Cara Memperbesar Suara MP3 yang Terlalu Kecil Dengan Software

Caramudah memperkecil dan memperbesar suara mp3 – Home – Pada kesempatan sebelumnya saya sempat membahas bagaimana cara mengconvert video menjadi MP3, WAV, OGG

Nah, hari ini saya ingin membagikan lagi tutorial bagaimana membuat suara mp3 yang terlalu kecil menjadi besar, dan yang terlalu besar menjadi kecil. Sebelumnya setiap PC atau laptop kita sudah difasilitasi untuk memperbesar dan memperkecil suara (speaker). 

Akan tetapi, mungkin pernah terjadi pada Anda ketika volume suara sudah 100 % tetap aja suaranya masih terdengar sangat kecil. Jujur itu membuat kita sedikit kesal. 

Biasanya ini terjadi ketika kita merekam suara melalui PC, Hp, dan sebagainya. Bagi Anda yang mempunyai masalah seperti ini, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang sudah hadir software bernama “Audacity”. Audacity ini lebih tepatnya untuk software pengedit suara/audio. Untuk mendowload dan menggunakan software tersebut Anda boleh ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Download dulu software tersebut  DownloadAudacity

2. Klik bacaan Download Audacity 2.0.5 for windows 2000/XP dan seterusnya

Download Audacity


3. Setelah berhasil mendowload, instal software tersebut pada PC atau laptop Anda

4. Tampilan awalnya akan tampak seperti di bawah ini.

5. Selanjutnya untuk mengedit suara yang kecil menjadi besar, silahkan pilih File – Open. Carilah file musik yang ingin Anda besarkan atau kecilkan suaranya. 

6. Setelah itu tampilannya akan seperti di bawah ini.

7. Lalu untuk memperbesar dan memperkecil suara bisa lihat pada gambar di bawah ini.


8. Geser ke kanan untuk mendapatkan suara yang besar dan geser ke kiri untuk mendapakan suara yang kecil.

Bagaimana sudah berhasil?? Tapi, pengalaman saya menggunakan software tersebut ketika memperbesarkan suara yang kecil menjadi besar, suaranya menjadi terlalu bising atau bisa dibilang tidak clean. Kalau Anda mengalami hal yang sama seperti saya, mungkin bisa coba software audio editor yang satu ini lagi.

Software yang satu ini bernama “Wavepad Sound Editor“. Untuk mendapatkan software tersebut silahkan ikutin langkah-langkah di bawah ini

1. Langkah pertama yang harus dilakukan download dulu softwarenya ya Download Wavepad Sound Editor


Download Wavepad

2. Install software tersebut, lalu jalankan. Gambarnya seperti di bawah ini


3. Pilih File – Open File, Cari file MP3 yang ingin Anda edit tadi.

4. Lalu pilih Effect – Amplify. Selengkapnya lihat pada gambar di bawah ini


5. Boleh juga mencoba pilihan effect-effect yang lain untuk mendapatkan hasil yang baik. Silahkan berkreasi ^^

Saya rasa cukup sampai disini artikel yang dapat saya bagikan kepada Anda tentang “Cara memperbesarkan suara speaker laptop yang terlalu kecil“, semoga dapat membantu memecahkan masalah Anda.

Bagi Anda yang ingin belajar memulai membuat blog, berikut panduannya saya berikan..

Bagi Anda yang sudah mempunyai blog, dan ingin mengikuti kontes SEO berhadiah jutaan rupiah, boleh ikut kontes Yamaha yang satu ini 
Cara Memperbesar Suara MP3 yang Terlalu Kecil Dengan Software | Fahri Wijaya | 4.5