Apa yang Dimaksud dengan Ego??

Apa itu Ego??


Setelah semalam saya membahas tentang ” pengertian dari Id “, sekarang saya ingin melanjutkan tentang Ego. Ego sangat berbeda dengan Id. Jika pada pembahasan sebelumnya Id adalah suatu yang di luar kontrol diri kita, kalau ego adalah suatu yang terkontrol. Artinya, jika Anda melakukan sesuatu, Anda menyadari akan hal itu.



Meskid Id mampu melahirkan keinginan, namun dia tidak mampu memuaskannya. Subsistem kedua yang disebut ego ini berfungsi mejembatani tuntuan id dengan realitas di dunia luar. Ego merupakan mediator antara hasrat-hasrat hewani (Id) dengan tuntuan rasional dan realistik (Superego). Ego-lah yang menyebabkan manusia mampu menundukkan hasrat hewani manusia dan hidup sebagai wujud yang rasional (pada pribadi yang normal), tapi ego juga yang dapat membuat manusia menjadi bejat dan jahat.

Pengertian dari Ego


Ego adalah aspek psikologis dari kepribadian yang timbul karena kebutuhan manusia untuk berhubungan secara baik dengan dunia kenyataan. Orang lapar tentu perlu makan untuk menghilangkan ketegangan yang ada di dalam dirinya. Inilah yang menyebabkan perbedaan antara id dan ego. Id hanya mengenal dunia subjektif (dunia batin), sementara ego dapat membedakan sesuatu yang hanya ada di batin dan sesuatu yang ada di luar dunia objektif (nyata).

Perbedaan Ego dan Id


Lain dengan id, ego berpegang pada prinsip kenyataan (reality principle) dan berhubungan dengan proses sekunder. Tujuan prinsip realitas adalah mencari objek yang tepat sesuai dengan kenyataan untuk mereduksi ketegangan yang timbul di dalam diri. Misalnya, Anda haus dan ingin meminum jus alpukat. Anda membayangkan jus pokat dalam pikiran Anda (Id). Lalu Anda pergi ke toko buah untuk membeli aplukat dan membuat jus alpukat (Ego). Jadi intinya, ego hanya melaksanakan tugas dari id. Akan tetapi, yang paling penting untuk diingat, Id bisa bersifat negatif dan positif. Kalau positif mungkin seperti contoh di atas, tapi yang negatif misalnya. Anda melihat cewek cantik, lalu Anda membayangkan bercinta dengan dia (Id yang negatif). Jika ego Anda menturuti si id, maka Anda bodoh, Maka, dari itu ada subsitem yang ketiga yang disebut “SUPEREGO”. Inilah yang mengontrol kerja dari ego. Jadi intinya ego itu adalah diri Anda sendiri. Anda punya kontrol ketika melakukan sesuatu. Untuk superego akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya ^ ^

Sekian artikel saya tentang Ego, semoga bermanfaat ^^
Mampir juga yaa ke artikel lainnya ­čśÇ
  1. Ikan Ini Suka Memakan Alat Vital 
  2. Ceker Ayam Dapat Mencegah Osteoporosis
Apa yang Dimaksud dengan Ego?? | Fahri Wijaya | 4.5