Tidur Cukup Kurangi Risiko Terkena Penyakit

Wivrit.com – Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari setiap makhluk hidup terutama kita sebagai manusia makhluk yang sempurna. Akan tetapi, malah kebanyakan orang yang malas untuk tidur, alasannya insomnia, banyak kerjaan, dll. Jika anda tidak tidur, karena anda mengatakan insomnia berarti ada yang salah dalam pikiran anda. Sebenarnya jarang sekali orang yang benar-benar terkena insomnia, yang ada banyak orang yang sok-sok insomnia. Sebenarnya pikiran merekalah yang membuat mereka tidak bisa tidur. Jika mereka merubah pola pikir mereka untuk tidur, mudah-mudahan bisa tidur dengan tenang. Akan tetapi, jika anda benar-benar terkena insomnia, anda bisa baca artikel saya yang berjudul Mengatasi Insomnia Dengan Dzikir

Tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya mengurangi risiko masalah penyakit jantung dan stroke. Peneliti dari Chicago Medical School menemukan, orang yang kurang tidur setiap malamnya kemungkinan dua kali lebih besar menderita serangan jantung dan stroke dibandingkan mereka yang memiliki tidur yang cukup antara 6-8 jam.
Selain itu mereka yang kurang tidur juga memiliki risiko dua pertiga lebih tinggi akan gagal jantung kongesif, yang kemampuan jantungnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh melemah dan berpotensi merusak organ lainnya.

Mengapa Kurang Tidur Dapat Terkena Penyakit Jantung atau Stroke??

Hal ini karena durasi tidur yang lebih pendek memiliki efek termasuk peningkatan kadar hormon stres kortisol, tekanan darah meningkat, hiperaktivitas dari sistem saraf simpatik dan peradangan meningkat.
Sebelumnya banyak orang beranggapan tidur lebih dari delapan jam semalam dikatikan dengan lebih dari 2 kali lipat risiko angina.
Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemia didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam miokardium. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun (adanya aterosklerosis koroner atau spasme arteria koroner) atau kebutuhan oksigen yang meningkat. (wikipedia)
Sau dari enam kematian laki-laki dan satu dari sembilan kematian perempuan berasal dari penyakit jantung koroner (PJK). Total hampir 74.000 kematian dan stroke menyebabkan hampir 42.000 kematian.
Sekian artikel saya tentang Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke Dengan Tidur Cukup, Semoga bermanfaat.
Baca juga yaa artikel di bawah ini :
Kesehatan – Manfaat Keju Bagi Kesehatan Tubuh

Unik – Operasi Plastik Demi Sebuah Pekerjaan

Tidur Cukup Kurangi Risiko Terkena Penyakit | Fahri Wijaya | 4.5