Perbedaan Memori Implisit dan Eksplisit

Fahri’s Blog – Memori?? Apa itu memori?? Bagaimana memori itu bekerja?? dan apa kegunaan dari memori itu?? Kali ini, saya mencoba membahas sedikit tentang yang namanya “Memori”. Menurut kalian, sejauh mana kalian mengenal memori?? mungkin jika pertanyaan ini dilontarkan, maka banyak orang akan menjawab memori adalah tempat untuk menyimpan sesuatu informasi. Yep, memang betul salah satu fungsi adalah menyimpan, tapi apakah hanya itu?? tidak juga. Memori memiliki banyak fungsi, tapi kali ini kita coba membahas tentang memori implisit dan eksplisit.
1.Memori Implisit
Memori Implisit merupakan kemampuan kita dalam mengingat sesuatu dalam keadaan tidak sadar. Tidak sadar?? kok bisa?? contohnya, ketika kalian menonton sebuah film kartun yang di ulang-ulang terus, maka kalian secara tidak sadar akan mampu mengingat setiap bagian-bagian dalam film tersebut tanpa harus mengingatnya secara sadar. Artinya, bagian-bagian film tersebut sudah terekam dalam memori kalian secara tidak sadar, karena kalian telah menonton berulang-ulang film tersebut. Pertanyaan dari saya simple saja, apakah kalian memikirkan bagian-bagian dari film tersebut secara sadar?? atau bagian-bagian dari film tersebut akan muncul dari pikiran kalian secara tidak sadar?? 
  
2.Memori eksplisit

Selain memori implisit, ada juga yang dinamakan “Memori Eksplisit“. Memori eksplisit merupakan kebalikan dari memori implisit. Artinya memori ini bekerja secara sadar. Akan tetapi, memori ini mempunyai 2 cara untuk mengenali dan mengingat sebuah informasi. Yang pertama namanya adalah “recall“. Recall merupakan salah satu cara untuk memanggil suatu informasi yang sudah lama atau barusan tersimpan dalam memori kita. Contohnya, ketika kalian belajar untuk menghadapi ujian yang tinggal 10 menit lagi. Dan pada saat tiba waktu ujian, kalian jumpa sebuah pertanyaan yang jawabannya barusan kalian baca 10 menit yang lalu. Akan tetapi, kalian tidak begitu ingat dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Maka kalian akan coba me-recall kembali informasi tersebut, agar mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Yang kedua, adalah “recognition“, yaitu mengenali suatu informasi yang pernah dibaca. Contohnya, sama seperti hal di atas. Pernahkah ketika kalian membaca sebuah soal, terus kalian belum baca soal itu sampai habis, tapi kalian sudah tahu jawaban dari soal tersebut. Itulah kemampuan dari “recognition“. Otak kita akan langsung mendapatkan jawaban dari apa yang dipertanyakan. Hal ini disebabkan karena proses pengenalan yang sudah disimpan di memori kita.
Perbedaan Memori Implisit dan Eksplisit | Fahri Wijaya | 4.5