7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan

7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan – Kebahagiaan menurut saya adalah sesuatu yang sangat sulit diartikan dan biasanya bersifat relatif. Artinya, kebahagiaan seseorang itu berbeda-beda. Mungkin saja 2 individu yang menempati jenis pekerjaan yang sama, satu bahagia dan satunya lagi tidak. Ini mungkin bisa saja disebabkan karena perasaan nyaman dan tidak nyaman.

Menurut Wikipedia kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Setelah kita mengetahui pengertian dari kebahagiaan, sekarang kita akan bahas 7 faktor yang membuat seseorang bisa bahagia.


bahagia

1.Kesehatan


Kesehatan yang baik memungkinkan orang pada usia berapa pun melakukan apa yang hendak dilakukan, sedangkan kesehatan yang buruk atau ketidakmampuan fisik menjadi halangan untuk mencapai kepusaan bagi keinginan dan kebutuhan mereka sedemikian rupa, sehingga menimbulkan rasa tidak bahagia. Akan tetapi, bukan berarti tubuh yang tidak sehat membuat kita menjadi orang yang tidak bahagia. Anda bisa membaca artikel saya tentang Psikologi Positif yang membuat diri kita bisa menciptakan kebahagiaan itu sendiri. 

2.Daya Tarik Fisik

Daya tarik fisik  menyebabkan individu dapat diterima dan disukai oleh masyarakat dan sering merupakan penyebab dari prestasi yang lebih besar daripada apa yang mungkin dicapai individu kalau kurang mempunyai daya tarik

3.Jenis Pekerjaan

Semakin rutin sifat pekerjaan dan semakin sedikit kesempatan untuk otonomi dalam pekerjaan, semakin kurang memuaskan. Hal ini dilihat pada tugas sehari-hari yang diberikan kepada anak-anak dan juga pekerjaan orang-orang dewasa.

4.Status Kerja

Baik di bidang persekolahan maupun pekerjaan semakin berhasil seseorang melaksanakan tugas semakin hal itu dihubungkan dengan prestise, maka semakin besar kepuasaan yang ditimbulkan.

5.Pemilikan Harta Benda 

Pemilikan harta benda bukan dalam arti memiliki benda itu yang mempengaruhi kebahagiaan. Melainkan cara orang merasakan pemilikan itu. Artinya bagaimana cara Anda menyikapi harta yang Anda miliki untuk menciptakan kebahagiaan. Bukan dengan membeli barang-barang mahal yaa. Pentingkanlah kebutuhan dibandingkan keinginan ^^ dengan cara ini Anda akan terhindar dari yang namanya “HEDONISME

6.Realisme dari Konsep Diri

Orang-orang yang yakin bahwa kemampuannya lebih besar dari yang sebenarnya akan merasa tidak bahagia apabila tujuan mereka tidak tercapai. Ketidakbahagiaan mereka dipertajam oleh perasaan tidak mampu dan oleh keyakinan bahwa mereka tidak dimengerti diperlakukan kurang adil. Contohnya seperti ini, Anda punya keinginan suatu saat Anda ingin menjadi dokter. Tiba-tiba keinginan Anda tidak tercapai, padahal Anda sudah berusaha dengan giat. Akhirnya Anda menciptakan konsep diri bahwa Anda memang tidak mampu untuk menjadi seorang dokter dikarenakan Anda tidak pintar. Konsep diri seperti inilah yang dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang dan bisa jadi membuat seseorang tersebut stres atau sampai depresi.

7.Kondisi Kehidupan

Jika pola kehidupan memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dengan orang-orang lain baik di dalam keluarga maupun dengan teman-teman dan tetangga di dalam masyarakat, maka kondisi demikian memperbesar kepuasaan hidup.

Sekian artikel saya tentang hal-hal yang membuat seseorang bisa bahagia, semoga bermanfaat ^^

7 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kebahagiaan | Fahri Wijaya | 4.5