Tes Psikologi Untuk Mengetahui Kepribadian Anda

Tes psikologi melihat kepribadian kita – Anda mungkin kerap mendengar tentang tes psikologi. Tes ini sering juga disebut sebagai psikotes. Tes ini biasanya diadakan oleh suatu instansi sebelum merekrut karyawan. Dari psikotes yang dilakukan, sebuah perusahaan akan bisa menilai kemampuan calon karyawannya. Tes ini bahkan dijadikan tes tahap awal untuk merekrut karyawan baru. Selain dipakai oleh perusahaan dalam merekrut karyawan, tes semacam ini juga dipakai di perguruan tinggi untuk menyaring kemampuan calon mahasiswa. Pada uraian ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai psikotes dan bagaimana cara menaklukannya. Langsung saja simak info lengkapnya berikut ini.

tes psikologi

Menurut informasi yang dikutip dari halaman wikipediapengertian tes psikologi itu sendiri adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Tes Psikologi juga merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.  Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.

Gambaran Umum tentang Tes Psikologi

Serangkaian tes psikologi biasanya dilakukan oleh seseorang yang telah profesional atau ahli di bidangnya. Orang yang berwenang melakukan tes ini adalah psikolog. Tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kecerdasan seseorang, tingkat emosinya, dan juga fungsi perilaku seseorang. Tak hanya bagi para pencari kerja, psikotes ini juga bisa dilakukan pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Sebenarnya, tidak ada rumus untuk mengerjakan serangkaian tes ini. Psikotes bukan tentang salah atau benar atas sesuatu, melainkan lebih bertujuan untuk mengetahui kualitas kepribadian seseorang. Soal-soal tes ini pun sebenarnya tidak susah. Sebagian besar soal hanya menuntut Anda untuk menjawab “Ya” atau “Tidak”. Dari jawaban-jawaban yang Anda lontarkan tersebut, karakter diri Anda akan bisa diidentifikasi oleh para ahli.

Bentuk tes psikotes lainnya adalah sebuah tes yang dirancang khusus untuk seseorang agar bisa bereaksi secara interaktif. Lingkungan tes dibuat semirip mungkin dengan aslinya agar mendukung tingkat emosional seseorang. Lalu, ada juga tes psikologi yang dilakukan secara individual dan kelompok. Tes yang bersifat individual membutuhkan penafsiran khusus secara individual pula. Sementara tes yang dilakukan pada kelompok dengan jumlah yang besar biasanya ditafsirkan dengan menggunakan komputer agar lebih cepat. Apa pun jenis tesnya, tes ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memahami perilaku seseorang dan memperkirakan bagaimana perilakunya untuk masa depan.

Berbicara tentang tes psikologi, sebenarnya ada begitu banyak macam tes psikologi. Fungsi dari tes psikologi ini biasanya untuk melihat kepribadian, Intelegensi, Wartegg test, analog verbal setiap individu. Agar informasi yang Anda dapatkan menjadi lebih utuh, pada uraian ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis tes psikotes yang ada saat ini. Setidaknya, ada enam jenis tes psikotes yang terangkum dalam penjelasan berikut ini.

Macam-macam Tes Psikologi

  1. Tes Pencapaian

Tes Pencapaian merupakan serangkaian tes yang dirancang khusus untuk mengukur seberapa tinggi bakat atau kemampuan seseorang. Tes ini biasanya dilakukan pada anak-anak dengan ketentuan-ketentuan tertentu. contoh tes ini seperti TKD (Tes Kemampuan Dasar) yaitu tes untuk mengukur kemampuan dasar individu

  1. Tes Kecerdasan

Tes Kecerdasan adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengukur kecerdasan dengan prosedur-prosedur tertentu. Tes untuk mengukur kecerdasan seseorang hampir mirip dengan tes IQ. Akan ada serangkaian tes yang akan menjelaskan seberapa pintar diri Anda. contoh tes ini seperti  CFIT (Culture Fair Intelegence Test) yaitu tes untuk mengungkap kemampuan mental umum.

  1. Tes Karir

Tes Psikologi di dalamnya juga terkait dengan tes karier. Tes ini bertujuan untuk menjelaskan ketertarikan Anda dalam hal pekerjaan. Dengan melakukan tes karier, Anda akan lebih tahu jenis pekerjaan apa yang sebenarnya sesuai dengan diri Anda.

  1. Tes Neuropsikolog

Tes yang satu ini merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang yang mengalami kerusakan otak. Kerusakan otak yang dimaksud adalah adanya cedera traumatik di bagian orak atau adanya masalah saraf sehingga mempengaruhi tingkat penilaian tubuh mereka. Psikotes ini biasanya dilakukan pada anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental.

