Gaya Ceramah Kyai Anwar Zahid Berbeda Dengan Kyai Lain

Gaya Ceramah Kyai Anwar Zahid Berbeda Dengan Kyai Lain – Terkadang jika mendengarkan ceramah saat di pengajian rasanya ngantuk dan bosan. Karena kyai yang ceramah tidak seru dan lempeng-lempeng saja. Kurang bisa menghidupkan suasana para hadirinnya. Namun berbeda dengan kyai satu ini yaitu Kyai Anwar Zahid. Setiap beliau memberikan tausiyah di beberapa tempat pasti jamaahnya banyak dan penuh. Sebab ceramahnya penuh dengan humor tapi tidak melupakan kualitas dari isi ceramahnya. Sehingga membuat orang selalu tertawa, banyak yang memiliki video dan MP3 beliau.

Beliau memiliki jargon yang terkenal yaitu  “Qulhu ae Lek…”. Beliau dapat menembus pangsa pasar dan membuat orang menyukainya serta merasa kecanduan dengan ceramahnya. Tidak hanya oran tua saja yang suka padanya tetapi juga anak-anak bahkan rekan seprofesinya. Beliau terkenal tak hanya di Jawa Timur saja tapi hampir di Seluruh Indonesia, hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya banyak sharing file ceramah di internet.

Kyai anwar zahid


Ciri Khas Kyai Anwar Zahid Saat Ceramah

Beliau memiliki sentilan yang mengingatkan umat islam untuk berlaku bijak dan selalu mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Menyampaikannya dengan lugas dan tegas, tak ketinggalan gaya humornya  yang fantastis. Kyai Anwar Zahid berasa dari Kanor,Bojonegoro.

Beberapa ciri khas saat ceramah KH Anwar Zahid adalah:
·         Penuh humor
Hal ini selalu diakui oleh banyak orang karena setiap kali mendengarkan cerah beliau pasti akan tertawa. Jika ada yang mengantuk matanya langsung terang benderang.
·         Memakai logat Jawa ala Jawa Timur
Saat beliau ceramah bahasa yang sering diucapkan adalah logat Jawa ala Jawa Timur. Bagi orang yang mendengarkan dari luar daerah Jawa timur pasti ada sedikit perbedaan sehingga memberikan khasanah tersendiri.
·         Seperti stand up comedy
Anda pasti pernah menonton stand up comedy di Televisi, nah seperti itulah kurang lebihnya gaya dari beliau. Namun isi ceramah yang ingin disampaikannya justru mudah diterima oleh orang yang mendengarkannya. Karena bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami, baik dari kelas bawah sampai atas.

Pernah tersiar kabar bohong bahwa beliau telah meninggal dunia. Namun hanya isu yang disampaikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mungkin orang melakukan hal tersebut karena tidak suka dengan gayanya, memang kadang kala humornya terlalu frontal.

Tidak kaku dan tak mengguru serta gaul adalah ciri khas dari beliau. Maka dari itu banyak orang mengidolakannya. Meskipun anda tak bisa bahasa Jawa tapi masih tetap bisa untuk mencerna apa yang dikatakan beliau. Karena terkadang juga menggunakan bahasa Indonesia.

Ceramah Lucu dan Bermakna Kyai Anwar Zahid

Islam tidak agama fenomena yang diamalkan dan dimunculkan pada waktu tertentu saja. Maka agar dapat menjadi Islam, anda harus istiqomah, kontinyu tidak temporer. Demikian ceramah-ceramah yang  disampaikan oleh beliau ketika sedang mengisi pengajian di berbagai daerah. Islam harus kafah dan menyeluruh. Mulai bangun hingga tidur, perkataan, perilaku, sampai tingkah laku harus bernapaskan dengan nilai-nilai Islam.

Salah satu ceramah beliau yang lucu adalah “Dari ujung rambut atau ‘the unyeng-unyeng’, sampai ujung kaki atau ‘the tungkak‘ wajib melaksanakan ajaran Islam, bukan menonjolkan simbol-simbol dari Islam saja,”. Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang ceramah beliau yang lucu bisa mencarinya di internet. Banyak sekali video ataupun MP3 yang beredar di youtube atau lainnya.


Nah, demikianlah sosok kyai yang sangat menginspirasi, terutama untuk para kyai lainnya. Dengan gaya humor yang dimiliki Kyai Anwar Zahidmembuat banyak orang suka mendengarkan ceramah. Anggapan tentang ceramah membosankan dan kaku sekarang tidak ada lagi.

Download mp3 kyai Anwar zahid klik disini

Gaya Ceramah Kyai Anwar Zahid Berbeda Dengan Kyai Lain | admin | 4.5