Fungsi-Fungsi dari Fantasi

 Apa Fungsi dari Fantasi???


Pada artikel sebelumnya, fahri’s blog telah membahas tentang “Pengertian dari Fantasi“. Sekarang, saya ingin melanjutkan tentang fantasi, tapi tidak lagi menjelaskan pengertiannya, melainkan fungsi dari fantasi itu sendiri. Mungkin sebagian dari Anda berpendapat bahwa fantasi bisa membuat pikiran menjadi tenang, bisa mendatangkan ide baru, bisa menyelesaikan masalah, dan sebagai. 

Fantasi
Fantasi

Contoh dari Fungsi Fantasi

Saya punya 1 kasus, dimana Andi sering mengalami demam panggung ketika disuruh persentase di depan kelas. Untuk menghilangkan kegugupan si Andi maju ke depan untuk persentase, mungkin Andi dapat sedikit berfantasi. Misalnya membayangkan dirinya sedang berada di hadapan para mahasiswa-mahasiswa lain. Membayangkan suasana saat itu, membayangkan diri Anda sedang bicara dan mahasiswa lain mendengarkan. Dengan melakukan hal ini, ketagangan psikologis pada Andi sedikit berkurang untuk menghadapi esok hari.
Mungkin sebagian dari Anda lebih nyaman persentase di depan, tapi mahasiswa lain ribut dibandingkan seluruh mahasiswa diam. Karena dengan mahasiswa lain diam dan mendengarkan, berarti Anda menjadi pusat perhatian. Disinilah biasanya yang menyebabkan kegugupan itu terjadi.
Itu sedikit contoh dari saya mengenai manfaat dari fantasi. Dalam PsikologiPendidikan, ada beberapa hal yang lebih spesifik mengenai fungsi fantasi, yaitu:
1.Fantasi memungkinkan orang menempatkan diri dalam hidup kepribadian orang lain, dengan demikian dia dapat memahami sesama manusia. Untuk lebih jelas tentang kepribadian bisa dibaca pada artikel saya tentang ”  4 Macam Tipe Kepribadian Manusia

2.Fantasi memungkinkan orang untuk menyelemai sifat-sifat kemanusiaan pada umumnya, dengan demikian maka ia dapat memahami kebudayaan asing, memahami nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya.

3.Fantasi memungkinkan orang untuk melepaskan diri dari ruang dan waktu. Dengan demikian dia dapat, memahami apa yang terjadi di tempat lain. Hal inilah antara lain yang memungkinkan orang belajar geografi. Untuk hal yang lain dapat memahami apa yang terjadi di waktu lain. Hal ini yang membuat orang belajar sejarah.

4.Fantasi dapat membuat orang melepaskan diri dari kesukaran dan permasalahan yang dihadapi, dengan melupakan kegagalan-kegagalannya di masa lalu.

5.Fantasi memungkinkan orang untuk menyelesaikan konflik rill secara imaginer, sehingga dapat mengurangi ketegangan psikis dan menjaga keseimbangan batin.

6.Fantasi dapat membuat seseorang untuk menciptakan sesuatu yang dikejar, membentuk masa depan yang ideal dan berusaha merealisasikannya. 
Lanjut baca yang dibawah ini juga yaa 😉
  1. Bajaj Super Canggih Telah Hadir di Dunia 
 

Fungsi-Fungsi dari Fantasi | Fahri Wijaya | 4.5