  1. Tes Kepribadian

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan perilaku seseorang dari sisi emosi dan sifatnya. Tes ini bermanfaat untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan seseorang. Tes ini bermanfaat juga untuk mengenali permasalahan pribadi seperti adanya gangguan emosi. Contoh tes kepribadian seperti:
TES PAULI: tes untuk mengukur sikap kerja dan prestasi kerja (daya tahan, keuletan, sikap terhadap tekanan, daya penyesuaian, ketekunan, konsistensi, kendali diri)
DRAW A MAN TEST (DAM)Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Baca juga : Jenis Tes Psikologi Kepribadian yang Sering Dipakai Tes Kerja

  1. Tes Klinis Lainnya

Dalam hal tes psikologi, ada tes klinis lainnya yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur permasalahan  klinis tertentu, misalnya kegelisahan atau depresi yang sedang Anda alami saat ini.

Dalam dunia kerja, tes psikologi yang akan Anda hadapi adalah Tes Kecerdasan, Tes Karier, dan Tes Kepribadian. Jenis-Jenis tes lainnya hanya dilakukan untuk seseorang dalam kondisi khusus. Jadi, untuk menaklukkan psikotes kerja, Anda harus memahami hal-hal terkait tes kecerdasan, kepribadian, dan tes karier. Dengan demikian, kemungkinan untuk lolos tes tersebut jauh lebih besar.

Tips Menaklukkan Tes Psikologi 

Setelah mengetahui beberapa jenis tes psikologi, saatnya Anda menyusun rencana untuk bisa lolos dalam seleksi tahap awal ini. Untuk bisa lolos tes ini, sebenarnya Anda tidak membutuhkan pembelajaran tertentu. Anda akan bisa lolos dengan mudah jika kondisi psikologis Anda sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk memastikan keadaan psikologis Anda sesuai dengan apa yang perusahaan butuhkan, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Banyak Berlatih

Meskipun soal-soal psikotes lumayan mudah, tidak ada salahnya jika Anda sering berlatih soal-soal psikotes. Dengan sering berlatih, soal-soal dalam bentuk yang sama akan menjadi lebih mudah dikerjakan. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan beberapa soal tersebut. Sering latihan juga bisa memastikan Anda untuk lebih siap dan lebih percaya diri dalam menjalani serangkaian tes yang rumit ini.
Contoh soal tes ini bisa Anda dapatkan di toko-toko buku. Belajarlah lebih serius supaya kecerdasan psikologis Anda semakin bertambah. Contoh soal yang ada dalam buku akan membantu Anda dalam memahami tipe-tipe soal tes ini.

  1. Percaya diri

Setelah melakukan berbagai persiapan untuk tes ini, yang harus Anda lakukan saat sedang menjalani tes adalah bersikap percaya diri dan berpikiran positif. Selama ini, Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Anda bahkan sudah sering belajar tentang soal-soal tes ini. Lalu, pada saat tes itu tiba, cobalah untuk mensugesti diri Anda agar selalu percaya diri dan berpikiran positif. Buatlah diri Anda setenang mungkin agar bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan.

  1. Konsentrasi dan Fokus

Saat mengerjakan tes ini, Anda dituntut untuk lebih fokus dan konsentrasi menghadapi soal-soal. Konsentrasi, fokus, dan teliti adalah kunci penting dalam mengerjakan tes ini. Tanpa ketiga sikap ini, hasil tes tidak akan sesuai dengan harapan. Kombinasikan ketiga sikap di atas supaya Anda bisa lolos seleksi secara psikologis ini.

  1. Berdoa

Jika segala perjuangan sudah dilakukan, Anda tidak boleh meninggalkan poin yang keempat ini. Berdoa menjadi hal utama sekaligus terakhir yang bisa Anda lakukan agar lolos tes psikologi dan mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah melakukan tes ini, usahakan untuk selalu berdoa. Doa juga bisa membantu Anda untuk tetap tenang dan percaya diri saat menjalani tes.

Contoh Sederhana Tes Psikologi

tes psikologi di bawah ini, menurut saya pribadi di buat oleh seorang psikolog itu sendiri, artinya tidak masuk dalam daftar test psikologi pada umumnya. Tapi 10 pertanyaan ini bisa menunjukkan kepribadian kita seperti apa. Jujur setelah saya menjawab 10 pertanyaan ini, hampir 80 % jawabannya mewakili diri saya. Jadi bagi yang berminat, silahkan lanjutkan membaca. Jangan lupa baca aturannya ya
Aturan test :
1. Jangan di liat dulu jawabannya
2. Jawablah dengan berurutan
3. Jawab aja apa adanya menurut kata hatimu

Bayangkan anda pergi ke suatu hutan, lalu di hutan tersebut anda melihat sebuah gubuk, pada gubuk tersebut anda melihat suatu pintu.

