Apa Pengertian Dari Mood (Suasana Hati)??

Fahri’s BlogApa Yang Dimaksud Dengan Mood (Suasana Hati) – Pernahkah Anda merasa malas sekali melakukan sesuatu?? atau pernahkah Anda merasa begitu sangat rajin melakukan sesuatu, sampai-sampai orang rumah Anda sangat heran dengan tingkah laku yang Anda tampilkan?? Ya, tentu kita semua pernah merasakan hal tersebut. Mari kita bahas lebih lanjut tentang hal tersebut.

Mood?? iya, mood. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah mood. Kenapa saya bilang tidak asing?? Karena Anda pasti pernah mengatakan “Aku lagi gak mood hari ini“. 

Mood merupakan suasana hati yang dapat dipengaruhi karena adanya rangsangan dari luar yang kita terima. Mood itu hanya terbagi 2, yaitu mood baik (good mood)dan mood buruk (bad mood). Sebagai contoh, tentunya kita semua pernah merasakan yang namanya “Jatuh Cinta” dengan lawan jenis. 


Coba ingat-ingat kembali pada masa pertama kali Anda jatuh cinta, Indah bukan?? Ya, itu memang sangat indah. Saking indahnya yang Anda tak biasa bangun cepat, bisa tiba-tiba bangun cepat. Yang tak biasa memakai minyak wangi, bisa sampai habis 1 botol minyak wangi untuk bajunya sendiri (agak lebay sikit). 

Mood yang baik akan terlihat dari perilaku psoitif yang ditunjukkan individu, sedangkan mood yang buruk akan terlihat juga dari perilaku buruk yang ditunjukkan individu. Secara umum, mood dengan emosi adalah satu hal yang sama. Akan tetapi, sebenarnya ada terdapat perbedaan diantaranya.

Mood merupakan suasana hati kita, cuma ada baik dan ada buruk. Sedangkan emosi, ada baik/positif dan ada buruk/negatif juga. Perbedaannya adalah, emosi positif dan negatif terbagi dalam beberapa hal lagi. Misalnya yang positif berupa rasa senang, bahagia, tertawa, dsb. Sedangkan, yang negatif berupa rasa kecewa, marah, sedih, dsb. 

Fakta Tentang Mood


Tahukah Anda, sebenarnya mood itu adalah diri Anda sendiri. Anda-lah yang mengendalikan mood Anda. Sebagai contoh kasus, Anda besok akan menghadapi ujian yang paling sulit. Sudah belajar mati-matian, pas waktu ujian tidak bisa menjawab dan sudah di pastikan nilai bakalan hancur. 

Pada saat situasi seperti inilah mood itu Anda yang bentuk. Kalau Anda terbawa suasana, maka akan munculah “bad mood”. Akan tetapi, kalau Anda enjoy-enjoy saja dengan hasilnya nanti, maka bad mood tadi tidak akan muncul, tapi yang muncul adalah “good mood”.

Ketika Anda bad mood, maka akan muncullah perasaan sedih, kecewa. Lalu ditunjukkanlah melalui tindakan seperti tidak mau makan, tidak mau keluar rumah, banting Hp (orang kaya bisa beli baru lagi), dan lain-lain.

Jadi kesimpulan yang dapat saya buat agar Anda dapat lebih memahami seperti ini:

Mood ——> Emosi ——-> Perilaku/Tindakan

Jadi, mood itu kita yang bentuk berdasarkan rangsangan dari luar yang kita dapat. Selanjutnya setelah terbentuk, maka muncullah emosi seperti yang saya jelaskan di atas. Setelah Anda merasakan emosi, barulah muncul yang namanya tindakan/perilaku yang ditunjukkan.

Bagaimana sudah cukup jelas penjelasan tentang pengertian dari mood?? Kalau belum, boleh langsung ditanyakan..

Apa Pengertian Dari Mood (Suasana Hati)?? | Fahri Wijaya | 4.5