Pengertian dari Abnormal

Apa itu Abnormal???


Fahri’s Blog – Dari bahasanya mungkin sebagian dari kita sudah terpikirkan pengertian dari Abnormal. Akan tetapi, kita bahas dulu tentang normal. Normal adalah suatu kondisi dimana seorang individu berperilaku, berpikir, dan sebagainya layaknya orang normal. Misalnya kalau orang lain makan menggunakan tangan, berarti kita makan juga harus seperti itu. Berarti kita disebut normal. Akan tetapi, Jika Anda makan dengan kaki, sedangkan Anda punya tangan, berarti Anda sudah tidak normal atau Abnormal. Jadi Abnormal dapat kita simpulkan suatu kondisi dimana terjadi keanehan dalam diri invidu. Dia tidak bisa berpikir layaknya orang normal, dia tidak bisa meletakkan emosinya sesuai dengan keadaan, dan sebagainya.

Seseorang dikatakan Abnormal, jika orang tersebut
berada di kurva  10 % kurang dan sangat baik


Pengertian psikologi abnormal


Psikologi abnormal salah satu cabang dari psikologi yang berupaya memahami pola perilaku abnormal (deskripsi dan penyebab) seperti pribadi yang sakit/ terganggu/ menyimpang, serta bagaimana mengatasinya (terapi).

Apakah Homo/Lesbi termasuk Abnormal??


Ya, itu sudah sangat jelas. Homo atau lesbi termasuk jenis penyimpangan seksual  membuat orang yang melakukan hal tersebut menjadi abnormal dilingkungannya. Akan tetapi, homo bukanlah suatu gangguan mental atau kejiwaan. Homo atau lesbi bisa terjadi karena hormon keperempuanannya lebih besar dari hormo kelakiaannya, sehingga sangat sulit untuk menolaknya. Begitu juga sebaliknya. Homo atau lesbi juga bisa terjadi karena lingkungan seperti ajakan teman (yang homo atau lesbi). 

Ciri-ciri atau kriteria orang yang abnormal


1.Emosi tidak sesuai dengan keadaan

Emosi yang tidak sesuai dengan keadaan dapat dibilang orang tersebut “Abnormal”. Misalnya, disaat suasana sedang bahagia, tapi dia malah menangis. Responnya tidak sesuai dengan keadaan yang ada.

2.Melanggar Aturan/ Norma

Norma biasanya lebih dikatikan dalam konteks sosial. Jika seseorang berperilaku sesuai dengan norma yang ada dan masyarakat juga melakukannya berarti ini disebut normal. Sebaliknya, jika bertentangan dengan norma yang ada berarti disebut abnormal. Akan tetapi, bisa dikatakan perilaku abnormal jika perilakunya melanggar norma sosial, membuat ketakutan, kecemasan, dll. Misalnya, apakah Anda pernah mendengar kata “Clepto”?? Ini merupakan salah satu perilaku abnormal. Dia mempunyai kebiasaan mencuri barang-barang, akan tetapi biasanya bukan untuk menjualnya, tapi senang aja melihat barang tersebut.

3.Disabilitas

Disabilitas merupakan kekurangan pada beberapa hal penting dalam kehidupan. Individu mengalami ketidakmampuan (kesulitan) untuk mencapai tujuan karena abnormalitas yang dideritanya.Misal: disabilitas dalam hubungan perkawinan, disabilitas dalam hubungan sosial, disabilitas dalam pekerjaan, dsb.

Pengertian dari Abnormal | Fahri Wijaya | 4.5