  1. Bagimana kondisi pintu tersebut tersebut ??
    • Terbuka
    • Tertutup

    lalu anda masuk ke gubuk tersebut dan anda melihat sebuah meja

  2. Apa bentuk meja tersebut ??
    • Bulat
    • Kotak
    • Segitiga

    lalu anda melihat sebuah pot yang sedang tergantung di sekitar ruangan

  3. Terbuat dari apakah pot tersebut ??
    • Guci,keramik ataw tanah liat
    • Plastik
    • Besi
  4. Berapa banyak kah air didalam pot tersebut ??
    • Penuh
    • Setengah
    • Kosong

    Lalu anda keluar dari gubuk tersebut saat berjalan anda melihat sejumlah kunci

  5. Terbuat dari apakah kunci tersebut ??
    • Emas
    • Perak
    • Besi
  6. Berapakah jumlah kunci tersebut ??
    ( pilih angka 1 sampai 10)Lalu anda berjalan kedepan dan anda melihat air terjun. Air terjun tersebut mengalir.
  7. Berapakah derasnya aliran air terjun tersebut
    ( pilih angka 1-10 semakin tinggi angka yang anda pilih, aliran air semakin deras)
    Lalu anda berjalan kesebelah kanan anda melihat sebuah istana. Anda masuk kedalam istana tersebut. Didalam istana terdapat dua buah kolam. Di kolam yang pertama terdapat sejumlah koin yang terbuat dari emas tapi airnya kotor.
    Di kolam kedua terdapat banyak sekali koin yang terbuat dari perak dengan air cukup bersih
  8. Pada situasi tersebut apa yang anda lakukan??
    • Mengambil koin emas pada kolam pertama
    • Mengambil koin perak pada kolam kedua
    • Tidak mengambil apa2

    Lalu anda keluar dari istana tadi dan melihat sebuah kotak harta karun.

  9. Gimana ukuran kotak tersebut??
    • Besar
    • Sedang
    • Kecil

    Disekitar daerah tersebut anda melihat seekor kuda dan sebuah kotak besar.Oh tidak, tiba2 tornado datang

  10. Apa yang anda lakukan ??
    • Berlari menggunakan kuda
    • Masuk kedalam kotak besar
    • Berlari ketempat yang lebih aman.

Inilah jawaban dari kesepuluh pertanyaan dari tes psikologi kepribadian di atas

  1. Pintu
    Terbuka: Berarti anda orang yang terbuka pada sapa saja
    Tertutup: Anda orangnya tertutup
  2. Bentuk meja
    Bulat : Anda berteman dengan sapa saja
    Kotak : Anda selektif dalam berteman
    Segitiga : Sangat pemilih dalam berteman
  3. Bahan pot
    Guci,keramik ataw tanah liat : rendah hati dan berperasaan
    Plastik : fleksibel
    Besi : Keras kepala dan egois
  4. Isi pot
    Penuh : Cita2 anda sudah tercapai
    Setengah : Cita2 baru tercapai sebagian
    Kosong : Cita2 anda belum tercapai
  5. Kunci
    Emas : Berjiwa besar, penolong dan ramah
    Perak : Percaya diri, kreatif
    Besi : Anda orang biasa2 aja
  6. Jumlah kunci 1-10 : Angka (1-10) menunjukkan jumlah teman/sahabat terdekat yang anda miliki.
  7. Derasnya aliran air terjun menunjukkan gairah seks yang anda miliki
    1-10 : Semakin tinggi angka yg anda pilih semakin tinggi pula gairah seks yg anda miliki.
  8. Situasi
    Mengambil koin emas pada kolam pertama : Anda orangnya matre/komersil. Jika mencari pasangan lebih mengutamakan kekayaan.
    Mengambil koin perak pada kolam kedua : Jika memilih pasangan lebih mengutamakan tampang/fisik.
    Tidak mengambil apa2 : Apa adanya.
  9. Ukuran kotak menunjukkan ego yang ada miliki.
    Besar : Egois
    Sedang : Biasa aja
    Kecil : Baik hati
  10. Yang anda lakukan jika anda menghadapi masalah
    Berlari menggunakan Kuda : Membahas masalah tersebut bersama pasangan atau sahabat untuk penyelesaiannya.
    Masuk kedalam kotak besar : Memendam masalah tersebut.
    Berlari ketempat yang lebih aman : Menyelesaikan masalah sendiri

Demikian adalah informasi sederhana mengenai gambaran umum tes psikologi dan trik-trik dasar untuk menaklukkan tes ini. Informasi semacam ini sangat dibutuhkan bagi para pencari kerja. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua yang tengah akan menghadapi psikotes. Baca juga Pertanyaan untuk Tes Psikologi Cinta dan Kiat Sukses Dalam Mengerjakan Tes Psikologi Online

Tes Psikologi Untuk Mengetahui Kepribadian Anda | Fahri Wijaya | 4.5