Pengertian dari Hedonisme

Apa itu Hedonisme??

Fahri’s Blog – Hedonisme itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Hedonismos” yang berarti kesenangan. 



Hedonisme merupakan pandangan hidup yang mengganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan berusaha menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Menurut ajaran hedonisme bahwa kesenangan atau kenikmatan adalah yang paling utama dan merupakan tujuan hidup manusia. Terdapat tiga sekolah pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.

 Sejarah Munculnya Hedonisme



Paham ini pada awalnya muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM. Hedonisme ingin menjawab pertanyaan dari filsafat “apa hal yang terbaik bagi manusia??”. Hal ini diawali dengan Sokrates yang menanyakan tentang apa yang sebenarnya menjadi tujuan akhir manusia. Lalu Aristippos dan Kyeren menjawab bahwa hal yang terbaik bagi manusia adalah kesenagan. 
Seorang filsuf Yunani bernama Epikuros mengatakan bahwa tindakan manusia yang mencari kesenangan adalah kodrat alamiah. Meskipun demikian ada perbedaan antara Epikurean tidak hanya mencakup kegiatan badani aja seperti kaum Aristippos melainkan juga mencari kesenangan rohani, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan.

Baikah menjadi kaum hedonisme??




Menurut pendapat saya setiap manusia pasti mencari kesenagan,kebaikan, dan semacamanya. Akan tetapi, kesenagan atau kebaikkan yang diartikan dari kaum hedonisme ini adalah sekedar kesenangan dunia. Hedonisme tidak mementingkan akibat dari yang diperbuatnya selagi perbuatan itu menciptakan kesenagan bagi diri dia. Secara tidak sengaja sebenarnya kita sudah menjadi bagian dari kaum hedonisme itu sendiri seperti membeli emas sebanyak-banyaknya dengan tujuan untuk memuaskan diri, membeli baju yang mahal-mahal yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan tujuannya hanya memenuhi hasrat puas/senang dari manusia itu 
sendiri. Ingatlah, jangan biarkan keiingan Anda menguasai diri Anda.

Kaum hedonisme biasanya juga melakukan kegiatan-kegiatan yang negatif hanya untuk kesenangan pribadi tanpa memikirkan dampak kedepannya dari yang diperbuatnya. Yang penting SENANG. Contohnya, perilaku geng motor yang sekarang sedang marak di Indonesia

Jadi kesimpulan dari saya, jika Anda sudah terlanjur menjadi bagian dari kaum hedonis, perlahan-lahan dirubah. Karena tujuan manusia bukan hanya mencari kenikmatan dunia, melainkan juga kenikmatan akhirat.
Bagaimana tanggapan Anda tentang hedonisme itu sendiri?? Komen di bawah yaa

  

Pengertian dari Hedonisme | Fahri Wijaya | 4.5