Kekuatan Yang Sungguh Menakjubkan Dari Sugesti!!

Kekuatan dari sugesti??

Fahri’s Blog – Tentunya kita semua pernah mendengar kata “sugesti”. Anggapan orang tentang sugesti biasanya bisa positif atau negatif, tergantung bagaimana sugesti itu diberikan. Sugesti adalah proses psikologis dimana seseorang membimbing pikiran, perasaan, atau perilaku orang lain. Jadi disini terjadi yang dinamakan interaksi sosial. Sebagai contoh Tono menyuruh budi untuk mengerjakan PR tono. Tanpa pikir panjang, budi langsung mengerjakan PR si Tono. Disini Tono telah berhasil mensugesti budi, agar mau mengikuti apa yang diinginkannya. 

Faktor-Faktor Mengapa Sugesti Mudah Diterima


Biasanya sugesti dapat dengan mudah masuk apabila individu itu memiliki otoritas, sedang dalam masalah, terhambatnya daya berfikir kritis, dll. Sebagai contoh, jika dalam suatu organisasi ketua sudah memutuskan suatu hal, maka anggota-anggotanya senang atau tidak senang harus mengikuti apa yang dikatakan ketua. Ketua disini memiliki otoritas, sehingga apa yang dikatakannya akan langsung diikuti oleh anggota-anggota organisasinya.

Contoh lain, mungkin Anda pernah mendapatkan telepon dari seseorang, yang mengatakan bahwa “Anak/ Orang tua  Anda sedang mengalami kecelakaan dan mengalami luka yang sangat parah. Tolong Anda kirim kan dana sebesar 10 juta secepatnya ke rekening xxxx, untuk melakukan operasi. 

Karena jika tidak, maka nyawanya tidak bisa terselamatkan. Mendengar kabar seperti ini, spontan kita pasti langsung tidak dapat berfikir dengan jernih. Disinilah letak berfikir kritis kita dihambat dan sugesti tadi sangat mudah untuk masuk. Kita tidak mau cari tahu lagi informasi itu benar atau tidak, yang penting kita kirim uang, agar bisa dilakukan operasi. 

Modus-modus penipuan yang seperti ini sudah sangat sering terjadi dan saya pernah mengalami hal ini sekali. Hampir saja, orang tua saya tertipu oleh si pelaku yang mengatakan bahwa saya jatuh dari tangga dan mengalami luka di otak. Untungnya, orang tua saya langsung menelpon saya, untuk memastikan terlebih dahulu.

Maka dari itu, kita memang harus sangat berhati-hati dengan sugesti ini. Terkadang sugesti bisa mengarah ke arah yang positif, tapi bukan tidak mungkin ke arah yang negatif. Maka dari itu, jangan sekali-kali Anda mengatakan kata-kata negatif seperti, “bodoh kali kau!!”, “apa bisa kw coba?? cuma makan tidur aja!!”. Selain membuat sakit hati, akhirnya orang tersebut akan benar-benar merasa seperti apa yang dikatakan dan sangat sulit untuk merubahnya kembali normal.

Sugesti Dapat Menyebabkan Kematian??


Untuk ini saya kurang tahu pasti, tapi saya mendapatkan sebuah kisah tentang pohon yang dicaci maki, oleh penduduk kepulauan Solomon, Pasifik Selatan, yaitu mencaci maki sebuah pohon. Untuk apa? Kebiasaan ini ternyata mereka lakukan apabila terdapat pohon dengan akar-akar yang sangat kuat dan sulit untuk dipotong dengan kapak. 

Inilah yang mereka lakukan, jadi tujuannya supaya pohon itu mati.

Caranya adalah, beberapa penduduk yang lebih kuat dan berani akan memanjat hingga ke atas pohon itu. Lalu, ketika sampai di atas pohon itu bersama dengan penduduk yang ada di bawah pohon, mereka akan berteriak sekuat-kuatnya kepada pohon itu. Mereka lakukan teriakan berjam-jam, selama kurang lebih empat puluh hari. Ingat teriakan disini berisi cacian.

Dan, apa yang terjadi sungguh menakjubkan. Pohon yang diteriaki itu perlahan-lahan daunnya mulai mengering. Setelah itu dahan-dahannya juga mulai  rontok dan perlahan-lahan pohon itu mati dan dengan demikian, mudahlah untuk ditumbangkan.


Apa Hubungan sugesti dengan hipnosis??

Selengkapnya dapat Anda lihat pada video saya yang satu ini 
Cara Kerja Hipnosis 








Kekuatan Yang Sungguh Menakjubkan Dari Sugesti!! | Fahri Wijaya | 4.5