Mengenal Tentang Skizofrenia

Pengertian dari Skizofrenia


Dapatkah Anda membayangkan, jika suatu saat Anda tidak mampu mengekspresikan emosi dalam diri Anda seperti senang, sedih, marah, dan sebagainya?? dan Anda menjadi orang yang penutup, antisosial (menolak lingkungan)??



Hal inilah yang dialami orang yang terkena gangguan psikologis yang dinamakan “Skizofrenia”. Skizofrenia adalah suatu gangguan psikologis yang mempengaruhi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal pikiran, perasaan dan tingkah laku. Gangguan psikologis ini dapat menyebabkan seseorang sering halusinasi ( perspsi tanpa adanya ransangan pancaindra atau delusi (keyakinan yang salah”.

Penyebab Skizofrenia 



Skizofrenia dapat disebabkan oleh pengaruh neurologis. Salah satunya ketidakseimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak

75% penderita skizofrenia mulai mengidapnya pada usia 16-25 tahun. Usia remaja dan dewasa muda memang berisiko tinggi karena tahap kehidupan ini penuh stresor (sesuatu hal yang dapat menyebabkan stress). Kondisi penderita sering terlambat disadari keluarga dan lingkungannya karena dianggap sebagai bagian dari tahap penyesuaian diri.



Pengenalan dan intervensi dini berupa obat dan psikososial sangat penting karena semakin lama ia tidak diobati, kemungkinan kambuh semakin sering dan resistensi terhadap upaya terapi semakin kuat. Seseorang yang mengalami gejala skizofrenia sebaiknya segera dibawa ke psikiater dan psikolog.

Jenis-jenis Skizofrenia


  • Skizofrenia paranoid – Jenis skizofrenia ini ditandai pasien sering mengalami halusinasi, seperti mendengar bisikan-bisikan yang tidak tau dari mana asalnya dan sangat mengganggu dirinya. Yang lebih parah, jika dia terus merasa seperti berhalusinasi bisa-bisa dia menjadi depresi atau gila
  • Skizofrenia tidak teratur – Artinya si pasien tidak mampu menempatkan emosi yang sesuai. Misalnya dalam keadaan senang tiba-tiba dia sedih sendiri.
  • Skizofrenia katatonik – Jenis skizofrenia yang ditandai dengan gangguan motorik, termasuk kegembiraan ekstrim dan perilaku menyerang secara fisik terhadap orang lain tanpa alasan.
Baca juga yaa artikel lainnya tentang



Sumber:wikipedia

Mengenal Tentang Skizofrenia | Fahri Wijaya | 4.5