Bajaj Super Canggih Telah Hadir di Dunia

Yang Anda lihat saat ini mungkin adalah bajaj tercanggih di dunia. Meskipun tampilan luarnya memang tetap kuno, bajaj-bajaj ini membawa teknologi yang bahkan tidak dimiliki beberapa taksi modern seperti GPS pelacak, penghitung jarak, tarif, navigasi yang terintegrasi dengan Google Maps, hiburan kualitas HD untuk penumpang, dan iklan berbasis lokasi.

Meskipun dipandang sebagai alat transportasi negara berkembang yang eksotis bagi turis, bajaj seringkali melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti dibawa berputar-putar sebelum sampai ke tujuan dan/atau memasang tarif yang terlalu mahal.

Sayangnya, reputasi bajaj juga tidak begitu bagus di mata penduduk lokal. Bajaj dianggap terlalu mahal dan terutama di Bangkok dan Jakarta, asap knalpot dari bajaj sangat mengganggu pernapasan, apalagi ketika macet.
Meskipun tidak bisa membuat bajaj berubah menjadi limosin roda tiga, Terra Tech, startup asal Singapura yang mempercanggih bajaj ini, mampu mengidentifikasi masalah pada bajaj dan mematok standar harga serta meningkatkan metode operasi kendaraan ini.

Bajaj Canggih

Perusahaan ini juga tentunya tidak hanya mempercanggih bajaj. Selain meng-upgrade 50 bajaj di Ahmedabad di India Utara, Terra Tech juga memasang teknologi yang mereka buat pada 85 taksi di Chennai. Mereka juga berencana melakukan hal yang sama pada 20 bus swasta di Singapura setelah sebelumnya mencobanya di Manila (Filipina), Colombo (Sri Lanka), Batam (Indonesia), dan Preston (Inggris).

Apa Tujuan Membuat Bajaj Super Canggih Ini??

Tujuan utama Terra Tech adalah memberikan kecanggihan teknologi ke seluruh kendaraan umum di Asia, untuk kemudian meningkatkan kepuasan penumpang. “Kami bekerja dengan satu atau dua perusahaan taksi di tiap kota agar mereka bisa memanfaatkan teknologi ketika beroperasi,” kata founder Terra Tech, Varadharajan Kumaravelu.

Uniknya, perusahaan ini tidak menggunakan hardware yang terlalu rumit. Semua fitur – dari penghitung tarif sampai pelacak kendaraan dan manajemen pemesanan – tersedia melalui aplikasi Android yang bisa diaktifkan dari tablet atau smartphone. Jaringan iklan terpajang di bagian atas aplikasi ini, dan menunggu untuk bisa menghasilkan uang seiring bertumbuhnya jumlah pengguna aplikasi ini. Perusahaan transportasi swasta bisa menggunakan platform Terra Tech dengan membayar biaya bulanan dan uang muka seharga minimal USD 500 (Rp 5,9 juta). Sekian artikel saya tentang Bajaj Canggih di Dunia, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Bajaj Super Canggih Telah Hadir di Dunia | Fahri Wijaya | 4.5