Filosofi Nusantara Di Tangan Kerajaan Majapahit

Filosofi Nusantara Di Tangan Kerajaan Majapahit – Salah satu kerajaan di Indonesia dengan kekuasaan yang besar adalah kerajaan majapahit. Tentunya anda sudah sangat sering mendengar tentang kerajaan tersebut sejak berada di bangku sekolah. Terdapat banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kerajaan tersebut. Anda juga bisa mengambil banyak filosofi dari berbagai hal yang telah dilakukan oleh kerajaan majapahit terutama untuk bangsa Indonesia.
Mungkin banyak orang yang kurang tertarik dengan sejarah. Namun tentunya anda tidak bisa benar-benar tidak peduli mengenai hal tersebut karena terdapat banyak pelajaran berharga yang tersembunyi dalam berbagai cerita kerajaan majapahit. Terutama untuk anak-anak atau remaja tentu akan sangat bermanfaat jika mereka bisa memerik pelajaran yang ada.

Memahami Arti Kesatuan Nusantara yang Sesungguhnya

Sebenarnya saat kerajaan majapahit berada pada masa kejayaannya, kerajaan ini memiliki luas wilayah kekuasaan yang lebih dari wilayah Indonesia yang ada saat ini. Sedangkan kata nusantara terinspirasi dari prasasti penampihan pada tahun 1269 yang merupakan program politik dari gajah mada yang merupakan patih dari kerajaan majapahit.
Kerajaan majapahit pernah berhasil menjadi negara maritime dengan konsep nusantara yang sangat strategis untuk menyatukan wilayah yang cukup luas. Penyatuan nusantara menjadi satu kesatuan sebagai negara maritime merupakan salah satu filosofi yang diberikan oleh kerajaan majapahit yang terus berlangsung sampai saat ini. Tentunya hal tersebut menjadi sesuatu yang harus dijaga dan terus diberlakukan dengan menjaga kesatuan dan persatuan dari negara kita yang memang memiliki banyak pulau dan daerah.
Sebagai negara maritime, mungkin memang cukup sulit untuk bisa menjaga keutuhan dengan kondisi kepulauan yang terpisah-pisah. Namun saat masa kerajaan majapahit, nusantara mampu untuk mempertahankan wilayah kekuasaannya dengan baik yang bahkan memiliki luas yang lebih besar daripada wilayah Indonesia saat ini. Sehingga, seharusnya saat ini kita lebih bisa untuk menjaga keutuhan dari berbagai kepulauan yang tersisa saat ini.
Pada abad ke-14, kerajaan majapahit atau yang disebut nusantara raya merupakan salah satu dari empat wilayah besar yang ada di Asia. Sehingga kondisi tersebut cukup bisa membuat kita bangga karena kerajaan kita sempat mencatat sejarah tersebut. Namun dengan kondisi yang ada saat ini, apakah tidak malu jika kita sampai tercerai dan berpisah hanya karena masalah plitis atau alasan yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan.
Kekayaan dan kekuasaan kerajaan majapahit ini, bisa anda lihat dari peninggalan sejarah yang bisa ditemukan sampai saat ini. Melihat lokasi berbagai peninggalan yang tersebar di beberapa daerah menunjukkan luasnya kekuasaan kerajaan tersebut. Tidak hanya itu, kekuatan dari kerajaan majapahit bisa dilihat karena mereka mampu untuk menjaga kekuasaannya dan terus melebarkan wilayahnya dengan segala daya yang dimiliki. Setelah kerajaan majapahit ini mulai runtuh, kekuasaannya pun diturunkan pada kerajaan yang ada setelahnya. Akhirnya sampai adanya negara yang menjadi tempat tinggal anda saat ini yaitu negara Indonesia.
Menyatukan nusantara dari sabang sampai merauke merupakan cita-cita dari patih gajah mada yang memang sudah hampir terlaksana dengan baik. Tentunya kita harus berterimakasih karena dengan perjuangan dan cita-cita yang dimiliki oleh patih gajah mada dan kerajaan majapahit tentunya adalah peran besar yang membuat kita bisa memiliki negara maritim yang cukup besar. Memahami filosofi dari sebuah nusantara yang dibangun oleh kerajaan majapahit akan membuat anda bisa mengerti arti persatuan dan menjaga kebersamaan yang sesungguhnya, seperti yang telah dilakukan oleh gajah mada.

Baca juga: Makna Terdalam Merah Putih Peninggalan Kerajaan Majapahit

Filosofi Nusantara Di Tangan Kerajaan Majapahit | admin | 4.5