Pengertian dan Penyebab Insomnia

Apa itu Insomnia??

 

Fahri’s Blog – Insomnia adalah suatu gejala kelainan dalam tidur seperti kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk melakukan hal tersebut.
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Permasalahan psikologis itu sangat banyak misalnya, keluarga yang berantakan alias broken home, ditinggal orang yang dicintai, trauma terhadap sesuatu hal, dan lain-lain
Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitifTerapi kognitif adalah terapi yang menggunakan pendekatan terstruktur, aktif, derektif dan berjangka waktu singkat, untuk menghadapi berbagai hambatan dalam kepribadian, misalnya ansietas, depresi, insomnia, dll. Terapi ini didasarkan pada teori bahwa afek (keadaan emosi, perasaan) dan tindakan seseorang sebagaian besar ditentukan oleh bagaimana seseorang tersebut membentuk dunianya. Intinya dari terapi kognitif ini, merubah pola pikir yang salah.
Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.
Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Biasanya obat-obat tersebut memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Penyebab Insomnia

 
Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.
Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:
·     Jet lag (suatu kondisi kelelahan yang berakibat pada gangguan pencernaan, insomnia dan sakit kepala yang terjadi bersamaan. Ada juga yang menyebut jet lag sebagai gangguan ritme tidur sehabis perjalanan jauh melintasi zona waktu dengan cepat)
·         Bekerja pada malam hari.
·         Jam kerja sering berubah-ubah
·         Penggunaan alkohol yang berlebihan.
·         Efek samping obat (kadang-kadang).
·         Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).
·         Kejadian traumatis
·         dll

Bagaimana cara mengatasi Insomnia??

 
 
Mungkin beberapa kasus insomnia bisa diselesaikan melalui pola tidur yang baik alias tidak berubah-ubah, relaksasi sebelum tidur dengan fokus ke pernafasan, atau cara lain bisa dengan dzikir. Berikut artikel saya tentang Cara Mengatasi Insomnia Dengan Dzikir
 
Jika dari anda ada yang pernah terkena insomnia dan sekarang sudah sembuh, mohon bagi tips lainnya yaa dalam menangani hal tersebut ^^
Baca juga artikel yang satu ini tentang  Pengertian dari Parasomnia
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Insomnia
Pengertian dan Penyebab Insomnia | Fahri Wijaya | 4.5