Pengertian Superego

Apa itu Superego??



Nah, setelah kemarin saya membahas tentang “Pengertian Id” dan “Pengertian Ego“, sesuai janji saya, hari ini saya akan membahas tentang yang namanya “Superego”. Pada artikel sebelumnya tentang ego, saya sudah menyinggung sedikit tentang superego. Dimana fungsi dari superego ini adalah mengontrol kerja dari ego.
Superego adalah sistem kepribadian yang terakhir yang ditemukan oleh Sigmund Freud. Sistem kepribadian ini seolah-olah berkedudukan di atas ego, karena itu dinamakan superego. Dia selalu bersikap kritis terhadap aktivitas ego, bahkan tidak jarang menghantam dan menyerang ego.
Superego merupakan sistem kepribadian yang melepaskan diri dari ego. Aktivitas superego dapat berupa self observation, kritik diri, larangan dan berbagai tindakan relefksif lainnya.

Superego terbentuk melalui proses internalisasi (proses memasukkan ke dalam diri). Contoh sederhana dari internalisasi seperti ini. Misalnya, dulu waktu Anda kecil mungkin diajarkan sama orangtua Anda, jika ada orang yang menolong Anda, maka ucapkan terima kasih. Proses tersebut Anda lakukan berulang-ulang dan akhirnya perilaku mengucapkan terima kasih akan terinternalisasi ke dalam diri Anda.
Nilai dan norma yang semula “asing” bagi seseorang lambat laun diterima dan dianggapnya sebagai sesuatu yang berasal dari dalam dirinya. Larangan, perintah, anjuran, cita-cita, dan sebagainya yang berasal dari luar (misalnya orangtua dan guru) diterima sepenuhnya oleh seseorang, yang lambat laun dihayati sebagai miliknya. Dengan demikian, Superego berdasarkan nilai dan norma-norma yang berlaku di dunia eksternal, kemudian melalui proses internalisasi, nilai dan norma-norman tersebut menjadi acuan bagi perilaku yang bersangkutan.

Contoh dari Id, Ego, dan Superego

Agar lebih jelas tentang fungsi-fungsi dari masing-masing sistem kepribadian saya akan memberikan sebuah kasus. Misalnya, Anda menemukan uang 100 ribu di jalan dan pada saat itu jalanan sedang kosong. Lalu, Anda membayangkan dengan uang 100 ribu tersebut, Anda bisa membeli makanan enak dan sebagainya (Id). Lalu, Anda teringat sebuah pesan, jika Anda mengambil uang yang bukan hak Anda, maka berdosa. Sesungguhnya Tuhan Maha Melihat (Superego). Disinilah terjadi pertentangan. Id mengatakan ambil saja uangnya. Sedangkan Superego mengatakan jangan ambil uangnya. Disinilah tugas Anda (Ego). Anda sudah diberi gambaran oleh Id dan Superego. Selanjutnya Anda yang menentukan ingin mengikuti Id dan Superego.

Sekian artikel saya tentang apa yang dimaksud dengan superego, semoga bermanfaat ^ ^
Baca juga yaa artikel lainnya tentang 

Sejarah dan Pengertian Hipnosis

Pengertian Superego | Fahri Wijaya | 4.5