meminimalisasi Kerugian

Memahami Batu Akik Asli Untuk Meminimalisasi Kerugian – Maraknya penjualan batu akik dengan keuntungan yang sangat menggiurkan, membuat orang melakukan segala hal untuk bisa merasakannya. Termasuk adalah membuat batu akik yang palsu. Bagi anda yang masih awam dalam dunia batu akik, tentunya akan sedikit sulit untuk bisa membedakan mana batu yang asli dengan yang palsu. Agar anda tidak sampai tertipu tentunya anda harus memahami mengenai jenis dan ciri batu akik yang asli.

batu akik asli

Dengan banyaknya penjual batu akik yang ada saat ini, kahirnya menuntut anda untuk bisa memilih batu akik yang terbaik dan tentu asli. Jangan sampai anda hanya mengikuti tren yang ada kemudian asal membeli batu akik tanpa melihat keasliannya terlebih dahulu. Hal tersebut tentu akan membawa kerugian bagi anda sendiri karena terlanjur mengeluarkan dana tetapi malah mendapatkan yang palsu.

Sebenarnya jika anda mengetahui cara untuk bisa membedakan batu akik yang asli dengan yang palsu tentu tidaklah sulit untuk dilakukan. Sehingga penipuan dengan memberikan batu akik palsu bisa diminimalisasi dengan baik. Berikut cara untuk bisa membedakan batu akik yang asli dengan yang palsu.

  1. Anda bisa menimbang beratnya dengan hanya memegangnya karena batu akik yang asli akan terasa lebih berat dan padat
  2. Tempelkan batu akik tersebut ke bagian pipi atau leher sehingga anda bisa merasakan suhunya, karena batu akik yang asli suhunya akan lebih dingin dibandingkan kaca atau yang palsu
  3. Cobalah untuk memanaskan batu akik tersebut karena jika batu itu asli maka akan terlihat berminyak dan mudah dihapus. Selain itu juga akan lebih cepat dingin. Jika palsu, maka batu tersebut akan meninggalkan bekas gosong dan susah dihapus
  4. Dua batu akik yang asli jika dibenturkan akan mengeluarkan percikan api
  5. Anda bisa memperhatikan serat di dalam batu akik tersebut. Batu akik yang asli tentu memiliki serat dengan bentuk yang terlihat alami. Namun jika batu akik yang palsu biasanya memiliki gelembung yang disebabkan oleh proses pembuatannya.

Anda harus sabar dan berhati-hati sebelum membeli batu yang sudah menjadi barang buruan ini. Jangan terburu-buru dan perhatikan setiap detail dari batu akik tersebut. Sehingga anda tidak akan sampai membeli batu akik palsu yang dikatakan asli oleh penjual yang curang. Untuk bisa membantu anda dalam memilih batu akik yang asli, senter dan kaca pembesar akan membantu anda untuk bisa melihat serat dan detail dari batu tersebut. Sehingga anda akan lebih mudah untuk menentukan mana yang asli dan tidak.

Selain memperhatikan beberapa ciri tersebut, anda juga bisa melihat bagaimana potongan, kejernihan, warna dan sertifikat yang dimiliki oleh batu akik tersebut. Dengan harga yang mahal, anda tidak boleh sembarangan dalam memilih. Kalau tidak anda bisa sia-sia mengeluarkan dana yang besar tetapi mendapatkan batu akik yang palsu. Penjual yang jujur pasti akan memberikan segala informasi yang anda butuhkan mengenai batu akik tersebut.

Batu akik sintesis mungkin sekilas akan terlihat seperti asli bagi anda yang kurang jeli untuk bisa membedakannya antara keduanya. Sehingga meskipun anda adalah orang yang baru mengenal atau mempelajari batu akik tentu pengetahuan untuk membedakan yanga asli dengan yang tidak menjadi sangat perlu. Hal tersebut dikarenakan orang yang tidak mengerti atau masih aam menjadi sasaran empuk bagi para pelaku batu akik palsu.

Baca juga: Berkenalan Dengan Batu Akik Untuk Peluang Bisnis

Memahami Batu Akik Asli Untuk Meminimalisasi Kerugian | admin | 4.5