Cara Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi Keputihan – Keputihan termasuk ke dalam salah satu permasalahan organ kewanitaan yang sering dialami oleh wanita. Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan entah itu dalam jangka waktu sebentar atau pun dalam jangka waktu yang cukup lama. Berbagai cara pun telah banyak dicoba namun seringkali gagal karena berbagai faktor.

Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan

Terjadinya keputihan disebabkan oleh adanya ketidak seimbangan hormon dan juga kelembaban di area kewanitaan. Hal ini dikarenakan adanya perkembang biakan jamur atau bakteri sehingga menjadikan daerah tersebut lebih asam. Hal tersebut akan sangat mengganggu aktifitas wanita karena pada kesehariaanya akan dirasakan ketidak nyamanan, aroma yang tidak sedap serta gatal yang teramat sangat.
Menjaga kebersihan area kewanitaan sudah seharusnya dilakukan oleh setiap wanita, namun banyak wanita yang lebih memperhatikan perawatan wajah dibandingkan dengan perawatan daerah kewanitaan. Karena faktor tersebut lah yang menjadikan sering sekali wanita mendapatkan permasalahan pada organ kewanitaanya seperti keputihan. Dampak yang lebih parah dibandingkan dengan keputihan adalah peluang sel berbahaya untuk berkembang di dalam vagina seperti sel tumor maupun sel kanker.
cara mengatasi keputihan


Cara Mengatasi Keputihan dapat dilakukan dengan mulai mengikuti langkah langkah seperti ini. Pertama, Anda harus menggunakan pantiliner yang tepat. Wanita mungkin sudah sangat akrab dengan pembalut dan pantiliner, akan tetapi untuk memilih pembalut dan pantiiner diharuskan sesuai dengan kondisi daerah kewanitaan juga dengan kandungan yang ada di dalam produk pembalut atau pantiliner. Untuk Anda yang mengalami keputihan sebaiknya menggunakan pantiliner yang mengandung bahan anti septik sehingga membantu membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam vagina.

Gantilah pantiliner secara rutin sehingga kebersihan daerah kewanitaan Anda akan terjamin dan tidak menyebabkan keputihan yang semakin parah akibat perkembangan bakteri dan jamur di dalam pantiliner serta di dalam vagina.
Cara kedua adalah dengan secara baik menjaga kelembaban dari vagina Anda dengan cara memperhatikan celana dalam yang dipakai serta pakaian yang memudahkan daerah kewanitaan Anda untuk bernafas. Perlu diketahui bahwa tingkat keasaman yang baik pada vagina adalah 3.5, lebih atau kurang dari itu akan menyebabkan jamur dan bakteri berkembang sehingga menganggu keasaman dan membuat vagina Anda berbau tidak sedap atau keluar cairan bening, berwarna yang bau serta menimbulkan gatal yang mengganggu.
Ketiga, Anda harus rajin membersihkan daerah kewanitaan dengan teratur membersihkan vagina dari arah depan ke arah belakang sehingga menghindari kuman yang ada di daerah anus untuk masuk ke dalam vagina. Anda juga harus tetap menjaga pakaian dan celana dalam Anda ada pada kondisi kering dan higienis sehingga tidak menjadi sarang bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Cara terbaik untuk membersihkan daerah kewanitaan adalah dengan membersihkannya dengan daun sirih karena daun tersebut mengandung anti septik.
Ambillah 10 lembar daun sirih yang segar lalu rebus di dalam 1 liter air hingga mendidih. Setelah itu dinginkan dan gunakan untuk membersihkan vagina dengan cara membasuhnya dengan air sirih. Lakukan kegiatan mencuci ini hingga keputihan Anda menjadi sembuh dan normal.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan yang menjadi jadi. Yang paling penting untuk cara Mengatasi Keputihan adalah dengan menghindari stress pada pikiran Anda. Berbahagialah agar kondisi tubuh Anda tetap seimbang dan kesehatan pun tidak akan terganggu termasuk kesehatan daerah kewanitaan.

Baca juga: Merawat dan Menjaga Kesehatan Reproduksi

Cara Mengatasi Keputihan | Fahri Wijaya | 4.5