Teori Psikoanalisa dari Sigmund Freud

TEORI PSIKOANALISA Psikoanalisa merupakan aliran psikologi yang paling dikenal dan memiliki banyak pengaruh dalam dunia psikologi dan di bidang lainnya. Sebagai contoh penyembuhan penderita sakit mental dengan melakukan terapi. Hipotesis pokok psikoanalisa menyatakan bahwa tingkah laku manusia sebagian besar ditentukan oleh motif-motif tidak sadar, sehingga Sigmund Freud dijuluki sebagai bapak penjelajah dan pembuat peta ketidaksadaran. Pada dekade awal abad 20, psikoanalisa semakin populer dan tulisan-tulisan Freud semakin berpengaruh. Dia juga memiliki banyak pengikut yang terkenal, antara lain Jung dan Adler. Mulai terbentuk forum-forum diskusi rutin antar ahli psikoanalisa dimana mereka dapat membicarakan konsep-konsep psikoanalisa. Dalam dunia pendidikan pada masa itu, Sigmund Freud belum populer. Namanya baru terkenal, ketika seorang sarjana psikologi Amerika yang bernama G.StanleyHall mengundang Sigmund Freud untuk memberikan serangkaian kuliah di Universitas Clark di Worcester, Masschusetts.

Aliran Psikoanalisa dari Sigmund Freud berasumsi bahwa energi penggerak awal perilaku manusia berasal dari dalam diri manusia yang terletak jauh di alam bawah sadar. Itulah sebabnya, mengapa begitu banyak penyakit fisik yang disebabkan oleh tertekannya psikologis seseorang. Tekanan psikologis itu ditekan ke dalam alam bawah sadar seseorang. Maka dari itu, untuk menyembuhkan penyakitnya adalah dengan menggali kembali masalah yang sedang di hadapinya melalui terapi, hypnosis, dll. Sebagai contoh, ada seorang karyawan yang ketika dia melihat atasanya, kepalanya langsung pusing. Ternyata dia sering dimarahi oleh atasannya. Karena dia tidak mampu mengeluarkan amarahnya, akhirnya amarah tersebut di tekan ke dalam alam bawah sadarnya, sehingga mulailah muncul penyakit fisik seperti pusing.

Sigmund Freud meyakini bahwa jiwa manusia memiliki 3 struktur sistem yang berbeda, yaitu id, ego, dan superego. Akan tetapi, untuk ini akan saya bahas di artikel saya berikutnya ^^ Stay and always visit my blog 😀

Baca artikel di bawah ini juga yaa ^^
·         Psikologi – 10 Fobia Paling Unik, Lucu, dan Aneh

·         Computer – Belajar Microsoft Excel part 1

Teori Psikoanalisa dari Sigmund Freud | Fahri Wijaya | 4.5