Mampukah Transplantasi Retina Menyembuhkan Orang Buta???


Cara menyembuhkan orangbuta/tuna netra – Ilmuwan Inggris melakukan suatu hal yang mengejutkan dalam dunia medis, yaitu menemukan cara agar seorang yang tidak dapat bisa melihat (tuna netra) bisa melihat kembali.
Ilustrasi
Tahun lalu, para ilmuwan dari University College London mencoba mengganti sel yang rusak di dalam retina mata tikus dengan retina buatan.

Percobaan Penelitan Transplantasi Retina 

Retina tersebut terbentuk dari embrionik sel induk yang diambil dari mata tikus. Sel tersebut lalu tumbuh menjadi retina setelah dicampur dengan vitamin dan protein. Proses pembentukannya memakan waktu empat bulan.
Setelah proses selesai, retina buatan tersebut disuntikkan pada bagian belakang mata tikus.
Untuk membuktikan hasil penelitian, tikus tersebut dibiarkan berenang di kolam. Hasilnya, tikus yang diberi retina buatan dapat berenang mencari jalan keluar. Sementara yang tidak, hanya bisa berenang berputar-putar dan kesulitan menemukan jalan keluar.
Video Transplantasi Retina pada Hewan
Penjelasan: 
Wildtype Mouse >> Tikus normal
Gnat and Sham Mouse >> Tikus yang buta
Nrl.GFP Mouse >> Tikus yang sudah ditransplantasi retina
Profesor Robin Ali, pemimpin penelitian tersebut, mengatakan bukan tidak mungkin keajaiban tersebut dapat dilakukan pada manusia.
Pengobatan dengan cara transpalasi sel retina buatan tentunya dapat diterapkan untuk kasus manusia. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, pengobatan pada manusia bisa memakan waktu lima tahun.
DIa mengharapkan penemuan tersebut dapat mengobati kelainan penglihatan akibat faktor degenerasi yang dialami oleh laki-laki maupun perempuan.
Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan pengobatan tersebut dapat mengembalikan penglihatan manusia. 
Penelitian terbaru menunjukkan transplantasi retina menghasilkan perbaikan penglihatan pada tujuh dari 10 pasien. Demikian dilaporkan oleh American Journal of Opthalmology.Penelitian awal menunjukkan hasil yang menggembirakan pada pasien dengan Retinitis Pigmentosa (RP) dan Degenerasi Makular (DM) yang berkaitan dengan usia. (liputan 6)
Sekian artikel saya tentang cara agar orang yang buta dapat melihat kembali, semoga bermanfaat ^^
Baca juga ya artikel di bawah ini 
sumber:tribun
Mampukah Transplantasi Retina Menyembuhkan Orang Buta??? | Fahri Wijaya | 4.5