Fosil Tulang Dinosaurus Termuda Berhasil Ditemukan!!


Seorang Paleontolog yang berasal dari Texas Utara mengatakan bahwa mereka telah berhasil menemukan fosil tengkorak dinosaurus muda. Perot Museum of Nature and Science di Dallas mengatakan tengkorak itu ditemukan di Alaska. Ahli paleontologi mengatakan temuan ini penting karena mengungkapkan dinosaurus puluhan jutaan tahun yang telah berkembang biak dalam iklim ekstrem. Wilayah esktrem tersebut dianggap terlalu keras bagi dinosaurus untuk bertahan hidup. Peneliti mengungkapkan fosil tulang dinasourus ini merupakan jenis baru Pachyrhinosaurus perotorum.
Nama dinasourus tersebut untuk menghormati salah satu keluarga H. Ross Perot atas dukungan mereka dalam finansial museum. Keluarga Perot merupakan pengusaha miliarder di Texas yang kabarnya gagal menjadi presiden di 1992.
Wikipediamenjelaskan bahwa Pachyrhinosaurus merupakan dinasourus ceratospid dari periode Cretaceous akhir di Amerika Utara. Ternyata, fosil pertamanya pernah ditemukan oleh Charles M. Sternbegdi Alberta, Kanada pada 1946. 
Dinosaurus ini dikelompokkan menjadi tiga spesies antara lain P. lakustai yang pernah hidup sekira 73,5 – 72,5 juta tahun lalu. Selain itu, spesies P. canadensis serta P. perotorum yang termuda, yang pernah ditemukan dari Prince Creek Formation di Alaska pada 70-69 juta tahun lalu.

Pachyrhinosaurus merupakan dinasourus pemakan tumbuhan (herbivora) dan memiliki gigi yang kuat untuk mengunyah tanaman berserat. Panjang tubuh dinosaurus ini bisa mencapai 8 meter dan berat tubuhnya bisa mencapat 4 ton.(fmh).

Baca artikel lainnya juga yukk



sumber:Koran Analisa

Fosil Tulang Dinosaurus Termuda Berhasil Ditemukan!! | Fahri Wijaya | 4.5